Sponsors Link

Contoh Kebutuhan Kolektif dalam Perekonomian

Kebutuhan adalah segala barang maupun bahan yang diperlukan setiap individu untuk bertahan hidup, seperti contohnya makanan, pakaian, tempat tinggal, listrik, air dan lain – lain. Setiap orang masing- masing memiliki kebutuhan yang berbeda – beda. Hingga saat terjadi revolusi industri, sebagian besar mayoritas dari populasi orang di seluruh dunia mengalami kesulitan mengakses kebutuhan dasar untuk bertahan hidup. Dalam kehidupan, kebutuhan tidak dapat terpenuhi tanpa melakukan interaksi sosial.

Kebutuhan manusia dapat dibagi menjadi 2 apabila berdasarkan subjek yang membutuhkan kebutuhan,yaitu kebutuhan individu dan kebutuhan kolektif. Kebutuhan individu atau disebut juga kebutuhan pribadi / perorangan adalah kebutuhan yang tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau perorangan. Sedangkan kebutuhan kolektif atau disebut juga kebutuhan bersama bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bersama dalam kelompok atau dalam kumpulan banyak orang dan manfaatnya dirasakan bersama.

Berikut penjelasan tentang kebutuhan individu dan kebutuhan kolektif :

  • Kebutuhan individu atau kebutuhan perorangan

Secara umum, kebutuhan individu atau kebutuhan perorangan dapat diartikan sebagai semua jenis kebutuhan yang dipenuhi oleh seorang atau setiap individu demi berlangsungnya kehidupan dan untuk memenuhi kepuasan jasmani dan rohaninya. Kebutuhan individu setiap orang berbeda, bahkan kebutuhan individu masing – masing anggota keluarga pun tidak lah sama. Kebutuhan individu ini dipenuhi dengan tujuan hanya memberikan manfaat kepada individu itu sendiri. Contoh dari kebutuhan individu atau perorangan adalah pakaian, makanan, kendaraan pribadi, sepatu dan lain- lain yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri.

  • Kebutuhan kolektif atau kebutuhan bersama

Kebutuhan kolektif atau kebutuhan bersama atau dikenal juga dengan istilah kebutuhan kelompok adalah kebutuhan yang diperlukan oleh sekelompok orang atau lembaga di pemerintahan yang berwenang untuk memenuhi kebutuhan orang banyak demi tercapainya tujuan kemudahan dan kesejahteraan masyarakat. Setiap anggota masyarakat memerlukan kebutuhan ini, dan kebutuhan ini akan dimanfaatkan oleh orang banyak secara bersama-sama. Pemenuhan kebutuhan kolektif atau kebutuhan bersama pun memerlukan upaya bersama, dan saat digunakan pun harus digunakan secara bersama- sama. Kebutuhan kolektif atau kebutuhan bersama ini muncul karena manusia harus saling berinteraksi untuk dapat memenuhi kebutuhannya yang satu dan yang lainnya.

Contoh Kebutuhan Kolektif

Berikut adalah beberapa contoh dari kebutuhan kolektif :

  1. Kebutuhan kolektif atau kebutuhan bersama yang tersedia di alam

Tidak semua kebutuhan bersama harus dibeli, dibuat atau diolah, ada juga kebutuhan bersama atau kolektif yang telah disediakan oleh alam dan bisa digunakan secara langsung tanpa perlu diolah. Contoh kebutuhan bersama yang disediakan oleh alam antara lain adalah air, udara, cahaya matahari, hutan dan lain – lain. Tugas atau peran masyarakat adalah untuk mengelola dan menjaga segala yang telah disediakan oleh alam agar dapat digunakan secara maksimal dan dapat dimanfaatkan sebanyak – banyaknya.

  1. Kebutuhan kolektif atau kebutuhan bersama yang disediakan atau diadakan pemerintah

Pihak berwenang atau pemerintah dapat di anggap sebagai pihak yang paling berpengaruh dalam pemenuhan kebutuhan bersama. Pemungutan pajak serta retribusi dari masyarakat merupakan upaya untuk menghimpun dan mengumpulkan dana yang kemudian digunakan untuk membangun sarana dan prasarana pemenuhan kebutuhan kolektif. Seperti contohnya digunakan untuk :

  • Membangun jalan sebagai sarana transportasi warga.
  • Membangun rumah sakit sebagai tempat berobat masyarakat yang sakit.
  • Membangun pasar sebagai sarana pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dan sarana proses jual beli.
  • Membangun pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.
  • Pengadaan angkutan umum sebagai sarana transportasi bagi masyarakat yang tidak mempunyai kendaraan pribadi.
  • Menggaji polisi untuk menjaga keamanan.
  • Membangun saluran air untuk mencegah terjadinya bencana banjir.
  • Membangun sekolah sebagai sarana masyarakat untuk menuntut ilmu.
  • Membangun jembatan sebagai sarana penghubung masyarakat antar kota atau antar desa.

Pemenuhan kebutuhan kolektif sendiri terkandang mengalami beberapa kendala dan bertentangan dengan kebutuhan individu. Misalnya saja pengadaan trotoar untuk tempat berjalan para pejalan kaki yang merupakan kebutuhan kolektif karena bermanfaat bagi banyak orang, namun kadang ditentang atau dilanggar oleh para pedagang kaki lima untuk berjualan di trotoar. Karena menurut pedagang kaki lima, berjualan di trotoar atau di sekitar trotoar adalah kebutuan individu mereka.

Karena pemerintah dianggap pihak eksekutif yang paling berwenang dalam penyediaan atau pemenuhan kebutuhan kolektif, maka apabila ada kebutuhan kolektif berupa sarana atau prasarana yang tidak dapat terpenuhi, maka masyarakat akan melakukan protes atau menuntut kepada pemerintah. Pemenuhan kebutuhan kolektif sendiri bertujuan untuk menjaga kesejahteraan, keharmonisan serta kenyamanan bersama karena apabila gagal untuk terpenuhi, yang merasakan dampaknya bukan hanya satu orang saja, melainkan hampir seluruh masyarakat.

Berikut diatas telah dijelaskan macam – macam kebutuhan berdasarkan subyek yang membutuhkannya serta contoh – contoh dari kebutuhan kolektif atau kebutuhan bersama.

,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro