Sponsors Link

15 Contoh Barang Inventaris Sekolah yang Banyk Digunakan

Inventarisasi yang berarti daftar barang-barang, berasal dari kata “inventaris” (Latin = inventarium). Inventarisasi sarana dan prasarana sekolah merupakan pencatatan barang-barang milik sekolah ke dalam suatu daftar inventaris yang tertib dan teratur sesuai dengan tata cara yang berlaku. Barang inventaris sekolah adalah semua barang milik negara, memiliki ciri-ciri barang ekonom yang dikuasai sekolah melalui dana dari pemerintah, DPP, pertukaran, hadiah, hibah ataupun hasil usaha pembuatan sendiri untuk menunjang jalannya proses belajar mengajar. Kepala sekolah yang bertanggung jawab pada inventarisasi fisik dan pengisian daftar inventaris barang sekolah. Tujuan adanya inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan adalah :

  • Menjaga dan menciptakan administrasi sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah
  • Menekan pengeluaran sekolah baik dalam pengadaan ataupun pemeliharaan serta penghapusan sarana dan prasarana sekolah
  • Pedoman untuk menghitung kekayaan sekolah dalam bentuk laporan inventaris
  • Memudahkan pengawasan dan pengendalian terhadap barang inventaris sekolah

Contoh Barang Inventaris Sekolah  

Sebelum mengenal barang inventaris, perlu kita mengenal beberapa barang seperti berlian yang termasuk contoh barang setengah jadi, mobil listrik adalah contoh barang komplementer dan energi adalah contoh barang tidak habis pakai. Adapun contoh barang inventaris sekolah, diantaranya sebagai berikut :

  1. Papan Tulis

Alat yang menunjang kegiatan guru dalam proses belajar mengajar. Barang tersebut terdiri dari berbagai jenis seperti papan tulis kayu, white board dan papan tulis elektronik. Papan tulismerupakan bahan material serta aset yang dimiliki sekolah untuk kegiatan pengajaran guru di kelas ataupun implementasi suatu kegiatan rapat di sekolah.

  1. Papan Pengumuman

Media yang memberikan informasi berupa pengumuman dengan sasaran yang ingin dicapai. Selain itu, papan pengumuman juga memaparkan visi dan misi sekolah.

  1. Papan Absen

Papan absen biasanya berbentuk seperti papan tulis dengan ukuran relatif kecil. Benda terebut berada di dalam ruangan kelas guna mengetahui informasi data kehadiran siswa.

  1. Peta Sekolah

Barng inventaris sekolah yang menjelaskan informasi berupa luas lokasi sekolah beserta tata letak ruangan seperti kantor guru, ruang kelas, laboratorium, ruang praktik computer, lapangan upacara, toilet siswa siswi dan guru, kantin dan lainnya,

  1. Lemari Kayu

Tempat yang dugunakan untuk menyimpan barang-barang seperti, pemberkasan, surat-surat dokumentasi, buku, piala penghargaan ataupun medali.

  1. Meja Tulis

Media yang digunakan untuk menunjang pelaksaan pembelajaran dimana biasanya diletakkan di dalam suatu ruangan baik itu di dalam kelas, ruangan guru ataupun ruangan Kepala Sekolah.

  1. Rak Sepatu

Digunakan untuk menyimpan sepatu yang biasanya diletakkan di depan kelas sehingga sepatu tertata rapi dan kelas tetap bersih.

  1. Kursi

Tempat duduk siswa ataupun guru yang terletak di dalam suatu ruangan baik itu di dalam kelas, ruangan guru ataupun ruangan Kepala Sekolah.

  1. Buku Perpustakaan

Kumpulan-kumpulan buku edukasi yang membantu siswa dalam memberikan pengetahuan atau wawasan lebih terkait dengan bidang ilmu tertentu.

  1. Buku Pelajaran

Suatu pegangan atau pedoman guru dan siswa dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran di sekolah.


  1. Tenda Pramuka

Fasilitas yang dipakai untuk menunjang kegiatan Pramuka terlebih ketika mengadakan perkemahan.

  1. Alat Peraga Pendidikkan

Benda atau fasilitas yang biasanya dipakai untuk menunjang pelaksaan kegiatan praktik, seperti Globe, Physical Diameter ataupun Peta Tematik Industri.

  1. Komputer

Barang inventaris sekolah yang digunakan untuk mempelajari dan mempraktikkan materi teknologi informasi dan komunikasi yang telah dipelajari.

  1. Alat-alat kebersihan

Barang-barang yang digunakan untuk membantu karyawan dalam menjaga kebersihan sekolah dan membantu siswa guna melaksankan piket serta menjaga kebersihan kelas.

  1. Perlengkapan UKS

Barang-barang medis seperti obat-obatan, perban, betadine dan lainnya guna membantu siswa yang sedang mengalami masalah kesehatan. Perlengkapan ini biasanya berada dalam ruang UKS.

Demikian contoh barang inventaris sekolah, semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Manajemen