Sponsors Link

7 Jenis Faktor Penghambat Pertumbuhan Ekonomi

Terlepas dari adanya faktor penghambat pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan ekonomi itu sendiri adalah sebuah bentuk  kemapuan  dari sebuah negara dan juga kenaikan jangka panjang untuk menyediakan dan menyetok berbagai jenis barang ekonomi bagi keperluan penduduknya. Kemampuan ini bisa tumbuh dengan sebuah pengingkatan teknologi dan adaptasi dari ideologis dan penyesuaian kelembagaan yang di perlukan yang juga tercantum pada ciri-ciri ekonomi pancasila. Pertumbuhan ekonomi ini sendiri memiliki 3 faktor utama yaitu : pertumbuhan ekonomi sebuah bangsa yang bisa di tinjau dari peningkatan persediaan barang secara terus menerus, yang kedua adalah adanya kemajuan teknologi yang nantinya menjadi penentu derajat pertumbuhan dalam penyediaan beragam barang yang di butuhkan oleh penduduk, yang ketiga adalahpenggunaan dari teknologi yang efisien dan secara luas yang memerlukan penyesuaian di dalam ideologi dan bidang kelembagaan sehingga adanya innovasi yang muncul oleh perkembangan ilmu di masyarakat bisa di manfaatkan dengan baik dan benar.

ads

Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi

Adanya sebuah perkembangan ekonomi modern merupakan sebuah pertanda yang amat penting di dalam sebuah pertumbuhan ekonomi seperti ciri-ciri ekonomi konvensional. Dimana akan menunjukan 6 ciri khas dari pertumbuhan dan perkembangan ekonomi modern yang akan tampil di dalam analisa yang berdasarkan pada komponen dan produk nasional, tenaga kerja, penduduk dan yang lainnya. Dari ke 6 ciri khas pertumbuhan ekonomi tersebut, 2 diantaranya adalah masalah kuantatif yang memiliki kaitan dengan peralihan struktural dan yang 2 lainnya berhubungan dengan penyebaran internasional. Berikut kita akan melakukan pembahasan terhadap ciri-ciri pertumbuhan ekonomi, yaitu:

1. Laju Pertumbuhan dan Produk Perkapita

Adanya pertumbuhan dari ekonomi modern seperti yang telah di jelaskan dari pengalaman negara maju yang mulai berkembang semenjak abad ke 18 silam di mulai dengan laju kenaikan penduduk perkapita yang amat tinggi namun tetap di imbangi dengan laju pertumbuhan penduduk yang juga sangat cepat. Jika tidak imbang maka akan menjadi salah satu faktor penghambat pertumbuhan ekonomi tentunya.

2. Produktifitas Meningkat

Peningkatan dari laju penduduk perkapita juga akan memberikan perbaikan dari produktivitas per unit dan meningkatkan efisiensi dari kualitas input. Ini adalah faktor perkembangan ekonomi yang tentunya bisa di lihat dari besarnya masukan modal maupun tenaga kerja yang membuat efisiensi semakin meningkat. Kenaikan efisiensi ini menjelaskan bahwa penggunaan dari pengeluaran lebih besar untuk setiap unit input yang di lakukan dan bisa menjadi penghambat penyebab ekonomi menurun. Penjelasan keseluruhan pertumbuhan pendududuk perkapita di sebuah negara bisa di tarik kesimpulan dari laju kenaikan produktivitas mereka.

3. Perubahan Laju Struktural Yang Cenderung Tinggi

Adanya sebuah perubahan struktural di dalam sebuah pertumbuhan dan perkembangan ekonomi modern bisa meliputi peralihan kegiatan pertanian ke kegiatan yang merupakan nonpertanian, perubahan status kerja buruh, perubahan di dalam unit produktif, dari industri menjadi jasa dan peralihan di perusahaan perorangan menjadi perusahaan hukum.

4. Urbanisasi

Tanda pertumbuhan dari ekonomi modern lainnya dalah banyaknya penduduk yang pindah dari negara maju yang semula menetap di daerah pedesaan dan memilih tinggal di kota besar, ini adalah pengertian dari urbanisasi yang secara umum diartikan sebagai perpindahan. Urbanisasi ini sendiri merupakan dampak dari industrialisasi. Kemunculan skala ekonomi di dalam usaha non agraris yang merupakan salah satu dampak dari perubahan teknologi akan menyebabkan perpindahan dari tenaga kerja dan juga perpindahan penduduk dalam skala besar dari desa ke kota.

5. Ekspansi Di Negara Maju

Karena adanya pertumbuhan yang dialami oleh negara maju akan memiliki kecendrungan yang berbeda dan inilah yang menjadi salah satu faktor penentu perkembangan dari ekonomi modern. Dimana pertumbuhan ekonomi modern akan menjadi lebih dini dari berbagai bangsa yang lain. Hal ini di akibatrkan oleh dampak perbedaan latar belakang dari masa lalu dan sejarah yang berbeda.

6. Arus Barang, Orang dan Modal

Faktor terakhir dalam laju pertumbuhan ekonomi adalah adanya arus barang, orang dan modal yang akan meningkat di mulai dari abad ke 19 hingga mencampai puncak di perang dunia yang pertama yang akhirnya mengalami kelanjutan di perang dunia ke II.

Faktor Penghambat Pertumbuhan Ekonomi

Selain beberapa ciri-ciri perkembangan ekonomi, maka kita juga akan membahas tentang faktor apa saja yang bisa menjadi penghambat laju pertumbuhan ekonomi dan menjadi  penyebab ekonomi lesu.

1. Faktor SumBer Daya Manusia

SDM adalah salah satu faktor yang akan mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi, dimana SDM juga akan berpengaruh pada kelancaran proses pembangunan.Karena SDM akan menjadi sebuah penentu cepat atau lambatnya laju perkembangan dari pembangunan dan laju pertumbuhan ekonomi tentunya. Dimana pertumbuhan ekonomi akan kian terhambat jika SDM yang dimiliki tidak kompeten di dalam bidangnya.

2. Sumber Daya Alam

Selain di tentukan oleh SDM, faktor lainnya yang akan menjadi penentu perkembangan ekonomi adalah faktor SDA. Dimana selaku subjek, SDA harus tersedia dengan baik dan memadai agar nantinya pembangunan dan perbaikan ekonomi dapat berlangsung dengan baik. Jika SDA tidak tersedia dengan kecukupan yang di butuhkan tentunya perkembangan laju ekonomi akan terhambat.

Sponsors Link

3. Teknologi dan Ilmu Pengetahuan

Proses pembangunan yang akan mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi sebuah bangsa akan sangat di tentukan oleh adanya faktor teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan yang mereka miliki. Jika saja suatu bangsa tidak memiliki teknologi yang memadai dan rendahnya tingkatan ilmu pengetahuan maka perkembangan ekonomi mereka akan jauh tertinggal oleh bangsa lainnya.

4. Budaya

Pembangkit sekaligus pendorong dari laju pertumbuhan ekonomi di sebuah bangsa adalah faktor budaya. Dimana adanya budaya atau tradisi tertentu akan menjadi penghambat jika tidak sesuai dengan ketetapan dan ketentuan yang dimiliki agar ekonomi di negara tersebut menjadi kian maju dan berkembang. Karena budaya nantinya akan mengatur pola tingkah laku dan pola fikir masyarakat secara tidak langsung.

5. Sumber Daya Modal

Tentu saja siapapundan di manapun membutuhkan sumber daya modal ini untuk melakukan kegiatan ekonomi bukan? Sebuah ekonomi yang berkembang akan sejalan dengan modal yang masuk dengan baik dan bisa di cari dengan leluasa. Namun jika sebuah bangsa bergitu terbatas akan sumber daya modal dan sangat sulit mendapatkannya akan jelas jelas mengalami penghambatan dalam pertumbuhan ekonomi mereka.

6. Skala Produksi dan Pembagian Kerja

Tidak semua bangsa yang maju bisa melakukan pembagian yang baik antara skala produksi dan pembagian kerja. Namun, jika bisa di bagi dan di tata dengan baik, sudah jelas bangsa tersebut akan kian meningkat di sisi perekonomian, dan akan mengalami hambatan jika tidak bisa mengaturnya dengan baik.

Sponsors Link

7. Keadaan Politik

Jika anda bertanya kenapa keadaan politik bisa menjadi salah satu faktor yang menjadi penentu dalam perkembangan ekonomi, maka jawabannya adalah kebebasan dan kenyamanan. Dimana bangsa yang memiliki kekacauan politik maka SDM akan tidak nyaman dan tidak lagi bebas berinovasi dan melakukan kegiatan ekonomi seprti produksi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro