Sponsors Link

Inilah 5 Manfaat Perdagangan Bebas Bagi Negara

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat perdangan bebas, pahami terlebih dulu apa konsepnya. Perdagangan bebas pada dasarnya merupakan kebebasan bagi pelaku usaha untuk menjual produknya ke luar negeri tanpa adanya hambatan-hambatan perdagangan. Misalnya pajak, bea cukai, kuota impor, dll.

Produk yang dijual tidak terbatas barang dan jasa. Namun juga termasuk tenaga kerja serta arus modal. Dengan adanya perdagangan bebas, perusahaan di suatu negara bisa mendirikan cabangnya di negara lain. Tenaga kerja dari suatu negara pun bisa mencari kerja di negara lain dengan hambatan yang sangat minim.

Dari ilustrasi ini, bisa kita tarik kesimpulan bahwa perdagangan bebas merupakan pasar yang bisa dimasukan lebih luas dengan melewat batas-batas teritorial suatu negara.

Manfaat Perdagangan Bebas

Dari konsep dasar perdagangan bebas diatas, bisa kita tarik kesimpulan apa saja manfaat serta kerugiannya jika suatu negara menerapkan kebijakan tersebut. Berikut sejumlah manfaatnya:

  1. Memenuhi Kebutuhan Suatu Negara

Perdagangan bebas memungkinkan kebutuhan suatu negara terpenuhi secara maksimal. Bisa jadi ada banyak produk yang tidak tersedia di negara tersebut. Namun produsen dari negara lain memilikinya. Maka dengan adanya perdagangan bebas, jual-beli produk tersebut akan lebih mudah sehingga akan memenuhi kebutuhan produk di negara tersebut. Dengan adanya perdagangan bebas, suatu negara juga bisa mendapatkan produk yang dibutuhkan dengan harga lebih terjangkau.

  1. Meningkatkan Kualitas Produk

Adanya persaingan yang luas membuat para pelaku usaha terpecut untuk meningkatkan kualitas produknya. Sebab untuk bisa bersaing dan bertahan di sektor pasar bebas, para pelaku usaha harus membuat terobosan kreatif serta inovatif termasuk dengan cara meningkatkan kualitas. Dengan cara demikian, produk yang dihasilkan dari suatu negara akan semakin tinggi kualitasnya.

  1. Memperluas Lapangan Kerja

Perdagangan bebas bukan hanya terpakupada barang dan jasa saja. Melainkan juga termasuk pada tenaga kerja dan modal. Perusahaan luar yang mendirikan cabang di negara lain kemungkinan besar bisa menyerap tenaga kerja yang ada di negara tersebut. Hal ini akan membuat jumlah pengangguran berkurang karena lapangan kerja akan terbuka. Tenaga kerja yang kompeten juga bisa mendapatkan pekerjaan di negara lain serta tidak terbatas di negaranya saja.

  1. Peluang Masuknya Berbagai Jenis Investasi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, perdagangan bebas memungkinkan suatu negara leluasa dalam menanam modal di negara lain. Hal ini akan menciptakan peluang investasi yang besar bagi sebuah negara. Dengan banyaknya investasi yang masuk, akan membuka peluang dan kesempatan baru dalam meraih pasar yang lebih luas.

  1. Kelangkaan Barang Minim

Adanya perdagangan bebas membuat peluang kelangkaan barang maupun jasa menjadi lebih rendah. Sebab dengan tidak adanya hambatan dalam perdagangan ke suatu negara, barang dan jasa akan mudah masuk ke negara tersebut. Hal ini juga mencakup ke penanaman modal hingga sektor tenaga kerja.

Sektor Bisnis Paling Diincar di Era Pasar Bebas

Sejumlah sektor usaha menjadi incaran bagi para pebisnis khususnya di era pasar bebas karena kesempatannya untuk tumbuh jauh lebih besar. Berikut sejumlah sektor bisnis incaran di pasar bebas:

  • Bisnis di bidang UMKM. Pengembangan bisnis ini berpeluang masuk ke pasar internasional dengan meningkatkan daya saing yang dimilikinya.
  • Sektor investasi. Sektor investasi mencakup bidang properti. Dalam pasar bebas peluang investasi tersebut sangat terbuka. Terlebih sudah ada mobilisasi ke negara-negara tertentu yang diikuti dengan pembangunan di sektor properti.
  • Sektor pendidikan. Sektor pendidikan akan membantu pembentukan sumber daya yang berkualitas, khususnya untuk negara-negara maju.
  • Sektor usaha kreatif. Dengan kreatifitas serta inovasi, sektor ini akan memiliki peluang besar untuk berhasil. Maka penekanan pada kreativitas serta inovasi sangat penting.
  • Sektor bisnis online. Hampir tiap kegiatan serta transaksi dilakukan secara online. Maka bisnis dalam bidang ini banyak dilirik sejumlah pengusaha karena dinilai menjanjikan.

Itulah sejumlah uraian tentang manfaat perdagangan bebas. Semoga bermanfaat menambah informasi untuk kita.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro