Sponsors Link

7 Cara Memulai Usaha Aksesoris Pati Laku dan Sukses

Usaha aksesesoris merupakan salah satu jenis usaha yang cukup banyak penggemarnya. Selain cara memulai usaha aksesesoris yang mudah, usaha aksesoris merupakan usaha yang memiliki banyak penggemar. Kelebihan-kelebihan inilah yang menjadikan usaha aksesoris menjadi bisnis rumahan modal kecil yang menguntungkan.

ads

Walaupun cukup menguntungkan, nyatanya belum terlalu banyak orang yang menganggap usaha aksesoris sebagai jenis usaha yang menggiurkan. Salah satunya adalah karena untuk memulainya, usaha aksesoris membutuhkan banyak variasi produk agar pelanggan memiliki banyak pilihan sebelum membeli. Namun walaupun seperti itu, usaha aksesoris merupakan jenis usaha yang memiliki prospek yang cukup cerah dengan perputaran modal yang cepat. Dan jika anda ingin memulai usaha ini, berikut cara-cara memulai usaha aksesoris yang harus anda coba:

  1. Bidik Target Konsumen

Cara memulai usaha aksesesoris yang pertama adalah target konsumen. Ini adalah hal yang paling dasar yang harus anda miliki sebelum memulai usaha apapun. Karena dengan memilikinya, usaha anda akan terarah dan anda bisa menentukan strategi-strategi lain setelahnya.

Salah satu penyebab usaha selalu gagal adalah karena tidak jelasnya target konsumen mereka. Apakah target mereke ibu-ibu arisan? Anak sekolahan? Pegawai kantoran? Dengan memiliki target konsumen, pada akhirnya anda akan tahu karakter pelanggan sehingga tahu harus menjual apa, dimana, dan dengan harga berapa.

  1. Perbanyak Variasi Produk

Cara selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memperbanyak variasi produk. Bagi banyak pengusaha aksesoris, memperbanyak variasi menandakan modal yang cukup besar. Hal itu benar namun ternyata tidak berlaku untuk mua pengusaha aksesoris. Pasalnya, Jika anda memiliki target konsumen yang jelas, anda akan tahu produk apa saja yang paling banyak dicari oleh mereka. Jadi, target konsumen merupakan hal dasar yang harus anda miliki jika anda tidak ingin mengeluarkan modal besar karena membeli barang secara membabi buta.

  1. Buka Layanan Konsultasi

Ini adalah cara memulai usaha aksesoris lain yang bisa anda coba. Yaitu dengan membuka layanan konsultasi. Biasanya cara ini dilakukan oleh para pengusaha butik. Karena mereka selain melayani pengerjaan busana juga melayani konsultasi tentang cara berpenampilan yang baik. Disaat inilah kemudian anda bisa menawarkan aksesoris yang anda jual kepada konsumen untuk mempercantik penampilan. Dengan cara ini, jarang ada konsumen yang menolak produk anda karena mereka sangat mempercayai anda sebagai konsultan penampilan mereka.

  1. Produk Uptodate

Seperti kita tahu, aksesoris merupakan satu jenis trend yang selalu berubah. Karena itulah anda harus mengikuti perkembangannya untuk tahu mana produk yang uptodate dan mana produk yang sudah tertinggal zaman. Hal ini karena aksesoris selalu mengikuti perkembangan mode berpakaian yang terus berubah. Selalu mengikuti perkembangan produk merupakan salah satu ciri-ciri usaha yang baik karena mereka akan selalu tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar. 

Sponsors Link

  1. Berikan Diskon

Diskon adalah satu cara yang selalu menjadi andalan banyak pengusaha untuk menarik hati pelanggan. Dengan adanya diskon, banyak pelanggan yang rela kembali untuk membeli produk yang berbeda atau membeli dalam jumlah yang lebih banyak. Diskon inilah yang harus anda terapkan dalam usaha aksesoris untuk mendongkrak penjualan.

Walaupun usaha anda masih tergolong baru, diskon ternyata tetap bisa diterapkan. Hanya saja, yang perlu anda terapkan kemudian adalah cara konsumen mendapatkan diskon tersebut. Salah satu caranya adalah seperti konsumen hanya akan mendapatkan diskon 30% jika membeli produk aksesoris lebih dari 5 item.

ads

Seperti telah dijelaskan diawal, diskon sudah menjadi andalan banyak pengusaha untuk mendongkrak penjualannya. Begitu juga dengan produk makanan. Dimana diskon merupakan salah satu cara memulai usaha kue rumahan yang paling sering diterapkan.

  1. Dekorasi Tempat

Tempat merupakan faktor penting yang harus anda miliki untuk memulai sebuah usaha. Selain harus memiliki lokasi yang strategis, dekorasi tempat juga merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Dengan dekorasi yang tepat, tata letak yang rapi, dan tempat yang bersih, konsumen anda dipastikan akan betah berlama-lama berada ditempat anda dan kemungkinan untuk menjadi pelanggan tetap akan semakin besar.

  1. Kenakan Aksesoris Anda

Inilah cara memulai usaha aksesoris yang cukup ampuh selain diskon. Yaitu mengenakan aksesoris anda kapanpun anda memiliki kesempatan. Namun, tidak semua aksesoris dapat digunakan untuk poin ini karena anda harus menyesuaikan aksesoris dengan pakaian yang anda kenakan. Pakaian yang senada dengan aksesoris akan menambah nilai penampilan anda.

Tujuan dari pengenaan aksesoris anda saat ada kesempatan adalah proses pengenalan produk kepada banyak orang. Itulah kenapa aksesoris harus disesuaikan dengan pakaian yang anda kenakan agar menarik perhatian orang-orang disekeliling anda dan memancing mereka untuk bertanya tentang aksesoris itu. Saat mereka bertanya itulah kesempatan anda untuk menjelaskan dan memperkenalkan usaha aksesoris anda kepada mereka.

  1. Garansi

Selanjutnya adalah cara yang jarang digunakan para pengusaha aksesoris. Salah satu sebabnya adalah karena harga aksesoris yang murah. Namun, walaupun seperti itu, garansi adalah cara yang cukup ampuh untuk mempertahankan konsumen anda. Hanya saja, sebelum menerapkan cara ini, yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa aksesoris yang anda jual memiliki kualitas yang baik untuk meminimalisir kerusakan sehingga mengakibatkan garansi. Selain itu, untuk meminimalisir claim kerusakan, anda juga bisa membuat ‘Syarat dan Ketentuan’ sehingga tidak semua kerusakan bisa anda ganti. Tidak adanya garansi atas produk yang dijual merupakan salah satu penyebab usaha selalu gagal karena kepercayaan konsumen anda yang menjadi taruhannya. Konsumen yang kecewa pasti tidak akan kembali lagi.

  1. Media Sosial

Media sosial sudah menjadi sebuah keharusan untuk dimiliki pada saat ini. Karena media sosial sudah menjadi budayaan tersendiri karena dapat mempertemukan banyak orang tanpa bertemu secara langsung. Jadi, dengan mempelajari media sosial, anda bisa memperkenalkan usaha anda kepada banyak orang dalam waktu yang relatif singkat tanpa mengeluarkan dana secara berlebih.

Tidak hanya itu, bahkan kini berjualan dengan menggunakan media sosial juga sedang trend terbaru dimana nilai penjualannya terkadang lebih besar dibandingkan berjualan secara tradisional. Media sosial adalah salah satu cara memulai usaha dari nol yang harus anda coba jika modal yang anda miliki terbatas. 

Sponsors Link

  1. Ciptakan Trend

Cara cepat mendapatkan penjualan dari usaha aksesoris adalah dengan memanfaatkan trend. Itulah kenapa anda harus memiliki produk yang uptodate sehingga ketika trend sedang berlangsung, produk anda bisa menjadi pilihan untuk dibeli. Lalu bagaimana jika tidak ada trend? Andalah tang harus menciptakannya sendiri dimana salah satu sarana untuk menciptakan trend tersebut adalah dengan menggunakan media sosial. Jadi, semakin akrab anda dengan media sosial, akan semakin mudah anda dalam menjalankan usaha ini.

  1. Reseller

Cara memulai usaha aksesoris selanjutnya adalah dengan tehnik reseller. Jika trend yang anda buat berhasil dan penjualan anda meningkat, mencari reseller adalah cara yang tepat untuk mempertahankan penjualan anda. Inilah cara menciptakan peluang usaha produk kerajinan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal, dengan memiliki reseller, penjualan anda bisa naik beberapa persen dibandingkan tidak memilikinya.

Itulah 11 cara memuai usaha aksesoris yang bisa anda coba mulai besok pagi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis