Sponsors Link

10 Kegunaan Pendapatan Nasional Sebuah Negara

Tentunya ada kegunaan pendapatan nasional yang sangat penting bagi keberlangsungan tata kenegaraan Indonesia, hingga saat ini masih menjadi sebuah kewajiban untuk menghitung pendapatan nasional tersebut. Namun, apa sajakah kegunaan pendapatan nasional? Berikut akan kita jabarkan kegunaan pendapatan nasional :

1. Menghitung Jumlah Pendapatan Negara

Tidak jauh dari namanya, ini memang memiliki fungsi untuk mengkalkulasikan seberapa banyak pendapatan negara dalam kurun waktu tertentu. Seperti unsur-unsur pendapatan perkapita, besaran yang didapatkan oleh negara akan dihitung dalam sebuah periode dalam pendapatan nasional ini. Ini juga bisa meninjau bagaimana sebenarnya kondisi ekonomi dari negara tersebut. Apakah masih dalam tahapan yang baik atau sudah sangat buruk.

2. Mengetahui Kerugian dan Keuntungan Negara

Dengan adanya sebuah perhitungan pendapatan nasional., maka kita bisa mengetahui seberapa untung maupun seberapa rugi negara dengan perhitungan tersebut. Seperti sumber pendapatan negara, kita juga bisa menganalisa bagaimana tingkat kerugian maupun tingkat keuntungan yang bisa didapatkan sebuah negara dalam satu periode tertentu. Bahkan hanya dengan analisa sederhana hasil dari pembukuan pendapatan nasional bisa diketahui apakah negara mengalami keuntungan ataupun kerugian dalam sebuah periode.

3. Mengetahui Besaran Pengeluaran Negara

Jika ingin mengetahui seberapa banyak pengeluaran yang dilakukan oleh belanja negara dalam satu kali periode, maka kita perlu mengetahui pendapatan nasional. Karena, nantinya akan dicantumkan seberapa banyak yang dihasilkan dan seperapa banyak yang dikeluarkan. Hingga nantinya pihak terkait bisa menentukan apakah pengeluaran yang dilakukan ketika itu terlalu banyak atau masih dalam tahap yang wajar.

4. Menegetahui Tingkat Pertumbuhan Ekonomi

Perhitungan pendapatan negara juga bisa menjadi avuan yang spesifik akan bagaimna tingkatan pertumbuhan ekonomi dalam sebuah negara. Tingkatan pertumbuhan ekonomi dalam sebuah negara ini akan dinyatakan dalam jumlah persen. Dengan ini kita mengetahui apakah pertumbuhan negara tersebut bagus atau tidak.

5. Acuan Untuk Analisis Ekonomi

Dengan adanya penghitungan pendapatan nasional, maka kita bis amelakukan analisis ekonomi negara. Karena, akan ada banyak analisis yang akan muncul ketika kita melakukan perhitungan terhadap pendapatan nasional. Sehingga beragam jenis analisa yang berdasarkan kepada acuan 5W1H ini akan segera terjawab. Karena nantinya semua hasil analisa dari 5W1 H ini akan menunjukkan pada hasil dari perhitungan untuk pendapatan nasional negara apapun. Ini juga digunakan sebagai salah satu indikator untuk menganalisa masalah dan kegiatan yang sedang berlangsung dalam sebuah negara.

6. Membandingkan Sebuah Pertumbuhan Ekonomi Sebuah Negara 

Ini juga menjadi salah satu manfaat dari perhitungan pendapatan nasional. Diman kita bisa membandingkan bagaimana sebenarnya pendapatan nasional sebah negara dan bagaimana pertumbuhan ekonominya. Jika pendapatan nasionalnya tinggi maka pertumbuhan ekonominya juga pasti akan semakin membaik dan ini bisa menjadi ata yang digunakan untuk mengetahui perbandingan antar negara.

7. Mengetahui Kontribusi Bisnis

Peranan kontribusi bisnis dalam pendapatan nasional tidak bisa dihiraukan, karena, dengan tingginya konstribusi bisnis, maka pendapatan nasional akan semakin membaik dalam sebuah negara. Dan kita juga bisa mengetahui sektor mana yang paling berperan dalam memperbaiki dan menaikkan pendapatan nasional. Jadi, peranan pemerintahan negara bisa dengan mudah mengoptimalkan sektor tersebut agar nantinya bisa mendapatkan pendapatan negara yang lebih optimal. Ini berlaku di setiap periode agar nantinya pemerintah dalam sebuah negara bisa mendapatkan hasil pertumbuhan ekonomi yang selalu bagus.

8. Salah satu Rumusan Pembuatan Untuk Kebijakan Pemerintah

Ini bisa menjadi salah satu acuan untuk pemerintah agar bisa menentukan bagaimana nantinya mengambil keputusan. Dimana perhitungan dari pendapatan nasional msalah kerugian dan keuntungan akan dihitung sedemikian rupa sehingga bisa menjadi dasr agar bisa menumbuhkan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di periode berikutnya. Pastinya ini juga akan mempertimbangkan beragam faktor, seperti hutang luar negeri, kerugian, keuntungan dan peranan beragam sektor di dalam negara.

9. Penggolongan Suatu Negara

Tentunya nama, atau golongan yang diberikan pada sebuah negara seperti negara penghasil minyak, negara industri. negara agraris merupakan nama yang diberikan berdasarkan hitungan dan analisa dari pendapatan negara. Jadi, dengan mengetahui seberapa besar pendapatan negara maka akan diketahui sebagaimana baiknya perkembangan ekonomi dari negara tersebut.

10. Mengukur Kemakmuran

Memang setiap masyarakat pasti memiliki skala kemakmuran tersendiri. Namun, dengan adanya pendapatan nasional yang selalu diukur dalam sbeuah periode maka ini juga bisa menhasilkan jenis kemakmuran rakyat yangbisa menjadi patokan. Umumnya, pendapatan nasional negara berkembang dan maju akan semakin tinggi dan lebih baik. Jadi, secara umum bisa ditarik kesimpulan adalah semakin maju sebuah negara maka semakin tinggi pendapatan ekonominya dan semakin naik pula tingkat pendapatan nasionalnya. Jadi, pendapatan nasional akan terus diusahakan untuk dikembangkan agar masyarakat di negara tersebut menjadi lebih makmur dan berkembang dengan baik.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro