Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Agar Makin Maju

Di Indonesia tahun 2018 dilalui dengan kondisi ekonomi yang tidak mudah. Berbagai cara dilakukan demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Banyak masalah perekonomian di negara ini yang tidak bisa dianggap sepele. Seperti masalah nilai tukar rupiah, masalah fiscal, masalah ekspor dan impor, pendapatan negara, perang dagang antar Amerika dan Tiongkok, serta kisruh politik di Indonesia yang turut menjadi permasalahan ekonomi.

Masalah tersebut menjadi pekerjaan yang sangat penting untuk pemerintah Republik Indonesia menuntaskan pada tahun ini juga,yaitu tahun 2019. Selain itu tahun 2019 juga menjadi tahun politik yang pastinya akan mempengaruhi perekonomian Indonesia.

Untuk itu akan kami bahas, bagaimana cara mengatasi pertumbuhan ekonomi sebagai berikut.

1. Cara mengatasi permasalahan ekonomi di Indonesia

  • Meningkatkan mutu pendidikan yang layak kepada setiap masyarakat Indonesia
  • Pemberantasan Korupsi
  • Membuka usaha sendiri atau menjadi wirausaha
  • Mengatasi pengangguran
  • Mengembangkan NPM Mandiri.

2. Cara mengatasi ketidakstabilan ekonomi.

Disetiap negera pasti ada ketidakstabilan ekonomi yang kerap terjadi, namun ketidakstabilan ini harus segera ditindak lanjuti dengan adanya upaya-upaya untuk memperbaikinya. Upaya-upaya tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pemberdayaan ekonomi yang dimaskud adalah untuk menstabilkan perekonomian dalam ruang lingkup kecil adalah pengembangan kegiatan simpan pinjam dan lembaga keuangan mikro (LKM) dan pengembangan usaha kecil mikro (UKM).
  • Membuka lapangan kerja dan lebih banyak mengadakan padat karya, jadi dengan adapnya lapangan kerja yang memadai dan lebih diutamakan padat karya maka akan membantu untuk mengurangi pengganguran. Sehingga yang tadinya tidak dapat pekerjaan sekarang dapat bekerja dan bisa berproduktifitas. Karena hal ini juga akan berdampak pada pendapatan perkapita suatu negara, karena semakin tingginya angkatan kerja yang bekerja maka akan berdampak ke peningkatan perkapitanya.
  • Menghilangkan sifat konsumtif masyarakat dan lebih bersikap hemat untuk menjaga sumber daya, sehingga dengan menjaga sumber daya ini bisa ada peningkatan. Dengan adanya keseimbangan dia antara keduan, sumber daya alam mampu berjalan seimbang dengan kebutuhan masyarakat.
  • Pemerintah perlu lebih bijak menetapkan UMR pada setiap warganya dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakatnya sehingga terciptanya kesejahteraan bagi seluruh rakyar.
  • Bagi pemerintah untuk lebih banyak membuka pelatihan On The Job Training bagi para pekerja , dengan adanya pelatihan untuk masyarakat yang kurang terampil, maka kegiatan ini bisa menjadikan sebagai pelatihan untuk mendapat pekerjaan.
  • Bagi pemerintah dapat mengorientasikan pembangunan infrastruktur yang bernilai tinggi untuk kebutuhan masyarakat.  Baik itu dalam sector industry maupun pangan, sehingga menjadikan negara kita tidak hanya sebagai pengimpor namun sebagai pengekspor.

3. Mengatasi Pengangguran

Adapun cara-cara untuk mengatasi masalah ekonomi yaitu dengan mengatasi pengangguran antara lain sebagai berikut.

  • Memperluas kesempatan kerja, dengan membuka lapangan kerja baru, baik di bidang pertanian, industri, perdagangan, maupun jasa.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
  • Meningkatkan kualitas tenaga kerja, dengan memberikan pendidikan keterampilandan pelatihan-pelatihan untuk kebutuhan kompetensinya sehingga tenaga kerja makin terlatih.
  • Mendorong usaha-usaha rakyat seperti industri rumah tangga makanan, pembuatan kerajinan, dan lain-lain.
  • Memberikan peranan KB untuk menekan laju pertumbuhan penduduk.

4. Inflasi

Cara mengatasi inflasi:

  • Pemerintah berusaha menekan inflasi serendah-rendahnya, hal ini penting bagi setiap negara karena inflasi tidak dapat dihapuskan sama sekali.
  • Bank sentral umumnya mengandalkan jumlah uang beredar dan/atau tingkat suku bunga sebagai instrumen dalam mengendalikan harga.
  • Kebijakan moneter memfungsikan bank sentral dengan sebaik-baiknya untuk mempengaruhi jumlah uang yang beredar sehingga akan terjadi perubahan jumlah uang yang beredar.
  • Memperkuat politik diskonto (discount policy), yaitu politik bank sentral untuk mempengaruhi peredaran uang di masyarakat dengan jalan menaikan dan menurunkan tingkat bunga.
  • Kebijakan pasar terbuka (open market policy) yaitu dengan jalam membeli atau menjual surat-surat berharga.
  • Menentukan cash ratio negara yaitu angka perbandingan minimum antara uang tunai yang dimiliki oleh bank umum dengan jumlah uang giral (cek.giro dan sebagainya) yang dikeluarkan oleh bank –bank yang ada di Indonesia.
  • Menurunkan cadangan minimum negara sehingga jumlah uang yang beredar naik, apabila cadangan minimum naik maka jumlah uang yang beredar lebih turun.

5. Menyelesaikan Masalah Neraca Perdagangan

Langkah-langkah pemerintah dalam menyelesaikan masalah neraca perdagangan dan pembayaran. Pemerintah mengeluarkan kebijakan sebagai berikut:

  • Kebijakan agar investasi dilakukan dengan porsi agar bisa ekspor sehingga neraca perdagangan di negara kita lebih terkendali.
  • Adanya Kebijakan fiskal yang berfungsi sebagai kebijakan yang ditempuh pemerintah dalam perpajakan dan pengeluaran pemerintah/ anggaran untuk memengaruhi pengeluaran agregat.
  • Adanya Kebijakan moneter yang berfungsi sebagai kebijakan yang ditempuh pemerintah/ bank sentral dalam penawaran uang dan kebijakan suku bunga untuk memengaruhi pengeluaran agregat.
  • Adanya Kebijakan segi penawaran adalah kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, sehingga barang dan jasa yang ditawarkan ke masyarakat lebih banyak dan lebih murah.
  • Kebijakan Neraca Pembayaran merupakan kebijakan yang digunakan untuk memantau keadaan neraca pembayaran guna memengaruhi nilai tukar.

Pertumbuhan ekonomi sebuah negara menjadi tolak ukur keberhasilan pembangunan suatu negara. Pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dengan tingkat produksi barang dan jasa yang bisa dihasilkan dalam beberapa periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang masih berkembang terkena masalah modal dan juga investasi. Indonesia masih bergantung pada modal dari investasi asing yang membuka usaha di Indonesia untuk menunjang kegiatan ekonomi di Indonesia.

Selain itu untuk mengatasi masalah ekonomi di suatu negara yaitu dengan mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran. Kemiskinan adalah suatu kondisi masyarakat yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, kemiskinan terjadi karena berkurangnya pendapatan dari masyarakat. Untuk itu penting bagi pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja, membantu membangun usaha untuk masyarakat kecil, dan berbagai tindakan lainnya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di negeri ini.

Masyarakat terkena penurunan daya beli bahan pokok karena masalah ekonomi ini, akibatnya masyarakat tidak bisa hidup layak dan taraf hidupnya menjadi menurun. Untuk itu semoga kedepannya perekonomian di Indonesia semakin maju.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro