Sponsors Link

9 Kelebihan dan Kekurangan Pendapatan Perkapita

Secara garis besar kita ketahui bahwasanya perhitungan pendapatan perkapita ini bisa menjadi patokan untuk mengetahui kemakmuran rakyat di sebuah negara, tidak hanya bergantung pada GNP dan GDP saja. Apa itu pendapatan perkapita? Ini adalah ungkapan uanh diberikan untuk menyatakan penapatan rata-rata rakyat di sebuah negara dengan perhitungan masa periode tertentu. Biasanya, periode waktu perhitungan yang dilakukan adalah dalam kurun waktu satu tahun.

ads

Faktor Untuk Menentukan pendapatan Perkapita

Beberapa hal akan berpengaruh kepada perhitungan pendapatan perkapitan. Misalnya saja hubungan dari pendapatan nasional dengan penduduk. Rumus untuk perhitungan pendapatan perkapita ini bisa diberikan kesimpulan bahwa adanya sebuah hubungan erat antara GNP dan GDP, pendapatan perkapita dan banyaknya jumlah penduduk. Seperti unsur-unsur pendapatan perkapita, kita bisa mengetahui bahwasanya jumlah penduduk dan pendapatan nasional yang kadang naik atau turun bisa mempengaruhi besaran pendapatan perkapita. jadi, ada 2 hal utama yang bisa dilakukan oleh pemerintah jika menginginkan untuk meningkatkan pendapatan perkapitanya, yakni :

  • Meningkatkan peningkatan nasional
  • Menahan pertumuhan penduduk

Kelebihan dan Kekurangan Pendapatan Perkapita

Seperti halnya kegunaan pendapatan nasional, kita tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan pendapatan perkapita. Untuk lebih jelasnya, kali ini kita akan membahas apa saja kelebihan yang diberikan oleh hasil perhitungan pendapatan perkapita, yaitu :

  1. Mengetahui Tingkat keberhasilan perekonomian sebuah negara. Jika kita tinjau secara umum maka semakin maju perekonomian sebuah negara maka akan semakin tinggi pula angka pendapatan perkapitanya.
  2. Mengetahui kemakmuran rakyat di sebuah negara. Ini juga menajdi salah satu kelebihan umum dari mengetahui tingkatan pendapatan perkapita, dimana negara yang kian makmur maka hasil perhitungan pendapatan perkapitanya juga semakin baik dan tinggi.
  3. Menganalisa perkembangan perkonomian dan tingkay kemakmuran rakyat. Ini merupakan salah satu indikator yang kerap digunakan oleh pemerintah dan lembaga terkait untuk bisa mengetahui bagaimana tingkatan kemakmuran perekonomian rakyat yang terjadi dari tahun ke tahunnya.
  4. Menentukan standar perbandingan kehidupanantar negara. jadi, sebuah indikator umum yang kerap digunakan untuk membandingkan bagaimana tingkatan kemakmuran dan kualitas kehidupan di sebuah negara pastinya menggunakan pendapatan perkapita ini. Jadi, kita bisa menarik kesimpulan apakah negara tersebut tergolong pada kemakmuran rendah, sedang atau baik.
  5. Menjadi salah satu pedoman untuk pengambilan keputusan kebijakan pemerintah. Selain indikator seperti pendapatan nasional, pendapatan perkapita ini juga menajdi salah satu tujuan dimana kita bisa mengetahui bagaimana nantinya pengambilan kebijakan yang akan berguna bagi kemakmuran dan keberhasilan sebuah negara.
  6. Memberikan data kependudukan. Ini juga menajdi salah satu indikator penting yang kerap digunakan sebagai pedoman untuk pendataan kependudukan dari satu periode ke periode lainnya.

Selain itu, kita juga menegenal beberapa kekurangan perhitungan pendapatan perkapita, yaitu :

1. Bukan Ukuran Yang Valid Untuk Penilaian Kemakmuran Sebuah Negara

Seperti yang kita bahas di atas, bahwasnaya, tingkat kemakmuran sebuah negara kerap kali dilihat berdasarkan tingkatan dari penghasilan perkapita. Namun, secara lebih terperinci, ini bukanlah sebuah indikator yang akan memberikan gambaran secara tetap dan spesifik. Terkadang, gambaran pendapatan perkapita sebuah negara yang lebih tinggi dari negara yang lain belum bisa memastikan setiap rakyat di negara tersebut lebih makmur daripada negara yang sebelumnya kala besar angka pendapatan perkapitanya.

2. Distibusi Pendapatan Yang Terkadang Tidak terdata Dengan Baik

Terkadang, tingkat pendapatan penduduk sangat berbeda dan juga dipengaruhi oleh distribusi pendapatan per penduduk. Dan ini juga merupakan salah satu indikator penting dalam perhitungan pendapatan perkapita. Kita tahu bahwasanya kita harus mendapatkan data yang spesifik dan lebh detail agar bisa mengetahui bagaimana sebenarnya penyebaran kemakmuran di sbeuah negara. Apalagi jika negara tersebut sangat banyak memiliki pertumbuhan penduduknya.

3. Pola pengeluaran Penduduk Yang Beragam

Walaupun secara garis besar kita meamng bisa menggunakan hasil dari rata-rata penghasilan penduduk ini sebagai takaran mengetahui tingkat keseh=jahteraan rakyat. namun, terkadang pendapatan dan pengeluaran penduduk tidkalah sama. Terkadang terjadi kesenjangan yang snagat berpengaruh diantara keduanya. Sehingga yang dinyatan makmur sekalipun belum tentu bisa menjamin kemakmuran semua rakyatnya. kadang, hanya beberapa saja yang terlihat diatas rata-rata dan pas-pasan.


Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Penduduk

Ada banyak yang mempengaruhi pendapatan dan tingkat kemakmuran dari satu individu ke individu lainnya. Misalnya saja perbrdaan iklim yang akan mempengaruhi masalah pendapatan dan pengeluaran penduduk. Misalnya saja negara yang memiliki 4 iklim, pastinya membutuhkan pengeluaran lebih untuk menghadapi semua musim yang berlangsung.

Bagaimana kondisi alam di sebuah negara juga akan mempengaruhi bagaimana penghasilan dan pengeluaran penduduk yang ada di dalam negara tersebut. Misalnya saja negara yang memiliki alam yang amat sangat subur dan kaya, walaupun penduduknya kebanyakan bertani tapi mereka bisa menghidupi kebutuhan sehari-hari mereka.

 

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro