Sponsors Link

5 Penyebab Kelangkaan Gas Elpiji dan Manfaatnya

Elpiji merupakan gas minyak bumi yang diminati oleh pemakai. Gas minyak bumi ini biasa nya diperjual belikan dalam bentuk cair yang dikemas oleh tabung-tabung logam yang memiliki tekanan. Agar ekspansi panas dari cairan gas ini terjadi. Tabung-tabung logam ini biasanya tidak diisi sampai penuh melainkan diisi sekitar 80% hingga 85%.

ads

Gas elpiji ini mengandung butana (C4H10), propana (C3H8), etana (C2H6), dan petana (C5H12). Namun sekarang gas elpiji sudah sangat sulit untuk ditemukan. Gas elpiji ini sudah mulai langka. Penyebab kelangkaan gas elpiji ini disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut :

1. Meningkatnya permintaan

Peningkatan permintaan tabung gas elpiji ini menjadi salah satu penyebab kelangkaan gas elpiji. Karena semakin meningkatnya permintaan maka semakin meningkat pulalah pemakaian dari gas minyak bumi ini. Permintaan gas elpiji ini sangat melunjak di Jakarta Utara permintaan gas elpiji mencapai 12.480 tabung gas elpiji, Jakarta Timur 39.920 tabung gas elpiji, Jakarta Selatan 34.880 tabung gas elpiji, Jakarta Barat 40.320 tabung gas elpiji, dan Jakarta Pusat 25.000 tabung gas elpiji. Namun untuk mencegah Peningkataan permintaan ini pemerintah telah menyalurkan sekitar 590.000 tabung gas elpiji.

Jika dihitung dari awal penyaluran yang diberikan oleh pemerinta, gas elpiji yang telah disalur sekitar 5.750 Juta  metrik ton jika diubah menjadi persenan sekitar 93% dari rencana awal yang telah ditetapkan APBN-P sekitar 6.199 Juta metrik ton. Dan penyaluran gas elpiji diperkirakan 1,6% dari rencana awal APBN-P seperti contoh teori permintaan.

2. Tertutupnya distribusi

Tertutupnya distribusi dari gas minyak bumi ini membuat gas elpiji semakin langka. Karena distribusi merupakan hal yang paling penting dalam penyaluran gas minyak bumi ini tentu jika proses distribusi ini tertutup maka gas elpiji akan semakin langka ditemukan.

Tertutupnya distribusi ini dikarenakan banyaknya distributor yang mengoploskan gas minyak bumi ini tanpa tanggung jawab. Sehingga gas elpiji yang telah dioploskan dapat menimbulkan resiko yang sangat besar, oleh karena itu pemerintah telah berencana untuk menutup distribusi gas minyak bumi ini.

3. Harga yang melunjak

Harga gas elpiji yang sangat melunjak ini juga menjadi salah satu faktor penyebab kelangkaan gas elpiji dipasaran. karena harga yang melunjak para penjual tidak sanggup membeli stok gas elpiji terlalu banyak, hal ini mempengaruhi kelangkaan gas elpiji dipasaran. Banyak konsumen yang mengeluh akan hal ini karena para konsumen terpaksa untuk membeli gas elpiji dengan harga yang tinggi demi kebutuhan gas didapur.

Harga gas elpiji yang biasanya dijual sekitar 17.000 per tabung dipasaran namun sekarang harga gas elpiji melunjak hingga 20.000 per tabung dijual dipasaran. Naiknya harga gas elpiji ini juga dipengaruhi oleh naiknya permintaan konsumen dan sedikitnya persediaan gas minyak bumi seperti masalah ekonomi bisnis.

4. Terbatasnya sumber daya alam

Langkanya gas elpiji dikarenakan sedikitnya sumber daya alam yang dapat dijadikan gas elpiji. kandungan gas minyak bumi seakin menipis oleh karena itu persediaan gas elpiji semakin sedikit dihasilkan oleh produsen Indonesia. Pemerintah menolak melakukan pengolahan gas minyak bumi secara terus-menerus karena takut kehabisan gas minyak bumi yang sangat penting dalam kehidupan. Namun para konsumen tetap saja bertambah setiap harinya. Sehingga hal ini menimbulkan para produsen gelap yang mengolah gas minyak bumi secara terus menerus tanpa bertanggung jawab. Jika hal ini terus terjadi tanpa pengawasan pemerintah dengan benar maka gas minyak bumi akan menghilang dari muka bumi.

5. Resiko yang ditimbulkan oleh gas elpiji

Akhir-akhir ini telah dihebohkan oleh isu gas elpiji yang sering meledak. Banyak konsumen yang mengeluh penyebab meledaknya gas elpiji ialah kualitas tabung yang buruk sehingga mengakibatkan kebocoran yang akan memicu kebakaran, oleh karena itu pemerintah melakukan aksi penutupan produksi dari gas elpiji ini. Namun sebagian pabrik masih memproduksi gas minyak bumi ini.

Namun seiring dengan kelangkan gas elpiji. gas minyak bumi ini juga memiliki banyak kelbihan yang sangat menguntungkan. Berikut beberapa kelebihan gas elpiji:

  1. Praktis

Gas elpiji ini merupakan gas minyak bumi yang sangat praktis karena anda dapat memilih tabung yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan dapur anda. Hal ini dapat anda dapatkan jika anda memakai tabung gas minyak bumi ini dari pertamina.

  1. Pilihan yang bervariasi

Tabung gas elpiji ini memiliki banyak varian dari berbagai tipe. Sehingga para konsumen puas dan bebas memilih tipe tabung gas yag cocok untuk dapur mereka. Hal ini juga sangat mempengaruhi bertambahnya konsumen dari gas elpiji.

  1. Pelayanan yang bagus

Pelayanan yang disediakn oleh para pekerja gas minyak bumi ini sangatlah bagus dan ramah sehingga para konsumen tidak menyesal membeli gas minyak bumi ini seperti pengertian kelangkaan BBM. Para pekerja ini menyediakan pelayanan antar barang serta teknisi yang profesional dan handal yang sedia membantu para konsumen setiap saat. Tidak hanya memiliki kelebihan gas elpiji juga memiliki sifat-sifat tersendiri. Sifat-sifat gas elpiji yaitu:

  1. Gas elpiji memiliki cairan gas yang mudah sekali terbakar.
  2. Gas elpiji biasanya tidak beracun, ataupun berwarna namun gas elpiji ini biasanya memiliki bau yang sangat menyengat.
  3. Gas elpiji merupakan cairan yang bertekan di dalam tangki ataupun silinder.
  4. Cairan yang dimiliki gas elpiji ini mudah menguap ketika dilepas dan mudah menyebar dengan cepat.
  5. Berat yang dimiliki gas elpiji ini biasanya lebih besar dari berat jenis udara.
Sponsors Link

Jenis-jenis dari gas elpiji ini juga bermacan-macam yaitu:

  1. Elpiji campuran

Elpiji campuran ini biasanya elpiji yang dijual dipasaran.

  1. Gas elpiji propana

Gas elpiji yang menggandung zat propana.

  1. Elpiji butane

Gas elpiji yang menggandung zat butane.

  1. Elpiji pertamina

Gas elpiji yang diproduksi dipertamina dan juga dijual dipertamina itu sendiri seperti penyebab kelangkaan barang dan jasa. Selain digunakan sebagai keperluan memasak didapur gas elpiji juga memiliki kegunaan lain yakni:

  1. Sebagai bahan bakar diindustri.
  2. Sebagai bahan bakar untuk mesin pembakaran dalam karena gas elpiji memiliki kandungan zat propana memiliki angka oktan yang tinggi, sehingga dapat menghasilkan ke-ekonomian bahan bakar.
  3. Sebagai bahan baku petrokimia.

Nah sekian penyebab kelangkaan gas elpiji yang dapat kami uraikan. Karena kelangkaan elpiji terjadi anda dapat melakukan cara subtitusi untuk mengganti gas minyak bumi elpiji dengan gas minyak bumi lainnya. Ataupun anda juga bisa menggantikannya dengan mengunakan minyak tanah sebagai bahan bakar kompor minyak. Anda juga dapat mencoba bahan bakar kayu. api. Agar kegiatan yang anda lakukan didapur tidak terhambat.

Sponsors Link

Dan anda juga dapat menghindari resiko kebakaran yang disebabkan oleh gas elpiji. Menghindari kelangkaan gas minyak bumi dan juga menghindari resiko habisnya minyak bumi. Namun hal ini juga perlu kesadaran dari diri masing-masing agar penjual dipasar gelap yang sering mengolah gas elpiji tanpa tanggung jawab yang benar tidak lagi ada seperti penyebab kelangkaan air bersih.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : SDA