Sponsors Link

19 Kelebihan dan Kekurangan BUMND Serta Penjelasan Lengkap

BUMD atau yang biasa kita kenal dengan Badan Usaha Milik Daerah merupakan perusahaan yang dibangun dan dimiliki oleh pemrintah daerah. BUMD dibangun dengan tujuan untuk memberikan sumbangan kepada perekonomian nasional dan menerima kas negara Indonesia, mencari ataupun meraih keuntungan, memenuhi keinginan orang banyak, merintis kegiatan-kegiatan usaha, meberikan bantuan serta perlindungan pada usaha kecil dan juga lemah. Namun selain memiliki tujuan tebtu saja BUMD memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan dari BUMD yaitu:

ads

Kelebihan BUMD:

1. Mencegah monopoli

Didirikanya BUMD ini upaya pencegahan terjadinya monopoli yang dilakukan oleh pihak swasta kepada pengusaha kecil yang memerlukan modal untuk mendanai usahanya ini. Terbentuklah BUMD sehingga dapat meminimalisir monopoli yang dilakukan oleh pihak swasta pada pengusaha kecil seperti pasar monopoli.

2. Adil dalam melayani

Pelayanan yang dilakukan BUMD ini dikategorikan dalam pelayanan yang paling adil. Pelayanan itu biasanya berupa  barang ataupun jasa yang telah disuguhkan sedemikian rupa oleh pihak BUMD ini guna memenuhi kebutuhan rakyat banyak seperti contoh barang kena pajak berwujud.

3. Kesejahteraan bagi pegawai

BUMD telah menjamin akan kesejahteraan yang baik untuk para pegawai ataupun staf yang ada di Indonesia.

4. Dapat memberi modal yang besar

BUMD ini dapat memberikan modal sebesar-besarnya kepada para pengusaha-pengusaha kecil yang membutuhkan dana ataupun modal yang berjumlah besar guna untuk menghindari mereka dari jeratan lentenir. Jadi BUMD ini sangatlah berguna bagi para pengusaha kecil yang sangat membutuhkan modal yang berjumlah besar dalam waktu singkat.

5. Elastis dalam bekerja sama

BUMD sangatlah elastis dalam bekerja sama kepada semua pihak baik itu pihak koperasi, swasta nasional, ataupun swasta asing. Karena keelastisannya ini BUMD memiliki peminat yang besar.

6. Mengambil keuntungan

Selain mudah bekerja sama  BUMD juga mudah menghasilkan keuntungan yang besar lalu keuntungan ini akan dijadikan sebagai sumber penghasilan negara yang nantinya akan dimasukkan kedalam kas negara. Selain menguntungkan bagi rakyat banyak BUMD ini juga menjadi keuntungan bagi negara.

7. Dapat membina usaha kecil

BUMD mampu membina usaha-usaha kecil hingga menuju kesuksesan. Bukan hanya usaha kecil akan tetapi usaha menengah yang tidak maju dan suksespun mampu ia bina hingga berhasil.

8. Tersedianya sarana yang memadai

BUMD telah menyediakan sarana dan juga prasarana yang memadai dan telah difasilitasi oleh pemerintah guna untuk kenyamanan rakyat banyak.

9. Merintis kegiatan yang belum terlaksana namun telah direncanakan

BUMD merupakan perintus bagi kegitan yang telah direncankan oleh koperasi atai swasta namun belum sempat dilaksanakan, maka BUMD sedia untuk melaksanakan kegiatan tersebut agar terlaksana dan dinikmati rakyat banyak.

10. Stabilisator perekonomian

BUMD merupakan stabilisator perekonomian yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. BUMD akan mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Nah itulah kelebihan dari BUMD ini. Namun seperti manusia yang tak luput dari kesalahan tentu BUMD ini juga tak luput dari kelemahan yang dimilikinya. Berikut kelemahan dari BUMD.

Kelemahan BUMD :

1. Mudah terjadi penyalahgunaan

Ketika pengawasan BUMD lemah maka penyalahgunaan akan mudah terjadi baik dipihak BUMD itu sendiri maupun pihak peminta pinjaman. Dan hal ini akan berakibat fatal pada negara karena kerugian yang ditimbulkan akan berdampak pada keuangan negara.

2. Kerugian pada rakyat

Jika pengurus BUMD ini kurang prlfesional maka yang akan merasakan dampak dari kerugian adalah rakyat. Karena keuangan yang dipegang BUMD adalah kas negara bayangkan saj oleh kalian jika pegawai BUMD ini korupsi maka negara akan rugi bahkan rakyat dapat jatuh miskin.

3. Tidak optimal

Rakyat sering mengeluh bahwa BUMD ini tidak optimal karena BUMD itu sendiri bukanlah milik per orangan melainkan milim negara. Maka akan sering terjadinya tidak optimal seperti tujuan ekonomi konvensional.

4. Tempat terjadinya KKN

Dimana ada uang tentu disitu ada korupsi nah begitu jugalah yang terjadi dalam BUMD ini. BUMD sering dijadikan sebagai sarang KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme). Jika keamanan kendor sedikit saja maka keuangan negara akan terancam.

Sponsors Link

5. Memiliki kekurangan yang banyak

BUMD ini merupakan perusahaan yang dibangun oleh pemerintah dan memiliki berbagai macam keuntungan namun BUMD kurang inovatif bagi masyarakat, BUMD juga kurang disiplin karena masih banyak terjadi KKN didalamnya, BUMD ini juga kurang kreatif karena tidak adanya tantangan dan cenderung statis.

6. Persaingan tidak sehat

Jika BUMD maju maka persaingan tidak sehat akn muncul diantara BUMD dan pihak swasta.

7. Merusak lingkungan

BUMD dapat mengolah alam tanpa tanggung jawab demi keuntungan pribadi, dan hal ini dapat merusak lingkungan. Dan ini akan menimbulkan kerugian yang besar pada rayat Idonesia seperti penyebab kelangkaan barang dan jasa.

8. Mematikan usaha swasta

BUMD akan memonopoli negara sehingga mematikan usaha-usaha swasta. Maka usaha-usaha swasta akan hilang dari suatu negara.

9. Tangungan negara semakin besar

Jika BUMD terlibat peminjaman luar negri maka akan sulit untuk dibayar hal ini menyebabkan bertambahnya tanggungan negara.

Nah itulah Kelebihan dan kekurangan dari BUMD. Namun seperti apa BUMD itu? berikut beberapa contoh BUMD: BPD atau biasa dikenal dengan Bank Pembangunan Daerah, PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum, bus kota atau Perusahaan  Daerah Angkutan Kota, PDRPH atau Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan. Selain itu fungsi dari BUMD adalah:

  • Melaksanakan kebijakan pemerintahn daerah dibidang ekonomi dan juga pembangunan
  • penambah dana bagi biaya pembangunan negara.
  • menyusun kebijakan teknis administrasi dalam bidang investasi, promosi, kerjasam investasi, pemberdayaan BUMD dan juga pelayanan perijinan terpadu

Selain memiliki fungsi BUMD juga memiliki peran penting bagi negara yakni:

  1. BUMP berperan untuk mendorong masyarakat dalam bidang usaha agar masyarakat termotivasi untuk berusaha.
  2. BUMP berperan untuk memenuhi barang dan jasa yang diperlukan oleh rakyat banyak.
  3. BUML akan menjadi pelopor kegiatan yang kurang disukai rakyat banyak.

adapun ciri-ciri dari BUMD adalah

  1. Pemerintah daerah lah yang memegang hak atas segala kekayaan dan usaha dari BUMD.
  2. Pemerintah daerah lah yang berkedudukan sebagai pemegang saham dalam pemberian modal kepada suatu perusahaan.
  3. Pemerintah daerah berwewenang dalam menetapkan kebijakan perusahaan dan pemerintah lah yang memiliki kekuasaan dalam memberi kebijakan perusahaan.
  4. Didirikannya peraturan daerah atau perda.
  5. Dipimpin oleh direksi yang diangkat dan iiga diberhentikan oleh kepala daerah akibat pertimbangan oleh DPRD.
  6. Masa jabatan yang dimiliki oleh direksi yaitu selama empat tahun.
  7. Memiliki tujuan untuk menambah pendapatan ataupun keuntungan yang akan digunakan sebagai biaya pembangunan daerah.
Sponsors Link

Nah itu lah Kelebihan dan kekurangan BUMD yang kepanjangan nya Badan Usaha Milik Daerah ini. Diatas juga saya sudah jelaskan klasifikasi Badan Usaha Milik Daerah secara umum dan sekarang anda dapat tau kerugian yang dapat ditimbulkan oleh Badan Usaha Milik Daerah jika pemerintah lalai dalam keamanan perusahaan ini. Karena Badan Usaha Milik Daerah ini dapat melakukan eksploitasi sumber daya alam (SDA) , KKN (Korupsi, Kolusi, dan juga Nepotisme), Badan Usaha Milik Daerah juga dapat menyalahgunakan kekuasaannya.

, ,
Oleh :
Kategori : Badan Usaha