Sponsors Link

11 Cotoh Motif Ekonomi Pengusaha Yang Mendasari Kegiatan Produksi

Seperti halnya contoh motif ekonomi konsumen, maka contoh motif ekonomi pengusaha ini juga tidak akan jauh berbeda. Dimana ada beberapa contoh motif ekonomi pengusaha yang akan mendapasari adanya profesi tersebut. Dimana pengusaha adalah orang yang menggembangkand amendirikan sebuah usaha agar bisa bertahan hidup, menghasilkan uang dan mengembangkan hobi mereka. Namun, secara umum berikut beberapa contoh m,otif ekonomi pengusaha yang wajib diketahui:

1. Motif Intrinsik

Ini merupakan jenis motif yang biasanya akan ada pada setiap diri pengusaha dimana mereka ingin melakukan usaha atau kegiatan ekonomi murni dari diri mereka sendiri tanpa ada tekanan, paksaan dan campur tangan dari pihak lain atau yang dinamakan faktor eksternal.  Misalnya saja jika kita merasakan lapar maka kita akan langsung makan dan ketika merasakan menagntuk akan langsung tidur. Ini juga yang terjadi pada sang pengusaha, mereka merasakan akan melakukan sesuatu yang menghasilka untuk dirinya sendiri.

2. Motif Ekstrinsik

Ini merupakan jenis motif ekonomi pengusaha yang pastinya bisa datang dari diri mereka sendiri karena sudah dipengaruhi oleh beragam faktor eksternal lainnya. Misalnya saja ketika sesoerang mengetahui bagaimana prospek usaha yang bisa dihasilkan rekan atau temannya, hingga ia berkeinginan untuk melakukan hal yang sama dan meraih keuntungan yang sama juga.

3. Motif Individu

Ini merupakan salah satu kotif yang sama halnya dengan motif ekonomi distributor, ini merupakan motif yang memang ada berdasarkan keinginan dari sang pengusaha itu sendiri, bisa didasari oleh banyak hal, namun tetap saja diri sendirilah yang mendorong untuk melakukan kegiatan ekonomi tersebut. Walaupun emmang ada banyak motif lain yang mendasari mengapa seorang pengusaha melakukan tindakan atau kegiatan ekonomi tersebut tentunya.

4. Meningkatkan Taraf Hidup

Pastinya tidak satu orang atau dua orang terperinci saja yang menginginkan perbaikan dan kesejahteraan dari hidup mereka, dan ini jugalah yang mendasari mengapa seorang pengusaha ingin melakukan tindakan ekonomi. Dimana sorang manusia memang akan secara sengaja akan selalu ingin meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. Jadi, semua yang ada di dalam hidup mereka akan ada secara seimbang seperti pemuasan keadaaan dan taraf yang diperlukan untuk memperbaiki kehidupan mereka.

5. Aktualisasi Diri

Seperti halnya motif ekonomi dalam kehidupan sehari-hari, maka salah satu contoh motif ekonomi pengusaha ini adalah untuk aktualisasi diri. Dimana seseorang akan mendapati sebuah keinginan ataupun hasrat agar bisa dihargai dan diakui oleh orang lain dan lingkungan. Inilh hal yang menjadi salah satu dasar mengapa seorang pengusaha ingin melakukan kegiatan ekonomi misalnya saja untuk mengembangkan dan memulai sebuah usaha apapun dengan hal tersebut nantinya mereka bisa membeli hal yang lebih mewah. Misalnya saja dengan melengkapi hidupnya dnegan rumah mewah, mobil baru dan perhiasan berharga.

6. Mencapai Kekuasaan Ekonomi

Kebanyakan pengusaha pastinya akan emiliki keinginan agar bisa mendapatkan kekuatan dan kekuasaan ekonomi daru usaha atau bisnis yang sedang mereka geluti atau yang akan mereka jalankan nantinya. Dan tak jarang motif dasar seperti inilah yang mendasari mereka untuk melakukan hal yang lebih baik, lebih banyak dan tentunya untuk menunjang prospek bisnis atu usaha mereka nantinya.

7. Motif Sosial

Tentunya, ada banyak hal yang juga mendasari lagi mengapa seorang pengusaha akan tetap menjalankan dan memulai sebuah kegiatan ekonomi misalnya saja dengana danya motif sosial ini. Misalnya saja keinginan untuk diakui dilingkungan sosial mereka. Dan bahkan tak jarang pengusaha melakukan sebuah kegiatan ekonomi hanya untuk membantu mensejahterakan orang-orang lain di kalangan atau di daerah tertentu. Misalnya saja pendirian sebuah koperasi yang didasari keinginan agar bisa mensejahterakan anggota dari koperasi tersebut kedepannya.

8. Motif Organisasi

Ini merupakan salah satu motif yang menggerakkan pengusaha untuk melakukan tindakan atau kegiatan ekonomi. Dimana kegiatan ekonomi ini dilakukan atas dasar keinginan atau keperluan sebuah organisasi maupun kelompok tertentu yang menginginkan atau membutuhkan hal tersebut nantinya.

9. Produksi Barang

Tentu saja hal yang mendasari pengusaha melakukan sebuah kegiatan ekonomi adalah untuk menghasilkan atau memperoduksi barang apapun sesuai dengan keinginan dan kriteria dari bsinis atau usaha yang sedang dijalankannya.

10. Mencari Keuntungan

Tentu saja ini menjadi alasan utama mengapa seorang pengusaha melakukan aktifitas ekonomi atau menghasilkan barang maupun jasa dan pastinya adalah untuk meraih dan menghasilkan keuntungan. Dimana keuntungan ini diharapkan bisa didapatkan secara berkelanjutan dan meningkatkan kualitas kehidupan mereka.


11. Motif Menjaga Keberlanjutan Perusahaan

Meskipun ada banyak pengusaha yang nantinya akan membangun dan mengembangkan perusahaan, tapi tidak semuanya bisa secara bertahap berkembang dan mempertahankan kontinuinitas perusahaan mereka. Jadi, motif ini juga menjadi dasar mengapa seorang pengusaha ingin melanjutkan usaha mereka tersebut dan tetap bertahan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro