Sponsors Link

9 Cara Memulai Bisnis Ikan Laut Pasti Menguntungkan

Salah satu bisnis yang memiliki potensi besar adalah bisnis ikan laut. Salah satu alasannya adalah karena bisnis ikan laut tidak pernah kehabisan pelanggan bahkan permintaan ikan laut selalu meningkat. Lalu apakah untuk memulai bisnis ikan laut memerlukan modal yang besar? Bagaimana cara memulai bisnis ikan laut?

ads

Seperti sudah disinggung diawal, bisnis ikan laut merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan untuk dimulai. Pasalnya meskipun yang anda jual merupakan jenis ikan laut yang berukuran kecil, bisnis ikan laut tetap bisa berjalan dan memiliki pelanggan.

Hanya saja, untuk saat ini, masih banyak masyarakat yang tidak tahu bagaimana cara memulai bisnis ikan laut. Padahal, cara memulai bisnis ikan laut ini tidak terlalu rumit dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja karena pada dasarnya, bisnis ikan laut tidak jauh berbeda dengan cara bisnis kelapa tua.

Dan jika anda ingin tahu bagaimana cara memulai bisnis ikan laut, berikut adalah cara-cara yang bisa anda jadikan panduan:

1. Memilih Jenis Ikan Yang Akan Dijual

Memilih jenis ikan yang akan dijual adalah hal yang harus anda lakukan sebelum membuka bisnis ikan laut. Cara inilah yang harus anda lakukan untuk menekan modal yang anda miliki. Dengan memilih jenis ikan yang akan dijual menjadikan penjualan anda lebih terarah dan terkontrol. Hanya saja, untuk dapat menentukan jenis ikan yang akan dijual ini anda harus melakukan riset pasar.

Cara memulai bisnis ikan laut satu ini sama halnya dengan cara memulai bisnis ayam petelur. Agar bisnis anda lebih terarah, yang harus anda lakukan adalah menentukan untuk menternak ayam pedaging atau petelur. Karena dengan menentukan jenis produk yang akan dijual, anda akan mudah dalam menentukan strategi pasar selanjutnya

2. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar adalah satu hal yang penting dilakukan sebelum menjalankan sebuah bisnis. Dari riset inilah anda akan tahu ikan laut jenis apa yang paling laku dipasaran sehingga ketika anda memulai bisnis ini anda bisa menekan resiko kerugian yang mungkin didapatkan.

Selain itu, dengan riset bisnis ini anda juga akan tahu bagaimana perilaku pelanggan ikan laut yang berbeda dengan pelanggan jenis bisnis yang lain. Semakin anda mengenal karakter calon pelanggan akan semakin mudah pula anda dalam menjalankan bisnis ikan laut ini.

3. Mencari Pemasok

Pemasok adalah hal penting yang harus anda miliki sebelum memulai bisnis ikan laut. Tanpa pemasok, kemungkinan anda membeli ikan dengan harga yang mahal sangat besar terjadi. Selain itu, usahakan mendapatkan pemasok ikan lebih dari 1 orang untuk menjaga stock ikan anda. Karena jika stock ikan tersebut tidak ada di pemasok yang satu, anda bisa mendapatkan stock ikan itu dari pemasok yang lain.

4. Mempersiapkan modal

Sama seperti jenis bisnis yang lainnya, memulai bisnis ikan laut juga membutuhkan modal. Modal adalah salah satu faktor utama yang menjadikan banyak orang mengurungkan niatnya dalam memulai usaha dengan alasan ‘klasik’, yaitu: tidak ada modal. Padahal modal tidak hanya menyangkut masalah uang. Bahkan jika memang kendala uang yang jadi permasalahan, tentu saja ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mensiasatinya agar pengeluaran anda untuk modal tidak membengkak.

Sponsors Link

Salah satu cara menekan pengeluaran modal yang cukup besar adalah menjalin hubungan emosional dengan pemasok. Hubungan emosional ini sangat penting dilakukan agar mendapatkan kepercayaan dari pemasok ikan laut. Jika cara ini berhasil, selain anda akan mendapatkan potongan harga, kemungkinan anda akan diberikan hutangan juga sangat besar. Hanya saja, satu hal yang harus anda benar-benar jaga dalam hubungan ini adalah kepercayaan. Jangan sampai kepercayaan yang diberikan pemasok kepada anda hilang. Tidak hanya berlaku pada bisnis ikan laut, cara ini juga berlaku pada jenis bisnis yang lain seperti bisnis bawang merah.

5. Mencari Lokasi Yang Tepat

Lokasi adalah syarat utama lainnya yang harus anda pikirkan sebelum memulai bisnis ikan laut. Karena sama dengan cara bisnis agen kuota, tempat yang mudah ditemui akan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis ikan laut anda. Salah satu tempat yang paling umum dijadikan tempat bagi pengusaha ikan laut adalah pasar tradisional atau swalayan. Hanya saja, untuk mendapatkan keuntungan yang cukup, terkadang tempat yang disewakan hanya ‘dilepas’ dengan harga yang cukup tinggi. Namun, jika anda yakin bahwa tempat tersebut dapat meningkatkan penjualan anda, tentu saja harga sewa yang tinggi tidak akan terlalu memberatkan anda dalam menjalankan bisnis ikan laut ini.

ads

6. Jual Secara Berkeliling

Cara lain untuk menjalankan bisnis ikan laut adalah menjualnya secara berkeliling. Cara inilah yang juga dterapkan dalam bisnis potong ayam untuk mendapatkan penjualan. Selain itu, dengan cara berkeliling inipun anda akan lebih dekat dengan pelanggan anda sehingga anda lebih mengenal mereka lebih dekat. Menjual secara berkeliling adalah cara yang tepat jika anda memiliki keterbatasan modal untuk menyewa tempat.

7. Mengembangkan Bisnis Secara Perlahan

Salah satu kesalahan banyak orang dalam memulai sebuah bisnis adalah langsung memulainya dengan skala yang cukup besar. Itulah kenapa mereka membutuhkan modal yang cukup besar sehingga resiko yang didapatkan juga cukup besar. Untuk mensiasatinya, anda bisa memulai bisnis ikan laut ini dengan skala kecil terlebih dahulu untuk mendapatkan ‘base konsumen’.

Base konsumen adalah satu hal yang akan menentukan perkembangan bisnis anda nantinya. Tanpanya, anda akan terus bekerja keras mendapatkan konsumen baru setiap harinya. Base konsumen artinya adalah konsumen royal yang sudah anda miliki pada saat bisnis anda masih kecil. Dengan begitu, ketika usaha anda berkembang dan sudah memiliki tempat, anda hanya perlu memberi tahukan base konsumen anda bahwa anda sudah memiliki tempat sehingga konsumen anda tahu dimana menemukan anda. Inilah salah satu cara yang dilakukan oleh bisnis garam beryodium sehingga mereka tetap bisa bertahan sampai saat ini.

8. Membuka Warung Makan

Cara memulai bisnis ikan laut selanjutnya adalah dengan membuka warung makan. Cara ini cukup ampuh untuk menarik pelanggan karena hampir semua orang membutuhkan makan. Bahkan, ada beberapa orang yang makan hanya untuk mengisi waktu senggang tanpa adanya rasa lapar.

Cara ini cukup populer dilakukan oleh para pebisnis ikan laut. Pasalnya, pelanggan mereka tidak hanya membeli ikan laut hidup tapi langsung mengolahnya untuk dikonsumsi ditempat. Karena diolah, harga jual ikan laut ini menjadi berlipat dan anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat pula. Cara inilah yang dilakukan dalam bisnis repacking snack yang sedang ramai itu. Mereka hanya perlu membeli snack dalam jumlah banyak lalu mengemas ulang untuk dijual kembali dengan harga jual yang lebih mahal.

Sponsors Link

9. Jual Ikan Beku

Cara selanjutnya dalam memulai bisnis ikan laut adalah menjual ikan beku. Ikan beku adalah strategi yang dilakukan oleh pengusaha ikan laut untuk menjaga kesegaran ikan laut jualan mereka. Tanpa dibekukan, ikan segar mungkin hanya akan bertahan 1-2 hari sampai akhirnya membusuk. Namun jika dibekukan, ikan akan mampu bertahan sampai 7 hari lamanya. Menjual ikan beku akan menekan jumlah pengeluaran modal anda untuk membeli ikan karena ikan yang tidak laku hari ini bisa anda jual besok atau lusa. Ikan beku adalah solusi lain bagi anda jika memiliki kendala jarak tempuh yang jauh dari tempat pemasok ikan ke tempat anda berjualan.

Itulah 9 cara memulai bisnis ikan laut yang bisa anda jadikan panduan untuk memulai bisnis ikan laut ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis