Sponsors Link

22 Usaha Anak Kuliahan Yang Menguntungkan dan Sukses

Belajar merupakan tugas utama seorang mahasiswa. Belajar di universitas tidak terlalu berbeda dengan menimba ilmu di sekolah dasar, maupun jenjang sekolah setelahnya. Hanya saja, menjadi mahasiswa anda tentunya memiliki fleksibelitas waktu yang lebih baik daripda saat menjadi siswa sekolah. Selain hal tersebut, kematangan umur dan kedewasaan juga menjadi salah satu kelebihan dari seorang mahasiswa. Tidak sedikit biaya yang akan di butuhkan ketika anda mengijakan kaki di bangku perkuliahan.

ads

Sebagian mahasiswa memang sangat bergantung dan mengharapkan orang tua yang menangggung biaya hidup mereka selama menjadi mahasiswa. Karena kebanyakan mahasiswa berfikiran bahwa mereka hanya bisa fokus belajar tanpa bisa menghasilkan uang. Menghasilkan uang adalah ketika mereka memiliki pekerjaan yang tetap dan nati setelah selei menempuh semua pembelajaran di kuliah. Namun, pemikiran seperti ini tidaklah benar. Sebagai mahasiswa, anda tetap bisa menghasilkan penghasilan sendiri. Menghasilkan uang tidak harus dengan menjadi seorang pekerja tetap, sebuah pekerjaan sambilan atau mebuka sebuah usaha pribadi juga tentunya menghasilkan banyak uang untuk mahasiswa sekalipun. Penasaran usaha apasaja yang bagus dan fleksibel untuk sang mahasiswa? Berikut kami ulas usaha anak kuliahan yang menguntungkan :

1. Menjadi Agen Pulsa atau Paket Data

Jika anda berminat untuk menjadi agaen pulsa atau mencangkup dengan paket data, maka anda tetap bisa melakukannya walaupun anda masih berstatus mahasiswa. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah headphone, pendaftaran diri anda di agen terpecaya dan sebuah jaringan untuk mempromosikan jasa yang anda jual.

2. Menjadi Seorang Blogger

Terlihat simpel dan sederhana, tapi bagi mahasiswa yang hobi ngeblog ini juga bisa menjadi lahan uang. Tidak sedikit para blogger yang meraih keuntunggan tinggi tiap bulannya hanya dengan berbekal koneksi dan laptop atau komputer. Walaupun usaha ini tidak terbilang instan dan merupakan sebuah cara memulai usaha dari nol. Tapi patut untuk anda coba.

3. Berjualan Cemilan

Ini bisa menjadi sebuah peluang usaha bagi anda yang masih berstatus mahasiswa. Tidak perlu membuat banyak dan beragam produk. Anda bisa membuat berapa jenis cemilan seperti cara memulai usaha donat kentang. Manfaatkan waktu kosong di sela – sela perkuliahan untuk menawarkan produk anda kepada teman – teman kampus lainnya atau dengan cara menitipkannya di kantin – kantin terdekat.

4. Jasa Pengetikan

Membuka usaha jenis ini termasuk salah satu yang memiliki nilai jual dan berpotensi. Walaupun termasuk kedalam jenis usaha mikro kecil dan menengah. Jasa pengetikan amatlah berguna di kalangan warga kampus yang sebagian besar terlalu malas untuk mengetik sendiri tugas – tugas mereka.

5. Jasa Antar jemput Barang

Jika anda memiliki SIM dan kendaraan pribadi, tidak ada salahnya mengembangkan usaha satu ini. Tidak jarang terkadang orang bahkan terlalu malas atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengantarkan berbagai barang dan pesanan mereka.

Sponsors Link

6. Fotografi

Memiliki hobi di bidang pemotretan? Coba saja membuka usaha yang satu ini. Sangat menarik bukan, ketika anda bisa menjalankan hobi yang dibayar. Para penikmat seni tentunya tak akan pernah bosan dalam memakai dan memesan jasa yang anda tawarkan.

7. Pembuatan Web dan Aplikasi

Jika anda sangat ahli di bidang teknologi apalagi anda bahkan bisa menciptakan sebuah aplikasi dasar. Tidak ada salahnya anda mengembangkan dan membuka sebuah usaha layanan dalam pembuatan aplikasi dan pembuatan website yang di hargai tinggi oleh peminatnya.

8. Penitipan Hewan Peliharaan

Tidak terlalu sulit untuk merawat hewan – hewan peliharaan. Anda juga tidak harus setiap waktu mengawasi mereka. Asalkan anda tidak pernah telat dalam pemberian makan dan tidak lalai dalam mencermati berbagai peliharaan yang kemungkinan terserang penyakit maka anda bisa saja membuka usaha ini.

ads

9. Bimbingan Belajar

Tidak semua mahasiswa di anugerahi otak yang cerdas dan kemampuan meniliti sekaligus menjadi seorang pembimbing yang baik. Dan ketika anda adalah salah satu murid berprestasi, kenapa tidak mencoba mengembangkan usaha bimbingan belajar? Selain bermanfaat bagi yang lain tentunya bisa menambah uang saku anda.

10. Penulis Lepas

Hobi menulis? Coba saja menjadi seorang penulis lepas. Hal ini akan memberikan anda banyak tambahan uang sekaligus tidak terikat dengan peraturan kontrak. Justru akan mempermudah aktifitas perkuliahan anda, saat ini banyak sekali situs – situs yang membutuhkan banyak tenaga penulis lepas.

11. Desain Grafis

Jika anda merupakan seseorang yang menguasai di bidang desain grafis ini, anda akan bisa mendapatkan penghasilan hanya dengan mendesain berbagai produk permintaan pelanggan.

12. Reseller

Tidak ada ruginya menjadi seorang reseller. Selain berbagi pengalaman dalam mendapatkan calon pembeli, tentunya ada banyak bonus dan keuntungan yang di sediakan mitra anda jika anda berhasil menjual produk – produk yang di tawarkan tersebut.

13. Jasa Pembuatan Tugas, Makalah dan Skripsi

Tidak asing lagi jika kebanyakan yang membuka usaha dalam jenis ini adalah para mahasiswa juga. Bedanya, mahasiswa yang membuka usaha ini lebih kreatif, rajin dan pintar dari pada mahasiswa kebanyakan. Bukan lagi sebuah rahasia umum bahwa banyak mahasiswa yang terlalu malas dan memesan jasa jenis ini.

14. Penterjemah

Anda menguasai berbagai macam bahasa selain bahasa indonesia? Penterjemah termasuk kedalam ciri-ciri usaha yang baik di jalankan oleh seorang mahasiswa. Anda tetap bisa melatih kemampuan berbahasa dan sekaligus mendapatkan bayaran.

15. Online Shop

Ciri – ciri usaha mikro yang baik adalah tujuan yang terkonsep. Berbelanja secara online bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat. Ini merupakan peluang besar bagi para mahasiswa untuk meraih banyak keuntungan.

16. Penjualan Barang Bekas

Walaupun mungkin terlihat bekas, usang dan tidak berguna. Kebanyakan dari barang bekas tersebut tetap bernilai di mata orang lain. Banyak orang yang memilih barang bekas karena harganya yang relatif lebih miring. Nah, cobalah menjual berbagai buku bekas, pakaian hingga barang – barang lainnya yang sudah tidak terpakai lagi oleh anda.

17. Service HP, Laptop dan Komputer

Walaupun telah menjadi seorang mahasiswa, masih banyak yang tidak terlalu faham dengan masalah umum yang menimpa peralatan elektronil mereka. Nah jika kamu punya bakat dalam mengotak atik barang eloktronik, cibalah membuka usaha ini.

18. Jualan Kaos

Banyak sekali motif, warna dan bentuk kaos kekinian yang sangat di minati para mahasiswa. Nah tugas anda hanya untuk meyakinkan dan membuat para pembeli berdatangan.

19. Senam Aerobik

Menjadi seorang pelatih senam? Kenapa tidak. Jika anda ingin tampil catik, sehat, bugar dan mendapatkan keuntungan. Tidak ada salahnya membuka usaha berjenis ini.

20. Pertunjukan Seni

Jika anda termasuk ke dalam golongan mahasiswa pecinta seni dan sangat kreatif. Tentunya usaha satu ini tidak lagi sulit dan asing untuk di kembangkan. 

Sponsors Link

21. Ticketing

Banyak sekali yang membutuhkan jasa ticketing ini. Ini merupakan usaha yang tidak memerlukan waktu yang banyak, anda bisa mengoperasikan keseluruhan proses transaksi dengan batuan smartphone saja.

22. Berjualan Pakaian dan Perlengkapan Kuliah

Para mahasiswa identik dengan gaya yang stylish dan fresh. Twarkanlah produk – produk ter up date agar tetap menarik minat para pembeli. Mulailah menawarkan produk de daerah sekitar kampus anda.

Demikianlah 22 jenis usaha anak kuliahan yang menguntungkan dan patut untuk di coba. Jika dari sedini mungkin anda telah belajar mengumpulkan dan menghasilkan uang dengan tangan anda sendiri, tentunya kedepannya tidak akan terlalu sulit lagi.

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis