Sponsors Link

7 Keuntungan Bisnis Lele Yang Belum Banyak Diketahui

Bisnis lele menjadi salah satu bisnis dibidang budidaya perikanan yang cukup menggiurkan. Lele merupakan ikan khas air tawar dengan ciri khas yang mudah dikenali. Yaitu tubuhnya yang memanjang, tidak bersisik,  dengan permukaan yang licin,  serta terdapat dua buah kumis yang mencuat pada bagian mulutnya. Ikan lele juga dikenal memiliki patil yang terletak di bagian dadanya. Patil tersebut merupakan tulang tajam yang bisa cukup berbahaya ketika mengenai bagian tubuh kita. Selain itu juga patil tersebut tidak hanya tajam tapi juga beracun. Jika terkena bagian tubuh dapat menyebabkan luka dan membuat tubuh menjadi panas seperti demam.

ads

Habitat asli ikan lele biasanya di temukan di sungai, rawa, waduk, sawah dan air yang tergenang tenti saja dasar bisnis lele berbeda dengan cara mengembangkan bisnis pulsa  . Bahkan lele juga dapat hidup di got got dan selokan pembuangan  yang tercemar. Ikan lele merupakan kelompok hewan nocturnal. Yakni hewan yang akan mencari maka dan aktif pada malam hari. Pada siang hari ikan lele akan berdiam diri dan bersembunyi di tempat yang gelap. Pada habitat aslinya ikan ini akan mulai memijah pada saat musim penghujan tiba. Lele menjadi ikan konsumsi yang disukai banyak kalangan. Tekstur dagingnya yang unik membuat sajian lele selalu menjadi masakan favorit. Lele juga menjadi sajian utama dalam sajian kuliner pecel lele. Hal inilah yang membuat banyaknya permintaan pasar akan ikan ini. Dengan melihat peluang tetsebut maka mebudidayakan ikan lele menjadi banyak pilihan para pengusaha ikan air tawar. Selain keuntungan finansial membudidayakan ikan lele sepertu juga modal usaha kebab turki . juga memiliki keuntungan yang lain. Seperti 7 keuntungan bisnis lele yang belum banyak diketahui. Simak selengkapnya.

1. Pangsa Pasar Yang Luas

Lele merupakan ikan yang sangat populer di masyarakat. Sajian seperti pecel lele, sambal lele, lele bakar dan banyak jenis masakan lain uang bisa dikreasikan dari bahan dasar lele. Dengan populernya sajian dari ikan  lele tentu membuat pangsa pasar ikan yang satu ini sangat luas. Selain digunakan sebagai konsumsi rumah tangga. Ikan ini juga digunakan sebagai sajian dari masakan warung tegal, hingga masakan resto. Sehingga tentu memasarkan ikan yang satu ini bukanlah hal yang sulit seperti juga bisnis untuk mahasiswa yang mengintungkan .

2. Dapat Cepat Dipanen

Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang relatif cepat dapat dipanen termasuk usaha modal 10 juta rupiah . Waktu yang dibutuhkan untuk dapat dipanen dari saat benih ditebar relatif cukup singkat, yakni sekitar 3 bulan saja. Tentunya waktu yang relatif cepat tersebut akan membuat modal anda juga kembali lebih cepat. Selain modal keuntungan yang akan anda peroleh juga relatif cepat. Tentunya pertimbangan inilah yang menyebabkan banyak para pembudidaya yang tertarik untuk membudidayakan ikan lele. Hal inilah yang menjadi prioritas dalam usaha dibidang peternakan mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat dalam satu kali budidaya. Dibandingkan jenis ikan air tawar lain ikan lele merupakan jenis yang paling cepat dipanen. Misal saja ikan nila yang membutuhkan waktu 5 bulan untuk dipanen. Sedangkan ikan gurame membutuhkan waktu 1 tahun.

3. Budidaya Relatif Mudah

Ikan lele juga termasuk jenis ikan yang mudah dibudidayakan. Tidak perlu ada perlakuan khusus. Sehingga tentunya akan semakin memberikan keuntungan bagi anda. Ikan lele sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan. Baik di kolam tanah, semen ataupun menggunakan kolam terpal ikan yang satu ini mampu bertahan hidup. Dan bahkan berkembang biak dengan baik. Tentunya hal itu, harus ditunjang dengan perawatan dan pemeliharaan yang baik seperti contoh bisnis modal 5 juta . Cukup dengan rutin memberi makan secara teratur maka ikan lele akan bisa tumbuh dengan baik.

Sponsors Link

4. Tahan Terhadap Serangan Penyakit

Beberapa jenis ikan yang dibudidayakan biasanya rentan terhadap serangan penyakit. Namun hal itu tidak berlaku dalam budidaya iken lele. Ikan lele dikenal sangat tahan terhadap serangan penyakit. Mereka memiliki kekebalan tubuh yang baik. Sangat jarang ditemukan ikan lele berukuran sedang hingga besar yang mati akibat adanya serangan penyakit. Lele mampu melindungi diri dengan lendir yang dimilikinya. Lendir inilah yang membuat lele mampu bertahan terhadap serangan penyakit. Tentu hal ini berbeda dengan jenis ikan tawar lainnya yang tidak memiliki lendir. Mereka lebih mudah terserang penyakit.

5. Daya Tahan Hidup Kuat

Selain memililki ketahanan terhadap penyakit. Ikan lele juga dikenal memiliki daya tahan hidup yang kuat seperti cara memulai bisnis alat berat .  Dimana ikan ini, terutama lele dewasa dapat hidup di lingkungan dengan kondisi air yang bersih atau bahkan kotor. Tentu saja hal ini sangat berbeda jauh dengan jenis ikan tawar lainnya. Misal saja ikan gurame dan nila yang harus dibudidayakan dalam kolam dengan kualitas air uang baik dan bersih serta kadar oksigen yang terjaga. Sedangkan ikan lele dapat bertahan pada kondisi air kolam yang kotor dan bahkan tercemar. Pada habitatnya mereka bahkan sangat menyukai kondisi yang penuh lumpur. Tentunya hal ini sangat berguna dalam bisnis ikan lele yang anda tekuni. Dengan tingkat ketahanan hidup yang tinggi maka resiko akibat kematian ikan dapat diminimalisir. Ketahanan ini meningkat seiring dengan ukuran tubuh dan bobot ikan. Saat masih dalam kondisi benih atau baru di tebar anda tetap harus memperhatikan kebersihan kolam ikan.

6. Menghasilkan Perputaran Uang Yang Cepat

Keuntungan lain dari bisnis ikan lele adalah adanya perputaran uang yang cepat. Tentu saja hal in berkaitan dengan kecepatan waktu panen dan harga jual lele yang relatif stabil di pasaran bisa sebagai peluang usaha yang belum banyak pesaing . Selain itu juga anda tidak perlu kesusahan untuk bisa menjual hasil panen anda. Karena selalu akan ada pembeli , pemilik warung makan bahkan penjual ikan keliling yang akan menampung hasil panen anda. Dengan hasil keuntungan yang bisa diperoleh dalam waktu yang relatif cepat tentu akan bisa membantu anda untuk memperbanyak jumlah kolam. Dengan menambah jumlah kolam tentu saja hasil panen yang bisa diperoleh akan semakin banyak.

Sponsors Link

7. Benih Relatif Mudah Diperoleh Dengan Harga Murah 

Ikan lele bukan merupakan jenis ikan yang langka. Sehingga tentu untuk bisa memperoleh benih ikan tersebut tidaklah sulit. Dan bahkan benih ikan lele dijual dengan harga yang murah. Sehingga akan lebih memberikan keuntungan dalam bisnis lele yang anda tekuni. Dengan modal pembelian bibit yang tidak besar dan waktu budidaya yang relatif singkat tentu bisnis lele merupakan salah satu bisnis unik dunia paling menguntungkan dalam sektor perikanan.

Itulah, 7 keuntungan bisnis lele yang belum banyak diketahui. Kemudahan dan keuntungan akan bisa anda peroleh jika budidaya dilakukan dengan benar. Selain itu juga, bisnis lele merupakan jenis bisnis yang bis menjadi peluang dan potensi bagi anda yang berminat dalam budidaya ikan air tawar. Permintaan yang selalu ada serta harga jual yang relatif stabil tentu membuat bisnis lele banyak digandrungi. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat membantu.

 

, , ,