Sponsors Link

Ciri Ciri Ekonomi Pasar Yang Harus Diketahui

Sistem ekonomi pasar adalah sistem ekonomi yang sering di sebut dengan sistem ekonomi bebas atau sistem ekonomi liberal, yang merupakan keseluruhan kegiatan ekonomi berupa distribusi, produksi maupun konsumsi yang sepenuhnya di berikan atau di kuasai oleh mekanisme pasar. Yang mana setiap individu atau orang yang nantinya di berikan kebebasan dalam melakukan aktifitas yang ada di dalam sistem ekonomi pasar untuk melakukan tugas kegiatan ekonomi tersebut sesuai dengan karakteristik ekonomi liberal. Dimana pemerintah juga akan memberikan kebebasan pada pihak-pihak swasta agar bisa melakukan kegiatan produksi , konsumsi dan distribusi sesuai dengan adanya sistem yang berlaku dengan ukuran dari kemampuan perusahaan tersebut.

ads

Sistem ekonomi ini merupakan perpaduan yang terjadi dari cara-cara dan aturan aturan yang akhirnya menjadi satu dan biasanya di pakai dalam pencapaian tujuan dalam perekonomian. Hal ini meliputi keseluruhan proses dan juga kegiatan yang di lakukan oleh masyarakat dalam kegiatan maupun usaha mereka dalam memenuhi segala kebutuhan hidup untuk mencapai sebuah kemakmuran. Elemen atau faktor pembentuk dari sistem ekonomi adalah sebagai berikut:

  • Beragam unit ekonomi : Perusahaan, rumah tangga, lembaga yang berkaitan dengan kegiatan sebuah pembangunan ekonomi, serikat buruh dan isntasi pemerintah.
  • Pelaku ekonomi seperti : produsen, pejabat yang terkait, investor, buruh dan konsumen.
  • SDA atau sumber daya alam dan SDM atau sumber daya manusia, SDT atau sumber daya teknologi dan SDK yaitu sumber daya kapital.

Sedangkan fungsi dari adanya sistem ekonomi adalah sebagai berikut :

  • Media ataupun sarana dalam melakukan sistem produksi
  • Metode atau cara untuk mengorganisasi kegiatan sebuah individu
  • Menciptakan mekanisme agar nantinya distribusi jasa maupun barang bisa di lakukan dengan baik.

Sejarah Sistem Ekonomi Bebas, Pasar atau Liberal

Tentang sejarah sistem ekonomi pasar ini biasanya lahir dari sebuah sistem ekonomi bebas atau sistem ekonomi liberal dimana banyak sejarawan yang menyatakan bahwa sistem ekonomi ini timbul karena adanya revolusi di bagian Eropa Barat pada abad pertengahan. Karena pada abad ke 18 eropa di kuasai oleh 3 golongan utama dan berkuasa yaitu golongan bangsawan dan keluarga raja, kaum feodal atau rakyat biasa dan pihak gereja. Dan kekuasaan paling tinggi di pegang oleh pihak gereja diantara ke 3 golongan tersebut. Karena gerja memiliki hak khusus yang akan di gunakan dalam pengatutan kehidupan ekonomi dan juga kehidupan politik yang telah di berlakukan kala itu. Mereka bahkan bisa menjadi pembatasan kehidupan setiap orang atau individu yang berada di dalam setiap golongan apapun dari segala aspek kehidupan.

Dimana golongan kerabat dan keluarga raja beserta golongan bangsawan juga memiliki beberapa hak tertentu namun sayangnya golongan rakyat biasa adalah golongan tanpa hak kala itu. Inilah penyebab utama mengapa golongan rakyat kerap kali mendapat perlakuan yang tidak lazim bahkan mengarah ke kekejaman yang tidak berprikemanusiaan di sini bahkan di berlakukan fungsi pasar uang. Karena adanya ketidak adilan ini maka pihak rakyat biasa melakukan perlawanan kepada pihak gereja maupun pihak raja dan bangsawan. Revolusipun terpancing karena adanya perlawanan yang terjadi ini. Dimana lahirlah sebuah ideologi baru di beragam bidang. Sistem hedonisme di dalam bidang sosial budaya, free value di bidang sains dan ekonomi liberal di bidang ekonomi. Adam Smith merupakan seorang pelopor dan tokoh utama yang mempelopori adanya gerakan sistem ekonomi secara liberal atau sistem ekonomi pasar.

Ciri-Ciri Ekonomi Pasar

Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian dan juga sejarah dari ekonomi pasar , maka sekarang kita akan membahas tentang ciri-ciri ekonomi pasar, yaitu :

  • Hak masing-masing individu tersebut untuk mendapatkan pengakuan. Misalnya, setiap orang tentunya bebas bisa memiliki barang dan termasuk dari barang yang di pakai sebagai modal.
  • Individu tentunya bisa bebsa dalam menggunakan barang maupun jasa yang mereka miliki.
  • Manusia yang menjalankan ekonomi pasar adalah dikenal dengan sebutan homo economicus.
  • Adanya kebebasan dalam melakukan konsumsi dan kedaulatan konsumen.
  • Persaingan bebas adalah sistem yang di terapkan di dalam ekonomi pasar.
  • Dalam motif pencarian laba yang terpusat pada kepentingan pribadi.
  • Peranan modal yang sangat penting dalam sistem ekonomi pasar.
  • Sedangkan perananan terbatas di miliki pemerintah karena pemerintah tidak akan melakukan interverensi di dalam sebuah sistem yang di berlakukan di dalam ekonomi pasar.
  • Aktifitas yang di lakukan dalam sistem ekonomi pasar adalah untuk memperoleh keuntungan.
  • Semua aktifitas yang di lakukan dalam perekonomian di laksanankan oleh swasta atau masyarakat.
  • Persaingan akan di lakukan secara bebas.

Sedangkan peranan dari modal adalah sesuatu yang amat vital yakni :

  • Menumbuhkan kreasi dan inisiatif masyarakat di dalam pengaturan kegiatan ekonomi yang kita lakukan.
  • Setiap individu nantinya akan memiliki peranan tersendiri dalam pemilihan sumber produksi
  • Persaingan untuk lebih maju akan semakin meningkat dengan adanya sistem ekonomi pasar.
  • Barang yang nantinya di hasilkan akan berkualitas tinggi karena barang yang mutunya rendah akan menjadi barang yang tidak berlaku di pasar.
Sponsors Link

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Ekonomi Pasar

Setelah kita membahas ciri-ciri ekonomi pasar maka selanjutnya kita harus mengetahui apa manfaat dan kekurangan dari sistem ekonomi pasar tersebut. Kelebihan ekonomi pasar :

  • Masing-masing orang sebenarnya bisa secara bebas menentukan jalan perekonomiannya masing-masing
  • Masing-masing orang juga bebas dalam menentukan alat untuk produksi mereka sendiri
  • Persaingan yang ada akan menyebabkan ekonomi kian cepat berkembang yang tercantum dalam fungsi ekonomi pasar modal.
  • Produksi didasarkan oleh adanya kebutuhan masyarakat.

Sedangkan kelemahan dari sistem ekonomi pasar adalah :

  • Sistem ekonomi pasar bisa berdampakpada adanya eksploitasi terhadap orang lain
  • Sistem ini juga bisa berdampak pada sistem monopoli perdangangan
  • Sistem ini juga menimbulkan adanya kesenjangan pendapatan
  • sistem ekonomi ini juga sebenarnya lebih rentan terhadap adanya krisis dari ekonomi

Perbedaan Kapatalis, Pasar Bebas dan Liberal

Istilah dari pasar bebas, liberal dan kapitalis sering dianggap sama padahal ketiga dari sitilah ini sebenarnya tidaklah sama. Ketiga istilah ini sebenarnya mengandung arti yang berbeda beda yaitu:

  • Pasar Bebas: Adalah sebuah sistem ekonomi yang mana harga daru jasa dan barang akan di tetapkan dan di tentukan oleh sebuah pasar terbuka, dimana hukum permintaan dan hukum penawaran dapat berlaku secara bebas atau tidak ada intervensi. Namun konsekuensi dari sistem ini adalah kebebasan perorangan dalam mebuat sebuah keputusan dalam ekonomi liberal, kemudian individu tersebut bisa mendapatkan hak milik atas semua faktor produksi dan bisa beroperasi demi mendapatkan keuntungan pribadi atau secara kapitalis.
Sponsors Link

  • Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang memiliki asa dan basis kepemilikan secara privat dan ini menyangkut langsung terhadap faktor produksi yang di gunakan dan tentunya beroperasi dalam pencarian keuntungan semata. Dimana karakteristik dari sistem ekonomi ini adalah hak milik privat, akumulasi modal, pasar yang kompentitif, motivasi tinggi dalam mencari keuntungan dan upah buruh yang juga termasuk di dalam kelebihan dan kekurangan pasar persaingan tidak sempurna.
  • Liberalisme adalah sebuah filosofi politik yang berdasarkan kepada kebersamaan derajat dan kebebasan. Dengan hal ini tentunya liberalisme ekonomi adalah faham yang nantinya mengatur sebuah perekonomian yang berdasarkan kepada perorangan, pengambilan keputusan ekonomi yang di lakukan oleh rumah tangga atau individu dan bukan dilakukan oleh organisasi atau institusi kolektif.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro