Sponsors Link

5 Manfaat Kerjasama Asean yang Saling Menguntungkan

ASEAN merupakan organisasi kerjasama antar negara yang masuk dalam kawasan Asia Tenggara, dengan diprakarsai oleh 5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Singapura, lalu disusul oleh 5 negara lainnya. Dengan adanya kerjasama ASEAN tentu dapat saling menguntungkan, terlebih sekarang ini pertukaran informasi, perdagangan dan teknologi semakin meningkat. Kerjasama antar negara ini mampu mendongkrak kondisi ekonomi dan aspek lainnya dalam suatu negara sehingga kesejahteraan negara lebih baik lagi. Nah, setidaknya kerjasama ASEAN dapat memberikan manfaat sebagai berikut.

1. Memperbesar Peluang Lapangan Kerja

Jumlah penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya membuat lapangan pekerjaan dalam satu negara akan semakin sempit, dan jika tidak ada solusi angka pengangguran akan semakin bertambah. Namun dengan adanya kerjasama ASEAN ini, peluang untuk bekerja di negara lainnya yang tergabung dalam organisasi tersebut akan terbuka, sehingga lapangan pekerjaan menjadi lebih luas. Dengan cara ini, angka pengangguran dapat ditekan sehingga kestabilan ekonomi dapat terjaga.

2. Meningkatkan Devisa Negara

Kerjasama antar negara ASEAN akan melibatkan banyak aspek dari mulai kegiatan ekspor impor hingga perekrutan tenaga kerja antar negara sehingga kegiatan tersebut akan meningkatkan devisa negara. Dengan ini pendapatan kas negara akan bertambah, dimana pendapatan tersebut akan digunakan untuk pembangunan dalam jangka panjang.

3. Memperluas Pasar Hasil Produksi

Setiap negara tentu akan menghasilkan beragam produk dan jasa baik dengan skala kecil maupun besar, namun persaingan pasar domestik terkadang menyebabkan hasil produksi tidak dapat terjual dengan cepat. Namun dengan kerjasama ASEAN ini, peluang untuk mengekspor barang dan jasa akan terbuka lebar, karena jangkauan pasar yang lebih luas hingga ke negara lain. Dampaknya, hasil produksi akan lebih cepat habis dan mendorong untuk menghasilkan produksi lebih banyak. Dengan demikian pendapatan juga akan meningkat seiring meluasnya pasar target.

4. Memenuhi Kebutuhan Dalam Negeri

Meski setiap negara dapat menyediakan kebutuhan dalam negeri, namun dengan pertambahan penduduk yang semakin tinggi menyebabkan pemenuhan kebutuhan masyarakat terhambat. Untuk itu kita perlu mengimpor sejumlah produk yang dibutuhkan, dan ini akan sangat terbantu dengan adanya kerjasama ASEAN. Kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi di dalam negeri bisa kita dapatkan dari luar negeri dengan melakukan kegiatan ekspor impor, dan dengan ini pemenuhan kebutuhan masyarakat akan terjamin dan tetap stabil.

5. Mengoptimalkan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang melimpah di setiap negara dapat saling menutupi kebutuhan antar negara yang tergabung dalam ASEAN. Dengan ini sumber daya alam dapat dimanfaatkan dengan optimal dan dikelola dengan lebih baik untuk mensejahterakan lebih banyak penduduk.

Itulah manfaat kerjasama ASEAN yang dapat saling menguntungkan, dan tentu saja dengan ini setidaknya dapat mengurangi ketimpangan antara negara maju dan negara berkembang karena kerjasama tersebut akan saling melengkapi kebutuhan negara masing-masing.

, ,