Sponsors Link

5 Contoh Prinsip Ekonomi Dengan Pengorbanan Minimal

Sebelum kita memasuki pembahasan tentang contoh prinsip ekonomi dengan pengorbanan minimal, maka kita akan membahas terlebih dahulu apa itu prinsip ekonomi. Seperti halnya contoh motif ekonomi untuk berbuat sosial, prinsip ekonomi ini adalah usaha atau sebuah pengorbanan yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah hasil. Kebutuhan setiap manusia seolah selalu ada dan tanpa batas. Jadi, ada banyak sekali usaha dan pengorbanan yang akan ditempuh demi memenuhi setiap kebutuhan tersebut nantinya. Dengan banyaknya kebutuhan ini, maka lahirlah yang dinamakan prinsip ekonomi tersebut. Tindakan yang diambil adalah arahan dari prinsip ekonomi agar bisa memenuhi beragam keinginan dan kebutuhan manusia pada dasarnya.

ads

Ciri-ciri prinsip ekonomi

Untuk lebih memudahkan kita memahami dan mengenali beragam contoh prinsip ekonomi dengan pengorbanan minimal, maka kita akan memahami terlebih dahulu ciri-ciri atau kriterinya. Berikut beberapa ciri-ciri dari prinsip ekonomi tersebut, yaitu :

Selalu hemat

Ini adalah salah satu prinsip atau yang tergolong di dalam ciri-ciri prinsip ekonomi dimana setidaknya mementingkan kebutuhan terpenting terlebih dahulu. Urutkan terlebih dahulu mana kebutuhan darurat yang mendesak hingga kebutuhan yang tidak terlalu penting. Melakukan segala tindakan dalam konteks yang wajar, rasional dan juga ekonomis. Jadi, tindakan yang dilakukan menyesuaikan keberhasilan dan pengeluaran yang dikeluarkan.

Jenis prinsip ekonomi

Sedangkan, untuk jenis-jenis yang tergolong di dalam prinsip ekonomi ini sendiri terdiri dari :

1. Prinsip produsen

Ini merupakan jenis prinsip yang nantinya akan memberikan penentuan tentang masalah alat produksi yang digunakan penggunaan barang baku dan pengunaan dari biaya produksi. Ini juga akan menentukan seberapa besar atau banyaknya bahan baku yang akan dipakai hingga menghasilkan barang jadi dengan kualitas yang lebih baik.

2. Prinsip pedagang atau penjual 

Ini merupakan jenis prinsip ekonomi kedua yang nantinya akan menggunakan beragam upaya atau usaha agar bisa memenuhi selera atau keinginan konsumen. Tentunya, hal ini bisa dicapai dengan baik jika melakukan promosi, beragam jenis pengiklanan, undian berhadiah dan jenis lainnya yang nantinya akan memberikan beragam keuntungan yang bisa diraih dari program-program yang ditayangakan tersebut.

3. Prinsip pembeli

Ini merupakan jenis prinsip yang mendasari usaha atau upaya agar bisa dengan mudah mendapatkan barang maupun jasa yang diperlukan dengan kualitas yang mumpuni dan usaha atau uang yang dikeluarkan dalam jumlah yang lebih sedikit.

Contoh Prinsip Ekonomi Dengan Pengorbanan Minimal

Nah, setelah mengenali beragam penjabaran dari prinsip ekonomi di atas, maka kali ini kita akan memasuki beragam contoh prinsip ekonomi dengan pengorbanan minimal tersebut, yaitu:

1. Mencari Potongan Harga

Seperti halnya yang ada di dalam pembahasan contoh motif ekonomi konsumen, maka hal terpenting dalam prinsip ekonomi kali ini adalah mendapatkan hal yang dibutuhkan dengan pengeluaran atau usaha seminimal mungkin namun tetap mendapatkan kualitas terbaik. Caranya? sa;ah satunya adalah dnegan membru barang maupun jasa yang diberikan lewat adanya potongan harga. Karena dengan adanya potongan harga ini, maka kita akan tetap mendapatkan kesempatan mendapatkan barang bagus dengan harga yang lebih sedikit.

2. Pengolahan Bahan Mentah

Mengolah bahan mentah menjadi bahan yang lebih bisa difungsikan juga merupakan salah satu contoh yang minim modal dan hasilnya bisa maksimal. Ini biasanya dilakukan oleh para ahli yang sudah kompeten dibidangnya, Sehingga bisa menyulap dengan baik semua jenis barang-barang yang sudah tidak difungsikan agar bisa digunakan dengan baik dan bisa menjadi salah satu barang jadi yang bermanfaat. Ini juga merupakan salah satu contoh motif ekonomi pengusaha.

3. Memanfaatkan Moment Spesial

Ada banyak hal yang menarik disaat kita merayakan atau menyambut beragam momen spesial. Misalnya saja saat hari raya dan hari libur tahunan. Akan ada banyak jasa maupun barang yang sengaja diobral dan diberikan bahkan dengan harga cuma-cuma. Ini juga merupakan hal yang sering ditunggu dan disukai banyak orang. Misalnya saja kita hanya perlu membayar separoh bahkan membayar sedikit dari pembayaran di harga normal.


4. Memanfaatkan Lahan Kosong

Bicara masalah lahan kosong, maka akan ada banyak sekali manfaat yang bisa digunakan dengan ebaik mungkin. Misalnya saja dengan membangun pemukiman yang nantinya disewakan atau dijual. Atau, bahkan bisa dengan pengolahan lahan berupa penanaman tanaman dan hal lainnya yang bisa menambah nilai dari lahan tersebut sehingga bisa menghasilkan hasil yang maksimal walaupun dengan modal seminimal mungkin.

5. Usaha Rumahan

Apapun jenis usaha rumahan yang minim modal bisa menjadi salah satu prinsip ekonomi yang bisa menghasilkan hasil yang maksimal. Tentunya ini juga tak kalah penting dan menguntungkan jika dikelola dengan baik dan benar. Lakukan survey dan memaksimalkan kreatifitas sebaik mungkin agar nantinya menarik dan bisa memicu minat sang pembeli.

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro