Sponsors Link

21 Contoh Barang Komplementer dan Penjelasan Lengkap

Barang komplementer adalah produk atau jasa yang dirancang untuk digunakan dengan produk atau layanan perusahaan lain. Contoh umum adalah aplikasi yang dirancang untuk bekerja pada platform perangkat seluler tertentu.  Definisi komplementer adalah Produk atau layanan yang dirancang untuk digunakan dengan produk dan layanan perusahaan lain. Nilai Suatu cara bagi perusahaan kecil untuk menawarkan produk kepada pelanggan perusahaan yang lebih besar. Manfaat perusahaan yang lebih besar karena perusahaan yang lebih kecil dapat membantu membangun layanan atau ekosistem mereka. Dalam beberapa kasus, perusahaan yang lebih besar juga menemukan cara untuk mengambil persentase penjualan barang-barang gratis.

ads

Konsep Terkait Nilai Tambah Barang Komplementer

Barang komplementer akan memiliki elastisitas silang negatif dari permintaan seperti ciri-ciri barang ekonomi. Jika harga satu barang naik, permintaan untuk kedua barang pelengkap akan jatuh. Semakin erat kaitannya, semakin tinggi elastisitas permintaan. Jika mereka barang pelengkap yang lemah maka akan ada elastisitas silang rendah dari permintaan. Misalnya, jika harga teh meningkat maka hanya akan berdampak kecil pada pengurangan permintaan teh dan konsumsi susu. Namun, jika harga Ponsel Android meningkat, itu akan berdampak negatif terhadap penjualan dan oleh karena itu mengurangi permintaan untuk Android Apps.

Bagaimana perusahaan memanfaatkan barang komplementer?

Tingkatkan penjualan terkait seperti pengertian kelangkaan barang dan jasa. Supermarket akan menempatkan makanan terkait dekat satu sama lain. Misalnya, di samping pasta – saus pasta mahal. Perusahaan berharap untuk meningkatkan penjualan secara keseluruhan dengan menyarankan kemungkinan barang komplementer terkait.

Dapatkan konsumen setia untuk melakukan penjualan terkait . Strategi lain yang dapat diterapkan perusahaan adalah menawarkan produk dasar dengan harga rendah, mengetahui bahwa jika konsumen membeli ‘produk dasar’ mereka dapat meningkatkan penjualan item tambahan yang terkait (dan menguntungkan). Misalnya, pemilik PlayStation memiliki insentif untuk memotong harga PlayStation itu sendiri. Jika mereka melakukannya, mereka tahu bahwa mereka akan meningkatkan penjualan game berlisensi, dan peningkatan pendapatan ini akan mengimbangi jatuhnya pendapatan dari harga yang lebih rendah.

Contoh Barang Komplementer

Barang komplementer adalah produk atau layanan yang cenderung dijual bersama. Permintaan untuk satu, diterjemahkan menjadi permintaan untuk yang lain. Ini adalah konsep dasar ekonomi yang biasanya digunakan sebagai strategi produk . Barang pelengkap juga memiliki implikasi di berbagai bidang seperti distribusi , harga dan promosi. Berikut ini adalah contoh ilustratif.

  1. Pisau cukur dan silet. Kombinasi produk semacam itu dapat menguntungkan karena orang perlu membeli merek pisau cukur tertentu dengan pisau cukur dan mereka secara teratur perlu diganti.
  2. Mobil Listrik dan Panel Surya. Memiliki mobil listrik dapat meningkatkan kebutuhan listrik. Orang yang membeli mobil listrik cenderung tertarik pada panel surya karena nilai yang terkait dengan keberlanjutan , ketahanan dan kemandirian.
  3. Semprotan Sepatu dan Perlindungan. Adalah umum bagi peritel sepatu untuk mencoba menjual bahan kimia yang dirancang untuk melindungi sepatu.
  4. Konsol Game dan Game. Perusahaan mungkin dapat membuat lebih banyak dari game daripada konsol game itu sendiri. Dengan demikian, mereka mungkin memiliki insentif untuk menawarkan konsol dengan harga murah.
  5. Klub dan Makanan. Vendor makanan kecil dapat mengambil manfaat dari lokasi di area dengan ekonomi malam yang aktif . Pada larut malam, sebagian besar kompetisi mungkin ditutup dan bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik.
  6. Popcorn dan Film. Menjual makanan ringan untuk penonton film.
  7. Air dan Penerbangan Botol. Adalah hal biasa bagi penumpang yang melakukan penerbangan untuk membeli barang-barang seperti air kemasan, makanan ringan dan majalah di bandara.
  8. Pulpen dan Tinta. Memerlukan tinta agar bulpen bisa digunakan.
  9. Makanan dan Rempah-rempah. rempah-rempah digunakan untuk memperenak makanan.
  10. Pensil dan Penghapus. Penghapus digunakan untuk mengoreksi kesalahan pensikl.
  11. Mobil dan Bensin. Mobil tidak bisa berjalan tanpa bahan bakarnya yakni bensin.
  12. Senjata dan Peluru. Senjata tidak ada gunanya tanpa ada peluru di dalamnya.
  13. Pemutar DVD dan DVD. Pemutar DVD digunakan untuk mmeutar DVD.
  14. Senter dan Baterai. Senter tidak bisa nyala tanpa baterai.
  15. Sepatu dan Tali. Sepatu akan menggunakan tali pengikat.
  16. Perangkat keras dan perangkat lunak. dua kesatuan perangkat yang selalu ada bersama-sama.
  17. Printer dan Kartrid. Printer harus menggunakan katrid.
  18. Wajan dan Minyak. Kita membutuhkan keduanya agar bisa memasak sesuatu.
  19. Roti dan Mentega. Dibutuhkan mentega untuk mengolah rotu
  20. Mesin jahit dan Benang. Kita memerlukan benag untuk membuat mesin jahit berfungsi.
  21. Jarum dan Benang. Kita memrlukan benang untuk bisa mnggunakan jarum jahit.
Sponsors Link

Dua produk di mana jadwal permintaan terkait satu sama lain sehingga kenaikan harga barang pertama akan menyebabkan pergeseran ke kiri dari seluruh jadwal permintaan untuk barang lainnya yaitu, kurang dari barang kedua sekarang akan dituntut dengan harga apa pun yang tersedia dari barang kedua. Dengan token yang sama, penurunan harga barang pertama akan menghasilkan pergeseran ke kanan dari seluruh jadwal permintaan untuk barang lain, sehingga lebih banyak barang kedua sekarang akan diminta dengan harga yang tersedia untuk barang kedua. Kesepadanan ini biasanya terjadi ketika dua barang cenderung dikonsumsi atau digunakan bersama dalam proporsi yang relatif tetap atau standar setidaknya dalam beberapa penggunaan penting mereka.

Contoh klasik dari barang-barang produsen pelengkap adalah bijih besi dan batu bara kokas, dua bahan baku utama untuk membuat baja. Jika harga bijih besi naik, menaikkan biaya perusahaan baja untuk membuat sejumlah baja, ceteris paribus, mereka cenderung mengurangi jumlah total baja yang mereka pilih untuk diproduksi. Tetapi jika mereka memutuskan untuk memproduksi baja yang lebih sedikit, mereka sekarang akan perlu membeli batu bara lebih sedikit dan karena itu jumlah batubara yang diminta pada harga batu bara tertentu akan lebih rendah daripada sebelum kenaikan harga bijih besi. Komplementaritas yang sama dengan bijih besi juga akan terbukti berkaitan dengan semua faktor produksi lainnya selain batu bara yang digunakan dalam pembuatan baja seperti jam kerja pekerja baja, mesin pembuat baja, dll. Kurva permintaan untuk masing-masing mereka akan bergeser ke kiri sebagai tanggapan terhadap kenaikan harga batu bara atau barang atau jasa pelengkap lainnya.

Elastisitas Harga Barang Pengganti

Elastisitas harga mengukur tingkat relativitas perubahan permintaan suatu produk sebagai respons terhadap perubahan harga produk. Elastisitas harga barang substitusi yang baik adalah cross elastic, yaitu, permintaan dan harganya berbanding terbalik satu sama lain. Jika suatu produk tertentu menikmati monopoli di pasar, ia cenderung tidak memiliki substitusi. Dengan demikian, tingkat substitusi dapat berbeda juga. Barang-barang ini dapat diklasifikasikan lebih lanjut ke dalam substitusi yang lemah atau pengganti yang sempurna, yaitu, yang sangat mirip satu sama lain.

Sponsors Link

Pengganti vs. Barang Pelengkap

Mari kita pertimbangkan contoh untuk mengilustrasikan lebih jauh perbedaan antara barang-barang ini. Berbagai merek mobil adalah barang pengganti di sisi lain, mobil dan ban dapat dikatakan sebagai barang pelengkap seperti cara membeli barang dari luar negeri.

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro