Sponsors Link

7 Contoh Usaha dalam Bidang Keperawatan yang Menjanjikan di Masa Depan

Seorang perawat yang bekerja pada suatu rumah sakit biasanya bekerja dengan sistem shift. Namun ada juga perawat yang bekerja dengan jam kerja yang tetap. Jika seorang perawat ingin memiliki usaha sampingan ataupun menjadikan usaha tersebut menjadi sumber utama untuk memperoleh pendapatan, maka peluang usaha ini bisa menjadi referensi untuk dijalankan.

ads

1. Mendirikan Praktik Mandiri

Praktik mandiri oleh perawat biasanya disebut dengan home care. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atau Kemenkes RI, home care adalah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif yang diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan, atau memulihkan kesehatan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit.

Menurut Rice R, bentuk-bentuk layanan home care atau perawatan kesehatan di rumah bisa berupa kasus umum pasca perawatan di rumah sakit dan kasus khusus yang sering dijumpai pada beberapa komunitas.

Beberapa kasus umum pasca perawatan di rumah sakit yang biasa dilakukan di praktik mandiri atau home care adalah diantaranya sebagai berikut:

  • Pasien yang mengalami gangguan oksigenasi
  • Pasien yang mengalami penyakit obstruktif paru kronis
  • Pasien yang mengalami penyakit gagal jantung
  • Pasien yang mengalami luka dengan tingkat kronis
  • Pasien yang mengalami penyakit diabetes
  • Pasien yang mengalami gangguan pada fungsi kemih
  • Pasien yang membutuhkan cairan infus
  • Pasien yang mengalami gangguan pada fungsi syaraf
  • Pasien yang mengalami penyakit human immunodeficiency virus atau HIV AIDS
  • Pasien yang sedang mengalami pemulihan dan rehabilitasi

Sedangkan kasus khusus yang sering dijumpai pada beberapa komunitas yang biasa dilakukan pada praktik mandiri atau home care adalah diantaranya sebagai berikut:

  • Pasien yang mengalami kondisi terminal
  • Pasien yang sudah dalam usia lanjut
  • Pasien yang mengalami gangguan kejiwaan atau kesehatan mental
  • Pasien yang mengalami kondisi post partum

2. Mendirikan Praktik Bersama

Selain praktik mandiri, perawat juga bisa mendirikan praktik bersama. Maksudnya adalah, perawat bisa bekerjasama dengan beberapa dokter, bidan, atau apoteker dalam menjalankan praktik ini. Sehingga praktik yang didirikan lebih lengkap dari segi tenaga medis dibandingkan dengan praktik mandiri.

3. Membuka Jasa Konseling Keperawatan

Konseling bisa disamakan dengan konsultasi. Perawat bisa membuka jasa konseling di rumah. Tidak semua manusia memiliki pengetahuan luas yang berkaitan tentang kesehatan atau medis. Sehingga warga sekitar, paling tidak tetangga, bisa berkonsultasi dengan perawat jika ada hal-hal yang ingin diketahui tentang medis.

Dengan kecanggihan teknologi, seperti dengan adanya internet dan sosial media, konseling keperawatan juga bisa dilakukan secara online. Misalnya, seorang perawat bisa membuat website yang dapat menampung berbagai pertanyaan terkait hal medis. Kemudian perawat bisa memberikan jawaban sesuai dengan bidang pengetahuannya. Perawat yang membuka usaha jasa konseling keperawatan termasuk contoh pekerja sektor informal dan menjadi contoh bisnis modal 5 juta atau bahkan kurang dari 5 juta.

4. Membuka Jasa Terapi

Jasa terapi yang bisa dibuka adalah jenis terapi komplementer. Terapi komplementer adalah salah satu jenis terapi yang dijalankan untuk pengobatan suatu penyakit dan berguna untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh (sistem imun), supaya sistem imun dalam tubuh manusia mampu merangsang untuk penyembuhan penyakit yang ada dalam tubuh. Terapi komplementer berguna juga sebagai penunjang pengobatan medis konvensional, seperti terapi dengan bahan herbal, terapi chiropractic, terapi medan magnet, terapi energi, terapi akupuntur, terapi hiperbarik, dan berbagai terapi lainnya. Jasa terapi adalah usaha yang jarang tapi dibutuhkan.

Sponsors Link

5. Membuka Jasa Fisioterapi

Menurut Krausen, fisioterapi merupakan suatu cara atau bentuk pelayanan kesehatan untuk mengembalikan fungsi organ tubuh dengan memakai tenaga alam, yaitu tenaga listrik, air, panas, dingin, dan sinar matahari. Penggunaan berbagai tenaga alam untuk mengembalikan fungsi organ tubuh tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan supaya mendapatkan efek dari pengobatan tersebut. Jika fisioterapi dilakukan secara berlebihan ataupun kurang juga akan memiliki dampak yang kurang baik. Hal ini merupakan contoh dari peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil.

6. Menjadi Seorang Penulis

Perawat bisa menuangkan berbagai gagasan, pengetahuan, serta pengalaman yang pernah dilalui ke dalam sebuah buku, khususnya tulisan yang berkaitan tentang medis atau kesehatan.

7. Membuka Jasa Penyewaan Alat Medis

Perawat bisa membuka jasa penyewaan alat-alat medis seperti alat glucometri, tabung oksigen, kursi roda, atau alat-alat medis lainnya. Biasanya jasa penyewaan alat medis ini diperlukan bagi pasien yang terbaring lemah di rumah, atau sedang dalam proses rawat jalan. Jasa penyewaan alat medis merupakan salah satu peluang usaha yang belum banyak pesaing.

Seorang perawat memiliki pekerjaan yang mulia. Semoga peran sebagai perawat tidak hanya muncul pada saat di rumah sakit atau instansi kesehatan lainnya, tetapi di luar itu bisa tetap bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis