Sponsors Link

13 Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan Dengan Modal Minim

Bisnis untuk mahasiswa merupakan jenis bisnis yang biasa diperuntukan bagi para mahasiswa yang ingin mencari tambahan penghasilan. Seperti yang kita tahu sebagai kaum intelektual mahasiswa tidak hanya dituntut untuk bisa meraih gelar tetapi juga bisa mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya dalam kehidupan sehari hari. Dengan mencoba bisnis semenjak menjadi mahasiswa maka anda akan terbiasa untuk menghadapi persaingan serta upaya untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja. Keuntungan lain yang akan didapat dari bisnis untuk mahasiswa ini tentu adalah tambahan pundi pundi rupiah yang akan bisa membantu biaya kuliah, dan sekaligus meringankan beban orang tua. Bisa memiliki penghasilan sendiri saat masih kuliah tentu merupakan hal yang sangat membanggakan.

ads

Memulai bisnis sejak menjadi mahasiswa bisa menjadi salah satu cara dalam merintis masa depan. Dengan memiliki busnis sendiri anda tidak perlu lagi dipusingkan saat tidak bisa memperoleh pekerjaan yang diimpikan usai tamat kuliah. Selain itu saat usaha anda kian berkembang dan bertambah besar maka anda akan membuka peluang untuk merekrut karyawan dan membantu  upaya pemerintah dalam mengurangi pengangguran. Bagaimana? anda berminat untuk mencoba berbisnis sambil menikmati peran sebagai mahasiswa. So, simak 13 bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan dengan modal minim.

1. Jual Pulsa Elektrik

Pulsa dan HP menjadi dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Meskipun HP kamu secanggih apapun namun tanpa pulsa maka kamu tidak akan bisa melakukan panggilan dan mengirim sms. Sehingga jasa pengisiaan pulsa elektrik yang merupakan contoh bisnis  modal 5 juta tentu akan sangat dibutuhkan saat anda mulai mengisi pulsa. Selain itu ruang lingkup kampus yang luas tentu akan membuat anda lebih bisa menjaring pelanggan dalam jumlah yang banyak. Kunci dari usaha ini adalah jangan biarkan ada pelanggan yang mengutang dalam jangka waktu lama. Karena akan bisa membuat bisnis pulsa ada stage di tempat.

2. Jual Paket Data dan Kuota

Paket data dan kuota menjadi hal yang tak dapat digantikan di era digital seperti saat ini. Dengan paket data dan kuota maka anda akan bisa terhubung dengan internet. Koneksi inilah yang akan membantu anda untuk bisa berselancar didunia maya. Baik untuk mendapatkan informasi melailui browsing atau sekedar eksis di media sosial. Yang pasti jika ada pepatah bilang ” lebih baik tidah punya uang dariapada tidak punya kuota ” hal itulah yang berlaku di zaman now. Dengan memanfaatkan moment tersebut menjadi agen kuota dan paket data dapat menjadi bisnis yang bisa anda tekuni. Kuota bukanlah barang yang berat untuk dibawa kemana mana, sehingga tentu bisa anda masukan ke dalam tas dan  selipkan diantara buku buku kuliah.

3. Jasa Pengetikan dan Print Dokumen

Dalam dunia perkuliahan anda akan sangat disibukkan dengan tugas yang berupa makalah dan laporan. Dan tentunya semua bentuk laporan tersebut haruslah di tulis dalam bentuk dokumen yang diketik. Beberapa mahasiswa kadang malas dan lebih memilih mengerjakannya dengan menyewa jasa rental pengetikan. Jika dicermati hal ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan sekaligus menguntungkan. Membuka jasa pengetikan dan print merupakan potensi yang bisa dimanfaatkan untuk memulai ide bisnis. Memiliki laptop dan printer tentu menjadi syarat utamanya, lalu kemudian anda tinggal membeli kertas print. Promosikan bisnis anda ini dari kawan kawan terdekat, baru setelahnya anda bisa mulai mencetak kartu nama dan membagikannya.

Sponsors Link

4. Membuka Les Privat

Bagi anda yang memiliki kemampuan lebih di bidang akademik, membuka jasa les privat bisa dijadikan peluang bisnis selama menjadi mahasiswa. Hal ini akan sangat membantu terutama bagi anda yang kuliah di jurusan keguruan. Dengan membuka les privat sendiri anda akan mengaplikasikan dasar teknik mengajar sekaligus melatih kemampuan anda dalam mendidik anak anak. Mahasiswa yang tinggal dilingkungan indekost, biasanya akan berbaur dengan masyarakat umum sekitar. Anda tentu bisa mulai menawarkan les privat anda melalui anak anak para ibu kost, tetangga kost atau warga yang berlokasi dekat dengan kost an anda. Cukup bermodalkan papan tulis kecil, kapur atau spidol dan beberapa buku pelajaran maka les privat sederhana anda sudah bisa dimulai.

5. Online Shop

Sebagau kaum milenial yang melek dengan  teknologi. Maka membuka online shop bisa jadi pilihan bagi anda mahasiswa untuk bisa memulai bisnis dari skala kecil. Minat daya beli masyarakat terutama melalui metode online yang semakin meningkat tentu harus segera dimanfaatkan. Bahkan online shop menjadi jenis usaha yang bisa dikatakan dapat berjalan bahkan tanpa modal sepeserpun. Cara memulai bisnis online shop Dengan sistem pola dropship anda bisa memperoleh keuntungan yang lumayan. Anda tidak perlu menyetok barang dan cukup menjual kembali barang yang ada di jual oleh supplier. Namun, pertimbangannya adalah anda tidak bisa mengontrol stok barang dan bergantung pasa supplier anda. Sebenarnya hal ini bukan menjadi masalah selama anda tepat dalam memilih supplier yang bukan hanya menjual barang yang terlaris namun juga memiliki jumlah stok barang yang melimpah. Dengan bermodalkan kuota anda cukup mendaftar pada salah satu e-commerce pilihan lalu kemudian membuka toko online, selanjutnya anda dapat langsung berjualan.

6. Menjual Camilan / Jajanan

Sebagai seorang mahasiswa tentu anda sangat memahami bagaimana skema hidup seorang mahasiswa yang rata rata anak kost an. Untuk bisa menghemat uang bukanan kadang mereka lebih memilih untuk jajan camilan ketimbang mengkonsumsi makanan berat. Tentunya dengan mengamati hal ini maka anda harusnya bisa memanfaatkan momentum ini dengan membuka usaha makanan yang pas dan cocok untuk mahasiswa .  Modal utama dari bisnis ini adalah rasa percaya diri dan tidak malu. Sebab anda akan menjajakan jajanan keliling kampus yang tentunya akan semakin membuka peluang anda untuk bertemu lebih banyak orang yang berminat memebeli jajan yang anda jajakan. Anda bisa mengambil barang dagangan di toko distributor sehingga keuntungan yang akan anda hasilkan tentu lebih besar.

ads

7. Desain Proggramer Web dan Blog

Web dan blog menjadi tempat berselancar untuk bisa memperoleh informasi yang bermanfaat. Sebagai mahasiswa IT sudah pasti anda telah paham bagaimana cara kerja web dan blog untuk bisa menghasilkan uang bagi para pemiliknya. Dengan peluang inilah tentu banyak sekali bermunculan web dan blog yang menyajikan informasi, sebagai sarana promosi dan bahkan tempat bertransaksi jual beli. Semakin pesatnya teknologi yng didukung dengan koneksi jaringan internet pertumbuhan industri web dan blog semakin menunjukkan peningkatan. Trend permintaan pembuatan program web dan blog yang unik dan menarik dapat  menjadi menjadi salah satu usaha yang jarang tapi dibutuhkan . Untuk bisa membuat satu program web atau blog anda akan dibayar cukup mahal. Sebuah web sederhana dengan nominal 1-2 juta dan lebih dari 5 juta rupiah untuk web lebih kompleks. Selain itu dengan menekuni bisnis ini anda akan bisa melatih skill di dunia IT.

8. Jasa Servis Laptop / Komputer

Bagi sebagian mahasiswa ketimbang harus membeli barang baru, mereka akan lebih memilih untuk melakukan perbaikan pada komputer/laptop yang rusak. Dengan begini mereka akan bisa menghemat biaya pengeluaran. selama masih bisa diperbaiki tentu hal tersebut akan menjadi pilihan yang paling bijaksana. Bagi anda yang mengerti dan hobi mengotak atik komputer/laptop serta memiliki keahlian yang mumpuni dibidang reparasi. Maka membuka usaha dibidang ini bisa menjadi pilihan paling tepat untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan selama menjadi mahasiswa. Dengan modal keterampilan dan membeli beberapa peralatan saja maka anda sudah bisa membuka jasa service komputer / laptop sederhana dikostan anda.

9. Jasa Photoghraphy dan Video

Foto dan video menjadi salah satu cara untuk bisa mengabadikan moment agar bisa tetap dikenang. Hobi jeprat jepret yang biasanya dimiliki olah mahasiswa tentu bisa memberikan peluang usaha yang belum banyak pesaing  dan  menguntungkan. Membuka bisnis jasa photoghraphy dan video tentu dirasa paling tepat. Apalagi saat tiba moment spesial sepeti acara wisuda, ulang tahun kampus atau kegiatan penting yang ada di kampus. Pada saat itu bisa jadi penghasilan yang bisa anda peroleh akan meningkat. Selain itu, anda juga bisa mendaftar sebagai freelance di sebuah majalah sebagi fotographernya. Dari hobi jadi duit, siapa yang tidak mau.

10. Bisnis Translater Bahasa Asing

Selain bahasa inggris, bahasa jepang, arab dan mandarin pun saat ini sudah termasuk kedalam bahasa internasional yang banyak digunakan. Jika kebetulan anda menguasai keempatnya, maka tebtu akan menjadi keuntungan tersendiri. Untuk beberapa web dan perusahaan dalam negeri terkadang membutubkan informasi yang hanya tersedia dalam ke empat bahasa tersebut. Tentunya dibutuhkan seorang translator untuk bisa menerjemahkan kedalam bahasa indonesia yang bisa mudah dimengerti. Kebutuhan translater bahasa asing selalu menjadi bagian penting dalam sebuah perusahaan. Biasanya mereka akan dikontrak secara freelance, sehingga tentunya sebagai mahasiswa anda akan bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah.

11. Jasa Penulisan Artikel

Satu lagi jasa freelance yang bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan sebagai mahasiswa. Yaitu jasa penulisan konten artikel di website ataupun blog. Seiring dengan kemudahan dalam akses informasi digital. Maka kebutuhan akan konten yang informatif sangatlah besar. Sebagai kaum intelektual tentu menyajikan informasi yang informatif bulanlah hal sulit. Tentunya hal ini juga akan didukung dengan hobi dan kemampuan menulis yang mumpuni. Untuk satu artikel dengan 950 karakter anda akan dibayar dengan nominal 10 ribu. Maka kalikan dengan kemampuan anda membuat artikel dalam sehari dan jumlahkan dalam waktu sebulan. Maka pendapatan yang bisa anda peroleh tentu jumlahnya cukup fantastis bagi seorang mahasiswa.

12. Jasa Desain Grafis

Poster, brosur, undangan merupakan salah satu dari bagian desain grafis. Dan merupakan salah satu jasa yang diperlukan saat ini. Untuk bisa menjadi seorang desain grafis anda bisa mempelajarinya secara otodidak. Banyak sekali peluang untuk bisa menjadi freelance di bidang ini. Bayaran yang di tawarkan juga cukup tinggi serta bisa menjadi ide bisnis jangka panjang  . Apalagi jika anda memliki konsep desain yang unik, dan menarik. Perusahaan periklanan, industri jasa penjualan dan packaing selalu mentuhkan keahlian dari desain grafis untuk mendesain setiap produk baik dri label kemasan dan logo.

13. Jasa Driver Transportasi Online

Transportasi menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakt. Untuk mengimbangi mobilitas tersebut maka banyak sekali metode transportasi umum yang memudahkan penggunanya. Salah satu yang sedang hits saat ini adalah transportasi online. Mendapatkan tambahan penghasilan dari menjadi driver transportasi online yang bisa dipilih saat masih menjadi mahasiswa. Penghasilan yang lumayan serta bonus dan reward yang diberikan oleh provider transportasi online. Tentu akan memberikan tambahan penghasilan yang bisa bermanfaat. Selain itu anda bisa melakukannya di saat senggang sehingga tidak mengganggu jadwa kulaiah yang sedang anda tempuh.

13 bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan dengan modal minim. Tentu patut anda coba dan tekuni sebagai mahasiswa yang nantinya pasti akan mencicipi dunia dan persaingan kerja. Apalagi di era saat ini yang membutuhkan keterampilan dan skill yang mumpuni. Yang terpenting adalah tentu usaha anak kuliahan yang menguntungkan sedang digeluti tidak menganggu kegiatan kuliah. Selama kedua hal dapat berjalan beririnfan maka potensi anda untuk sukses di usia muda akan terwujud. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, ,