Sponsors Link

8 Contoh Motif Ekonomi Untuk Berbuat Sosial Yang Biasa Ditemukan

Ada banyak sekali jenis atau dasar dan motif ekonomi yang menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Misalny saja contoh motif ekonomi pengusaha, dan kali ini kita akan membahas tentang contoh motif ekonomi untuk berbuat sosial yang akan mendasari sebuah kegiatan ekonomi secara terperinci. Berikut beberapa contoh motif ekonomi untuk berbuat sosial, yaitu :

1. Memperbanyak Sumber Lapangan Kerja

Ada banyak hal yang bisa dilakukan seseorang maupun kelompok agar bisa memajukan sebuah lingkungan dan membantu orang-orang dalam lingkungan sosial tersebut. Misalnya saja dengan menyediakan lapangan kerja. Ini juga menjadi salah satu hal yang berpengaruh dan akan membantu banyak orang dalam sebuah lingkungan sosial. Hal ini bisa dilakukan oleh seseorang yang memiliki banyak uang ataupun memiliki jabatan yang jelas. Dengan menciptakan lapangan ketja yang terarah apalagi memiliki peluang besar bagi membantu SDM yang masih belum berpenghasilan di daerah tersebut.

2. Mendapatkan Penghargaan

Seperti halnya contoh motif ekonomi konsumen, hal terbaik yang banyak dilakukan oleh seseorang atau individu agar bisa mendapatkan pengakuan dan apresiasi sosial adalah dengan mengharumkan namanya atau membawa nama lingkungan. Misalnya saja jika seorang pelajar yang meraih kesempatan untuk membuktikan kecakapannya di berbagai bidang yang mereka kuasai. Para atlet yang meraih gelar juara dan banyak lagi jenis lainnya yang bisa mengharumkan nama sosial dan bisa mendapatkan kebangaan atau sanksi positif dari lingkungannya.

3. Memperluas Lapangan Agraris Di Pedesaan.

Ada banyak lapangan pekerjaan yang biasa digunakan oleh rakyat pedesaan, namun hal yang paling sering dilakukan dan paling potensial dipedesaan adalah dengan menggunakan lahan untuk bercocok tanam. Nah, salah satu motif ekonomi untuk berbuat sosial adalah dengan memperluas lapangan untuk bisa dipergunakan para warga agar menanam bermacam jenis tanaman yang mereka sukai dan butuhkan. Misalnya saja area persawahan, area perkebunan dan jenis area bercocok tanam lainnya yang nantinya sangat berguna dan potensial di mata penduduk pedesaan.

4. Yayasan Yatim Piatu

Para anak-anak yang memiliki status yatiim piatu biasanya memiliki keadaan sosial dan ekonomi yang relatif buruk. Walaupun tidak semua anak yatim, piatu maupun yatim piatu memiliki jenis keadaan yang seperti itu, namun ini juga berdampak bagi sebagaian besar anak-anak dengan kondisi tersebut. jadi, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mendirikan sebuah yayasan yang bisa menampung anak-anak tersebut dan nantinya berguna bagi keberlangsungan hidup mereka. Jadi, ini akan memebrikan sebuah kepuasan sosial dan setidaknya bisa menolong sekalangan anak-anak yatim piatu yang membutuhkan.

5. Rumah Penampungan Disabilitas, Tunanetra dan Pengemis

Setidaknya, ada banyak orang yang kurag beruntung diakibatkan oleh keterbatasan fisik mereka. Misalnya saja para penyandang disabilitas dan tunanetra yang pastinya akan sulit mendapatkan pekerjaan dengan keadaan tersebut. Jadi, hal terbaiik yang bisa dilakukan untuk mengantisispasi hal tersebut adalah dengan memberikan sebuah penampungan atau tempat yang layak agar mereka bisa beristirahat dan bahkan berkarya. Ini juga berlaku bagi para pengemis yang setidaknya akan melakukan aksi meminta minta dijalanan. Ini juga baik untuk menghindari penyebab kecelakaan lalu lintas.

6. Seminar dan Penyuluhan

Mel;akukan kegiatan penyuluhan maupun sminar-seminar tertentu tanpa dipungut biaya yang besar atau bahkan gratisan adalah salah satu contoh lainnya. Dengan adanya hal ini, akan ada banyak yang belajar dan menggunakan hal tersebut agar bisa mendapatkan hal yang positif. Para peserta juga bisa berpartisipasi dan melakukan hal terbaik agar bisa mendapatkan yang mereka inginkan. Jadi, ini sangat bagus untuk pengembangan diri dan pengembangan karir setiap orang.

7. Pembagian Sembako

Pernah mendapatkan pembagian sembako dengan harga yang wajar dan masih bisa diterima oleh semua kalangan? ini juga menjadi salah satu aksi peduli sosial yang sangat baik diterapkan dan seringkali menjadi salah satu motif ekonomi. Tak jarang ini dilakukan oleh individu maupun kelompok untuk memberikan harga yang terjangkau dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

8. Aksi Puskesmas Keliling

Ini juga menjadi salah satu motif yang kerap digunakan oleh individu maupun kelompok agar bisa memberikan yang terbaik bagi lingkungan sosial mereka. Setidaknya, puskesma keliling ini akan memberikan bantuan kesehatan dan kemudahan bagi warga yang tidak memiliki kendaraan pribadi dan sedang mengalami sakit. Ini akan membuat layanan kesehatan jadi lebih mudah dan bisa dijangkau dengan baik apalagi bagi rakyat-rakyat yang jhidupnya masih jauh diatas kata cukup.

Demikianlah beragam contoh motif ekonomi untuk berbuat sosial yangbisa kami rangkum kali ini. Jika ditinjau lebih dalam, maka akan ada banyak lagi contoh motif-motif ekonomi lainnya yang berguna bagi sosial dan lingkungan sekitar. Kita hanya perlu fokus pada masalah dan mencari solusi atau jalan keluar yang lebih baik.

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro