Sponsors Link

3 Contoh Jurnal Pajak dan Penjelasan Lengkap

Salah satu contoh jurnal pajak adalah JPI atau jurnal pajak Indonesia. Ini merupakan sebuah jurnal yang diterbitkan secara berkala dan ini juga mengusung banyak tema seperti contoh pajak profesional. beberapa tema yang diangkat dalam jurnal pajak Indonesia ini adalah :

ads
  • Pajak Penghasilan
  • Pajak Pertambahan Nilai
  • PPn BM
  • KUP
  • Bea Meterai
  • Penagihan Pajak dengan Surat Paksa
  • Sengketa
  • Pengadilan Pajak
  • Akuntansi Pajak
  • Perencanaan Pajak
  • Pemeriksaan, Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak
  • Perpajakan Internasional
  • PBB
  • BPHTB
  • PDRD Lainnya
  • Penerimaan Negara

Jurnal Pajak ini akan diterbitkan secara berkala dan biasnaya akan ada setiap sekali dalam 6 bulan. Dimana JPI ini memuat karya tulis dan bentuk artikel yang nantinya akan ditulis oleh para akademisi, pemerhati masalah dan praktisi. Nantinya pihak yang dikenakan beban PPn adalah PKP atau pengusaha kena pajak bisa berupa individual maupun sebuah badan usaha atau perusahaan. PKP ini nantinya yang akan dibebankan tugas untuk pemungutan PPn ketika hendak melakukan penjalan jasa maupun penjalan barang tertentu. Hingga nantinya PKP akan memungut Pajak Keluaran berupa PPN yang biasa dikenal dnegan singkatan PK. Dan tentu saja PKP ini juga akan dikenakan pajak jika membeli barang maupun jasa terkena pajak dan ini juga nantinya akan menggunakan prosedur yang sama.

Jurnal Pajak

Jurnal pajak berisi berbagai artikel dan berita singkat yang harus membuat pembaca relatif terbarui tentang perkembangan baru dalam satu atau lebih bidang undang-undang perpajakan. Artikel-artikel ini mungkin menyediakan, misalnya, tinjauan mendalam tentang kasus pengadilan yang baru diputuskan. Majalah pajak dapat dikategorikan berdasarkan kedalaman cakupan artikel mereka seperti pengaruh inflansi terhadap daya tukar rupiah. Dari cakupan yang paling luas hingga yang paling sedikit, mereka adalah sebagai berikut:

  • Prosiding Tahunan : Sejumlah pertemuan tahunan praktisi pajak dilakukan setiap tahun. Biasanya, para penulis makalah yang dipresentasikan di konferensi memungkinkan karya-karya mereka diterbitkan oleh lembaga sponsor sebagai proses pertemuan untuk distribusi. Sebagian besar makalah ini menunjukkan cakupan yang luas dan wawasan praktis oleh penulis, dan mereka dapat menjadi sumber daya berharga untuk penelitian pajak Anda.
  • Ulasan Cendekia : Beberapa sekolah hukum dan bisnis, atau organisasi mereka, menerbitkan jurnal ilmiah. Banyak artikel pajak akademis mengikuti pengantar topik yang dipilih penulis dengan sejarah singkat hukum yang menjadi pokok kajian. Para penulis kemudian menyajikan analisis status yang berlaku dari bidang hukum yang dipilih, biasanya berkonsentrasi pada kasus saat ini atau peraturan yang baru dikeluarkan.
  • Jurnal Profesional : Sebagian besar jurnal pajak utama diterbitkan setiap bulan. Dengan demikian, artikel-artikel tersebut cenderung merupakan penjelasan dari undang-undang baru atau tinjauan praktis dari hukum yang ada. Sebagian besar artikel menyertakan contoh hipotetis atau transaksi yang relevan. Setiap perubahan besar dalam undang-undang perpajakan, atau pendapat pajak Mahkamah Agung yang penting akan menelurkan banyak artikel di berbagai terbitan berkala, dengan topik yang sama atau serupa.
  • Dokumen Mingguan : Layanan pajak utama juga menyertakan buletin pajak sebagai bagian dari layanan mereka. Sebagian besar buletin ini diterbitkan setiap minggu. Mereka dirancang untuk memberi Anda ringkasan kapsul dari modifikasi undang-undang pajak dan referensi ke paragraf dalam bahan kompilasi yang berisi analisis yang lebih rinci.

Contoh Jurnal Pajak

Untuk emmeudahkan pengertian akan jurnal pajak seperti jenis pajak perusahaan, berikut beberapa contoh yang akan disajikan:

1. Jurnal Akuntansi PPN Keluaran

Ini adalah pajak keluaran yang sebenanrnya milik dari pemerintah sehingga pajak keluaran ini termasuk tanggungan hutang oleh PKP.  Misalnya saja pada tanggal 24 Januari 2019 Salah satu PT menjual barang dagangan mereka dnegan harga Rp. 200.000. Maka jumlah pajak keluaran yang akan dibayarkan adalah sebanyak 10% dari harga jual yang telah ditetapkan tadi.

2. Jurnal Akuntansi PPN Masukan

Ini merupakan jenis pajak yang bisa diklaim pada negara. Ini adalah jenis pajak yang sebelumnya ada di dalam kredit akun jrnal pajak PKP. Misalnya saja ketika tanggal 24 Januari 2019 salah satu PT melakukan pembelian terhadap sebuah barang dangangan yang dimiliki oleh PT yang lainnya dengan harag beli barang tersebut adalah Rp 50.000 sehingga banyaknya nilai PPn yang akan dibayarkan adalah sebesar RP 5.000.


3. Jurnal Akuntansi Pembayaran PPN

Dan jika kita membahas aakan masalah pajak pengeluaran, atau PK ini maka ini akan termasuk didalamnya PM yang terhitung dalam satu bulan.  Jika misalnya jumlah PM labih kecil dari pada PK maka PKP tetap harus membayar jumlah selisih dari kedua jenis pajak tersebut pada negara dan instansi yang bersangkutan.

Nah, demikainalah 3 contoh jurnal pajak yang bisa kita gunakan sebagai acuan pembelajaran akan ketetapan undang-undang dan peraturan negara yang mengikat PKP dengan masalah pajak yang berlaku.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Perpajakan