Sponsors Link

4 Cara Memulai Bisnis Aquascape Paling Mudah dan Menguntungkan

Siapa yang tidak mengenal atau bahkan belum pernah melihat aquarium? Pasti kebanyakan dari kita telah mengenal bahkan mengerti tentang aquarium dan berbagai aksesoris di dalamnya. Aquarium yang tertata dengan baik serta rapi sekaligus dengan berbagai ikan yang ada di dalamnya tentunya akan memanjakan banyak mata yang melihatnya bukan? Pastinya banyak yang akan tertarik untuk memiliki dan memajang jenis aquarium tersebut. Istilah aquascaping pastinya tidak akan terdengar asing lagi bagi para penggemar ikan hias beserta berbagai tanaman taat yang berada di aquarium. Ini merupakan bisnis yang cukup di gemari walaupun harus mengetahui terlebih dahulu tentang cara memulai usaha dari nol.

ads

Indonesia, sebuah negara berkembang yang juga mengikuti perkembangan trend di dunia juga telah memiliki berbagai jenis bisnis aquascape yang di minati. Walaupun masih tergolong jenis bisnis yang belum begitu familiar, namun bisnis ini termasuk ciri-ciri bisnis yang beretika. Jenis bisnis aquascape ini juga terbagi menjadi 2 yaitu air laut dan air tawar. Sedangkan peluang usaha yang di janjikan oleh bisnis aquascape ini sendiri akan terbagi menjadi 3 yaitu :

  1. Jasa untuk program perancangan atau jasa set up dari aquascape, ini merupakan pelayanan yang akan menjual berbagai produk yaitu pemilihan jenis tanaman yang akan di masukan ke dalam aquarium, desain, ikan dan juga pemasangan kedalam aquarium tersebut.
  2. Jasa yang berkembang ke dalam budidaya tanaman dan ikan yang di pelihara di dalam aquarium.
  3. Hanya berfokus kedalam menjal berbagai produk aquarium seperti ikan, tanaman hias, batu hias, berbagai aksesoris, peralatan dan berbagai pakan untuk bisnis aquascape ini.

Nah jika anda tertarik untuk menjalankan bisnis aquascape ini yang juga termasuk kedalam ciri-ciri usaha mikro, berikut ini cara memulai bisnis aquascape

  • Persiapan Media Tanam

Tentunya anda membutuhkan persiapan dari media tanam jika hendak memulai bisnis aquascape ini. Penggunaan media tanam yang baik akan menghasilkan kecepatan pertumbuhan yang optimal ketika anda akan melakukan penanaman dan penataan tanaman air di dalam aquarium. Biasanya jenis media tanam yang umum di pakai adalah soil atau pasir yang memiliki tingkat atau kadar pH mencapai 6,5. Atau banyk juga yang memakai media tanam berupa pasir dengan campuran tanah.

  • Pelajari Desain Unik

Karena pada bisnis aquascape ini adalah bisnis di mana anda akan memberikan keindahan di dalam aquarium, maka anda juga harus terampil dan memiliki skill yang baik dalam mendesign aquarium. Buatlah tampilan dengan campuran berbagai produk yang menarik agar banyak yang memesan jasa anda. Misalnya saja melakukan padu padan yang menarik antara tanaman hias air, ikan hias dan berbagai aksesoris tambahan agar terlihat rapi dan menarik.

Sponsors Link

  • Persiapan Peralatan

Adanya banyak peralatan baik berupa peralatan utama maupun peralatan tambahan yang di perlukan dalam pengembangan bisnis aquascape ini. Misalnya saja alat chiller, alat ini akan menjaga keseimbangan suhu dari aquarium agar berbagai tanaman di dalamnya tidak mudah rusak dan mati. Lampu, lampu juga berperan penting dalam sebuah aksesoris di aquarium, karena cahaya lampu dapat menggantikan cahaya matahari. Beberpa peralatan lain yang juga di perlukan adalah tabung oksigen dan pupuk cair.

Nah itulah beberapa ulasan tentang cara – cara yang anda perlu ketahui dalam memulai bisnis aquascape. Mempelajari teknik sebelum memulai sebuah usaha adalah awal yang bagus agar terhindar dari kegagalan, Selamat mencoba!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis