Sponsors Link

6 Tujuan Perdagangan Bebas Dalam Sektor Perekenomian

Tujuan Perdagangan Bebas, menjadi topik menarik yang akan kita bahas dalam kesempatan ini. Perdagangan bebas diartikan sebagai sebuah kebijakan yang diberlakukan oleh sebuah Negara dengan tidak mendiskriminasi mengenai ekspor dan impor. Dengan melakukan perdagangan bebas maka sebuah Negara membuka kera seluas luasnya bagi produk luar untuk masuk kenegaranya begitu juga sebaliknya.

Kebijakan ini tentu memberikan dampak positif serta juga negatif, selain mampu memperkenalkan produk dalam negeri secara luas ke Negara tujuan. Namun, dampak negatif yang juga dapat ditimbulkan adalah produk produk local harus digempur oleh produk impor yang tentunya dianggap lebih berkualitas. Alhasil hal ini kan dapat menyebabkan produk local menjadi tenggelam.

Perdagangan bebas memiliki dampak bagi dua sisi mata uang yang tak dapat dielakan. Meskipun demikian tentu saja kebijakan yang kini diberlakukan diberbagai Negara eropa memiliki tujuan. Berikut Tujuan perdagangan bebas dalam menumbuhkan sektor perekonomian seperti  cara menghitung pajak progresif sehingga semua bisa merasakan manfaat membayar pajak.

1. Meningkatkan Devisa atau Pemasukan bagi Negara

Tujuan utama dari perdagangan bebas adalah untuk meningkatkan devisa atau pemasukan bagi Negara. Sebab dengan dibukanya kebijakan perdagangan bebas, maka sebuah Negara akan dapat membuka keran ekspor seluas luasnya. Dengan ekspor yang tinggi maka tentu sebuah Negara akan mendapatkan tambahan devisa yang besar seperti pada cara menghitung pajak mobil.

Oleh sebab itu, maka tujuan utama adanya perdagangan bebas adalah untuk meningkatkan pendapatan Negara. Kemudahan akses yang diberikan oleh Negara tujuan tentu juga berdampak pada semangat par eksportir untuk memperbanyak produk dan meningkatkan kuantitas produk ekspor mereka. Sehingga akan member dampak kepada semakin tingginya angka ekspor. Sehingga bukan tidak mungkin produk local akan lebih Berjaya di luar ketimbang di Negara kita sendiri.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Bagi sebuah Negara peningkatan ekonomi yang ditunjukkan dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi pastilah menjadi sebuah tujuan yang harus dicapai. Salah satu cara mencapainya adalah dapat melalui kebijakan perdagangan bebas. Dengan adanya kebijakan ini maka akan dapat memicu para pengusaha dalam negeri untuk semakin meningkatkan kualitas produk barang dan jasa mereka agar dapat bersaing di pasar global.

Dengan demikian maka produk hasil dalam negeri akan mendapatkan pangsa pasar yang luar di pasar global. Tentu saja hal ini akan sangat memberikan dampak yang sangat besar bagi pertumbuhan perekonomian sebuah Negara. Dengan peningkatan GDP dari sektor ekspor maka sebuah Negara akan dapat meningkatkan dan memicu pertumbuhan ekonomi setiap tahunnya.

3. Memperoleh Keuntungan secara Internal dan Eksternal

Tujuan yang lain dari dilakukannya perdagangan bebas adalah untuk mendapatkan keuntungan. Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam setiap transaksi perdagangan sekecil apapun bentuknya maka tujuan utamanya tidak lain adalah untuk mendapatkan keuntungan seluas luasnya . oleh sebab itu maka tujuan perdagangan bebas tidak lain juga adalah untuk mendapatkan keuntungan bagi Negara.

Adapun tujuan keuntungan yang ingin dicapai adalah secara eksternal dan internal. Keuntungan internal yang dimaksud adalah meliputi keuntungan yang akan diperoleh oleh pihak perusahaan yang melakukan kegiatan perdagangan bebas. Sedangkan keuntungan eksternal ialah bentuk keuntungan yang nantinya akan diperoleh oleh Negara .

4. Memperluas Pasar

Sudah jelas bahwa dengan adanya perdagangan bebas maka tentu saja pangsa pasar yang disediakan akan semakin luas. Ketersediaan pangsa pasar yang luas tentu akan memberikan iklim perekonomian yang kondusif. Sebab setiap perusahaan akan dapat memproduksi barang sebanyak apapun tanpa ada rasa khawatir barang tersebut tidak laku. Karena pemerintah sudah menyediakan pasar yang luas dengan cara pemberlakuan kebijakan perdagngan bebas sebagaimana dasar dasar perpajakan.

5. Transfer Teknologi Moderen

Bagi sebuah Negara keberadaan teknologi yang canggih merupakan hal yang harus diutamakan, sebab hal ini menjadi sebuah indikator kemajuan sebuah Negara. Sebut saja Jepang dan Amerika yang merupakan negara maju yang memiliki teknologi yang canggih. Dengan diberlakukannya kebijakan perdagangan bebas maka tentu akan membuka peluang untuk dapat melakukan transfer teknologi.

Perdagangan bebas tidak hanya memungkinkan pertukaran produk dan jasa namun juga pertukaran teknologi. Oleh sebab itu maka tujuan dari dilakukannya perdagangan bebas adalah memungkinkan terjadinya pertukaran teknologi. Dengan demikian maka teknologi ini akan dapat diadopsi sehingga dapat digunakan oleh Negara dalam membangun kemajuan dan perekonomiannya.

6. Memenuhi Kebutuhan Pasar Dalam Negeri

Ada beberapa jenis produk yang tak mampu disediakan oleh pasar dalam negeri, sehingga harus mengimpor dari luar negeri yang tentunya membuat harga barang menjadi mahal. Oleh sebab itu, maka dengan dilakukannya perdagangan bebas dan adanya pembebasan bea impor maka barang impor tidak lagi mahal harganya dan tentunya akan lebih terjangkau dan ekonomis untuk dibeli oleh masyarakat baik dengan kelas perekonomian menengah kebawah.

Nah, itulah tadi 6 Tujuan perdagangan bebas yang dilakukan oleh Negara. Semoga dapat bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Publik