Sponsors Link

18 Tujuan Ekonomi Kelautan Di Negara Indonesia

Tujuan ekonomi kelautan akan kita kupas sedikit lebih dalam di artikel kalini ini. Sebelumnya, ekonomi kelautan ini akan sangat erat berhubungan dengan konsep ekonomi pesisir. Walaupun kedua konsep perekonomian tersebut masih memiliki perbedaan mendasar, namun tetap memiliki kebersamaan yang tidak bisa dipisahkan. Seperti halnya contoh ekonomi kelautan, ada banyak tujuan ekonomi kelautan yang perlu dikenali dan dimengerti. Ekonomi pesisir sendiri sebenarnya memiliki 3 elemen penting ayng terkandung di dalamnya, yaitu :

  • Ukuran : Dimana ukuran atau porsi dari ekonomi pesisir dimata dunia cukup besar atau juga memiliki dampak dan pengaruh yang tinggi. Ini juga merupakan salah satu jenis ekonomi negara yang emmiliki pengaruh penting dalam pengembangan negara tersebut. Seperti contoh kebutuhan kolektif, tapi jumlah pastinya tetap tidak signifikan.
  • Kedudukan : Ini merupakan salah satu jenis perekonomian yang terkadang memiliki posisi besar bagi kaum-kaum perkotaan di berbagai negara. Dimana perekonomian masyarakat yang biasanya beraada di daerah pesisir akan menggunakan jenis perekonomian ini dan sangat berperan penting bagi perkembangan.
  • Pelayanan : Jenis ekonomi yang satu ini juga merupakan salah satu jenis perekonomian yang menjadi salah satu penggerak di bidang utama di bagian manufaktur misalnya saja di negara-negara maju seperti Amerika. Tapi, tidak semua negara menjadikan ekonomi pesisir menajdi salah satu penggerak utama atau poliot di bisang manufaktur.

Sedangkan ekonomi kelautan sendiri merupakan jenis perekonomian yang menggunakan dan bersumber pada produk yang didapat dan dihasilkan di laut. Dan salah satu manfaat serta tujuan ekonomi kelautan ini adalah untuk menggunakan laut dan danau besar sebagai sumber transportasi maupun menggunakannya sebagai pengolahan produk-produk yang bermanfaat. Dimana aktifitas ekonomi kelautan yang utama bisa berbentuk:

  1. Industri yang tentu saja memiliki keterkaitan dan hubungan dengan laut beserta sumber dayanya.
  2. Secara sebagian bisa berhubungan dengan aset laut dan kelautan dengan adanya batasan yang ditandai dengan zip code atau garis pantai.

Tujuan Ekonomi Kelautan

Seperti yang kita nyatakan diatas, bahwasanya antara ekonomi pesisir dan ekonomi kelautan tetap memiliki perbedaan dan begitu juga memiliki tujuan serta manfaatnya masing-masing. Dimana ekkonomi kelautan sendiri secara langsung maupun secara tidak langsung akan menggunakan dan memanfaatkan aktifitas laut.  Sedangkan ekonomi pesisir merupakan jenis perekonomian yang secara langsung atau tidak langsung dilakukan dan terjadi di wilayah pesisir. Seperti halnya Manfaat Ekonomi Islam, beberapa manfaat ekonomi kelautan juga menjadi hal penting terutama bagi masyarakat yang memang hidup dan tinggal di wilayah pesisir. Berikut penjabaran tentang manfaat dan tujuan ekonomi kelautan:

  1. Merupakan sebuah konstruksi yang berdistribusi di wilayah laut dan menajdi salah satu sumber industri dengan adanya kode dalam perlindungan hukum negara.
  2. Untuk memudidayakan serta mengamankan dan mengembangkan beragam sumber hayati, ikan dan jenis makluk hidup lainnya di dalam laut.
  3. Untuk melindungi dan memberikan peraturan terkait penangkapan ikan secara sembarangan dan merusak ekosistem laut.
  4. Agar bisa melakukan tindakan yang baik atas pemasaran jenis sumber daya yang berasal dari laut.
  5. Menyimpan dan menggunakan mineral batugamping, kerikil maupun pasi dengan baik.
  6. Agar bisa memproduksi dan eksplorasi terhadap gas dan minyak.
  7. Sebagai upaya untuk membuat kapal dan alat transpurtasi laut lainnya agar bisa difungsikan dengan baik.
  8. Sebagai tempat untuk melakukan jasa rekreasi, pariwisata dan pengembangan daerah hiburan di permukiman di dekat lautan.
  9. Melakukan aktifitas jual beli alat transportasi laut.
  10. Mengunakan laut sebagai salah satu tempat untuk makan maupun minum dan aktifitas lainnya.
  11. Menggunakanlaut sebagai sarana untuk mendirikan tempat penginapan, hotel dan tempat berteduh lainnya.
  12. Menggunakan laut sebagai salah satu tempat untuk kemping, berrekreasi dan berlibur sesuai dengan peraturan dan tidak merusaknya.
  13. Meningkatkan kesejahteraan para nelayan dan para pencari nafkah di laut bagi setiap masyarakat yang memubutuhkan.
  14. Menggunakan daerah laut sebagai salah satu tempat untuk menikmati keindahan pemandangan dan sebagai salah satu penyedia kebun binatang lait atau aquaria.
  15. Meningkatkan interaksi yang baik antara SDA dan SDM yang ada di dalam lautan.
  16. Untuk meningkatkan sumber daya laut dan mengembangkan potensi laut agar bisa meningkatkan perekonomian rakyat di sebuah negara.
  17. Untuk menggunakan alat transportasi dan laut sebagai sarana perlengkapan navigasi dan pencarian yang diperlukan.
  18. Menggunakan daerah pesisir laut sebagai salah satu tempat penyimpanan atau pergudangan.

Nah, demikianlah beberapa tujuan dan contoh penggunaan dari ekonomi laut di setiap negara khusunya di Indonesia. karena, di Indonesia sendiri, kebanyakan penduduk merupakan nelayan yang tentunya menggunakan laut agar bisa bertahan hidup dan mencari nafkah. Jadi, sangat diperlukan kerja sama yang baik agar bisa membangun dan mengembangkan potensi dan apapun hasil laut secara baik dan benar.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro