Sponsors Link

13 Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas

Perseroan Terbatas, jika diartikan sederhana adalah perusahaan yang tanggung jawabnya terbatas. Itu versi singkatnya. Versi yang lebih panjang adalah bahwa perusahaan terbatas adalah jenis perusahaan yang ketika set-up memungkinkan seorang pengusaha untuk menjaga aset dan keuangan mereka sendiri terpisah dari bisnis itu sendiri. Ini berarti bahwa orang-orang yang telah berinvestasi dalam bisnis (pemegang saham) hanya bertanggung jawab atas hutang perusahaan hingga jumlah yang telah mereka investasikan dan tidak lebih.

ads

Oleh karena itu cara yang baik untuk bisnis untuk mendapatkan investasi tanpa risiko kekayaan pribadi. Pada dasarnya Perusahaan Terbatas dipandang sebagai entitas dalam dirinya sendiri, yang dapat dikenakan tindakan hukum. Sebagai badan yang terpisah, perusahaan terbatas bahkan dapat menjadi direktur perusahaan lain seperti kelebihan dan kekurangan persero.

Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas

Berikut akan kami jabarkan beberapa kelebihan dan kekurangan perseroan terbatas yang umum didapati. kelebihannya yaitu :

1. Perlindungan Pemilik dari Tanggung Jawab Hukum

Setelah pemilik bisnis baru berhasil menyelesaikan proses penggabungan, pemilik  memiliki jumlah terbatas tanggung jawab hukum untuk kegiatan bisnis perusahaan dan utang, karena di mata hukum perusahaan adalah entitas terpisah. Untuk mempertahankan kewajiban terbatas ini, pemilik perusahaan harus mengikuti sejumlah formalitas perusahaan yang diharuskan secara hukum.

2. Kemampuan untuk Menarik Investor

Kemampuan korporasi untuk menerbitkan saham adalah nilai jual yang kuat bagi mereka yang ingin menginvestasikan modal dalam usaha bisnis.

3. Struktur Daya

Bentuk bisnis perusahaan memiliki kekuatan dan struktur manajemen yang mapan: direktur, pejabat, dan pemegang saham. Setiap kelompok memiliki seperangkat peran dan tanggung jawab yang jelas dalam kerangka kerja perusahaan. Anda mungkin perlu mempelajari dan melihat  Struktur Perusahaan, Direksi untuk Pemegang Saham  untuk lebih jelasnya.

4. Opsi Saham dan Saham untuk Karyawan

Khusus untuk bisnis yang lebih besar, struktur bisnis perusahaan menawarkan peluang menarik bagi karyawan potensial manfaat saham dan opsi saham hak karyawan untuk membeli saham dengan harga terkunci seperti perseroan terbatas tertutup.

5. Tidak Menggunakan Mobil Perusahaan

Banyak orang merasa bangga dengan mobil perusahaan mereka. Namun, sebagai pemilik perseroan terbatas, Anda sebenarnya lebih baik tidak membeli dan menjalankan mobil perusahaan, melainkan menggunakan mobil pribadi Anda untuk keperluan bisnis. Dengan cara ini Anda dapat membebankan jarak tempuh yang terkumpul pada perjalanan bisnis ke perusahaan yang memungkinkan Anda memperoleh manfaat dari bahan bakar bebas pajak dan biayanya sebenarnya dapat dikurangkan dari pajak kepada perusahaan, sehingga Anda mendapat manfaat dengan dua cara.

6. Menggunakan Rumah Pribadi

Memulai sebagai perusahaan kecil seperti perseroan terbatas, Anda mungkin tidak mampu menyewa atau membeli tempat untuk menjalankan bisnis Anda. Kabar baiknya adalah, Anda dapat menjalankan bisnis dari rumah Anda dan menuntut kembali untuk biaya melakukannya. Jika Anda menggunakan 1 kamar di rumah Anda untuk tujuan bisnis maka Anda harus menghitung biaya ruangan itu dengan mengerjakan biaya rumah pada umumnya air, listrik, pemanas, pajak dewan dan sewa atau bunga hipotek bukan pembayaran hipotek sendir kemudian membagi angka itu dengan semua kamar di rumah untuk memberi Anda jumlah yang dapat Anda klaim kembali.

Sponsors Link

7. Kepemilikan dan Pengendalian 

Dalam kasus perseroan terbatas dan lembaga swasta, Direksi biasanya juga merupakan pemegang saham utama Perusahaan. Dengan demikian baik kepemilikan dan kontrol bisnis tetap di tangan mereka. Keputusan dapat dibuat dengan cepat dan mudah, dengan sedikit rewel, memungkinkan untuk platform manajemen bisnis yang lebih sukses.

Sedangkan kekurangan dari perseroan terbatas adalah :

1. Waktu dan Biaya Penggabungan

Proses penggabungan bisa mahal dan memakan waktu. Sejumlah dokumen harus disiapkan termasuk artikel pendirian dan anggaran rumah tangga perusahaan baru, dan biaya pengarsipan harus dibayarkan kekantor Sekretaris Negara Anda atau lembaga pengarsipan bisnis serupa seperti syarat pendirian PT.

2. Mengikuti Formalitas Perusahaan

Semua perusahaan diwajibkan oleh hukum untuk mengamati sejumlah formalitas perusahaan untuk memastikan bahwa perusahaan beroperasi sebagai entitas yang terpisah, independen dari pemilik bisnis. Langkah-langkah ini termasuk mengadakan rapat rutin direksi, menyimpan catatan aktivitas perusahaan, dan menjaga independensi keuangan perusahaan yang sedang berlangsung.

3. Potensi Kewajiban Pajak

Keuntungan dari perusahaan tradisional mungkin “pajak ganda.” Artinya, korporasi itu sendiri dikenai pajak untuk setiap keuntungan yang diperoleh, dan setiap pemegang saham individu yang memperoleh keuntungan dari korporasi (dalam bentuk “dividen” yang dibayar) juga dikenakan pajak. Hal ini paling sering terjadi di perusahaan-perusahaan besar, dan mungkin tidak menjadi masalah bagi pemegang saham dan pemilik perusahaan kecil, yang sering bekerja untuk bisnis itu sendiri dan dibayar gaji (yang dikurangkan dari pajak untuk perusahaan) daripada dividen. Salah satu solusi untuk masalah perpajakan ganda adalah memilih status pajak perusahaan.

4. Akun Kompleks

Ada aturan yang lebih kompleks dan membatasi yang mengatur akun dan pembukuan Perusahaan Terbatas daripada pedagang tunggal misalnya. Perusahaan diharapkan untuk menghasilkan akun tahun yang menggabungkan format entri ganda, neraca dan catatan lainnya. Dengan umumnya sifat yang lebih besar dari bisnis Perusahaan Terbatas ini dapat memakan waktu dan biaya yang mahal. Layanan akuntansi Gudang Perusahaan dibuat khusus untuk meringankan beban Perusahaan Terbatas. Layanan berbiaya rendah dan harga kompetitif kami akan memegang pemerintahan akuntansi dan memungkinkan Anda untuk tetap bebas berkonsentrasi pada jalannya bisnis.

5. Terbatas

Untuk perseroan terbatas dan lembaga swasta, ada pembatasan pada peningkatan modal melalui penjualan saham. Seperti disebutkan, perseroan terbatas dapat memperoleh pendanaan lebih lanjut dengan penjualan saham, tetapi kemampuan ini hilang bagi Perusahaan Terbatas Swasta yang sahamnya dibatasi.

6. Pengenceran Kekuatan 

Karena sifat Perusahaan Terbatas Publik, terkadang perselisihan akan timbul antara Direksi dan Pemegang Saham karena ide mereka tentang apa yang terbaik bagi perusahaan bervariasi. Penjualan saham untuk meningkatkan dana perusahaan akan semakin memperlemah manajemen, karena semakin banyak orang yang mengatakan bagaimana perusahaan dijalankan. Ada juga risiko karena Perusahaan dapat membeli saham bahwa pengambilalihan dapat terjadi dengan cara ini.

Masih Tidak Paham Tentang Kelebihan dan kekurangan perseroan terbatas?

Jenis struktur hukum yang Anda pilih untuk bisnis Anda akan memainkan peran besar dalam kesuksesan Anda (atau kegagalan), jadi membayar untuk mengerjakan pekerjaan rumah Anda sebelum memutuskan. Pada akhirnya, Anda dan rekan bisnis apa pun harus membuat keputusan itu sendiri, tetapi pengacara bisnis yang terampil dapat membantu Anda membuat keputusan berdasarkan informasi dan membuat proses memulai bisnis Anda semulus mungkin.

Sponsors Link

Perseroan terbatas adalah entitas yang lebih fleksibel daripada Perusahaan Terbatas Swasta dan lebih cocok untuk bisnis Skala Kecil dan Menengah. Perseroan terbatas menyediakan status Perusahaan Terbatas Swasta dengan fleksibilitas perusahaan Kemitraan:

  • Tanggung Jawab Terbatas, Eksistensi Hukum Terpisah, dan Eksistensi Pidana.
  • Seperti fleksibilitas dalam rotasi dana, tidak ada audit wajib, kepatuhan minimum.

Oleh karena itu, Perseroan terbatas adalah entitas bisnis yang pada dasarnya tidak ada kerugian kecuali kenyataan bahwa Anda tidak bisa meningkatkan usaha, benih atau pendanaan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Badan Usaha