Sponsors Link

13 Cara Memulai Usaha Kue Rumahan Paling Menguntungkan

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang selalu menjanjikan tak ayal apabila bisnis ini memiliki banyak peminta. Bisnis kuliner seolah menjelma menjadi peluang usaha yang tidak akan pernah mati seiring dengan pemenuhan kebutuhan pokok manusia. Banyak bidang kuliner yang berpeluang untuk dijadikan lahan usaha Anda salah satunya adalah bisnis kue rumahan. (baca: Cara Memulai Bisnis Makanan  )

ads

Kue merupakan makanan yang hampir selalu ada pada saat perayaan-perayaan tertentu. Jika Anda adalah seseorang yang mempunyai bakat dan hobi membuat kue di rumah maka tidak ada salahnya untuk menjadikan hobi tersebut sebagai peluang usaha bagi Anda. Kue merupakan makanan yang hampir semua orang menyukainya. Bahkan pada momen-momen tertentu penjualan kue dapat meningkat pesat. (baca: Cara Memulai Bisnis Kuliner )

Pada saat ini sudah mulai banyak pelaku usaha penjualan kue rumahan. Hal tersebut tentu akan memudahkan konsumen karena terdapat banyaknya pilihan. Namun juga akan menjadi tantangan bagi Anda yang akan memulai bisnis ini. Untuk itu agar bisnis kue rumahan Anda dapat berjalan dengan lancar ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk bisnis Anda.

  1. Pengetahuan dan Keahlian

Sebelum memulai usaha kue rumahan Anda harus mempunyai pengetahuan dan keahlian dalam mengolah bahan-bahan hingga menjadi kue yang lezat. Persiapkan diri Anda dengan mempelajari berbagai seluk beluk mengenai pembuatan kue. Jika Anda telah mahir dan memiliki keyakinan yang mantap barulah Anda dapat memulai usaha kue rumahan Anda.

  1. Mempersiapkan Dapur Produksi

Karena ini adalah bisnis rumahan tentunya tempat produksi Anda adalaha dapur rumah Anda sendiri. Biasanya dapur rumah memiliki ukuran yang tidak terlalu besar tetapi kebersihannya selalu terjaga jika dibandingkan dengan dapur produksi dalam skala besar. Anda harus dapat mempertimbangkan kondisi dapur Anda apabila ingin memproduksi kue dalam skala yang besar. Pemakaian dapur rumah juga dapat memangkas ongkos transportasi Anda. (baca: Cara Bisnis Properti Kecil Kecilan )

Artikel menarik lainya:

  1. Selalu Perhitungkan Harga Bahan

Penting bagi para pelaku usaha untuk selalu memperhitungkan harga bahan-bahan produksinya. Begitu juga pada usaha kue rumahan, bahan-bahan pembuatan kue biasanya terdiri dari berbagai macam komponen. Perhitungan yang tepat tentunya akan semakin menekan biaya produksi Anda dan Anda dapat terhindar dari kerugian. (baca: 5 Cara Bisnis Arisan Paket Lebaran )

Sponsors Link

  1. Pemilihan Alat dan Bahan

Bagi Anda yang baru memulai bisnis kue rumahan maka angkatlah produk Anda dengan menyuguhkan kualitas kue yang terbaik bagi para konsumen. Untuk mengangkat kualitas tersebut maka selalu gunakan bahan-bahan dan alat produksi yang terbaik. Pastikan juga alat dan bahan tersebut aman digunakan untuk makanan terutama pada bahan Anda harus memastikan bahwa penggunaan bahan tersebut diperbolehkan dan tidak membahayakan untuk kesehatan. Jika Anda memutuskan untuk memakai bahan tambahan pangan (BTP) pastikan agar penggunaannya tidak menyalahi dosis yang telah diatur oleh pemerinta dalam hal ini BPOM. (baca: Cara Sukses Bisnis Air Minum Isi Ulang )

  1. Membaca Selera Pasar

Anda dapat mencari info lewat berbagai media tentang kue apa yang penjualannya paling laris di kalangan masyarakat. Dengan begitu Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk selalu memproduksi kue-kue yang memang sedang terkenal di kalangan konsumen. Konsumen cenderung untuk membeli produk yang memang sedang terkenal atau sedang dalam trend positif. (baca: Ciri Ciri Usaha yang Potensial )

  1. Menyediakan Banyak Pilihan

Konsumen Anda dapat berasal dari berbagai kalangan yang memiliki selera yang berbeda-beda. Untuk dapat menjangkau keinginan dan selera konsumen Anda dapat menyediakan berbagai macam pilihan produk kue Anda. Konsumen akan tertarik untuk membeli apabila produsen memiliki banyak pilihan produknya. (baca: 5 Cara Bisnis Aki Bekas Paling Menjanjikan)

ads
  1. Manfaatkan Moment

Penjualan kue biasanya akan mengalami peningkatan pada momen-momen tertetnu misalnya pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri dan perayaan Natal. Manfaatkanlah momen tersebut untuk mempromosikan produk Anda. Anda dapat memberikan harga promo pada saat-saat tertentu untuk dapat menarik perhatian konsumen. (baca: Cara Bisnis Potong Ayam )

  1. Menjaga Kualitas Produk

Konsumen sudah tentu hanya akan membeli produk terbaik. Untuk itu Anda harus selalu menjaga dan mengutamakan kualitas produk kue Anda. Untuk menjaga kualitas yang baik Anda harus membuat kue tersebut juga dengan bahan-bahan terbaik. Serta yang tidak kalah penting adalah sistem pengepakan kue Anda. Pengepakan yang baik dan benar maka akan menjaga kualitas kue produksi Anda tetap baik hingga sampai ke tangan konsumen. Selain itu pengepakan yang baik juga akan menambah masa simpan kue tersebut.

Artikel lainya:

  1. Manfaatkan Media Sosial

Jika Anda memutuskan untuk mengembangkan usaha kue rumahan maka peranan sosial media akan sangat penting. Manfaatkanlah sosial media untuk memasarkan dan mempromosikan produk Anda. Jangkauan media sosial sangatlah luas, hal ini akan memungkinkan Anda untuk menambah pelanggan Anda. Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas berbagi gambar yang banyak tersedia di media sosial. Pajanglah foto terbaik dari kue buatan Anda yang akan membuat konsumen tertarik untuk membelinya. Manfaatkan juga website jual beli online untuk dapat mempermudah transaksi Anda dengan pembeli.

  1. Membuat Catatan Usaha

Catatlah berbagai transaksi yang terdapat dalam usaha Anda, termasuk di dalamnya resep-resep pembuatan produk Anda. Hal ini penting apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkannya maka semuanya sudah tercatat dengan baik. Catat juga pengeluaran dan pendapatan Anda sehingga Anda dapat mengontorol keuangan dari bisnis Anda. Gunakanlah dana usaha dengan bijak, fokuskan dana tersebut untuk mengembangkan usaha Anda.

  1. Inovasi

Produk yang enak memang hal penting namun Anda juga dapat melakukan inovasi pada bisnis Anda. Konsumen akan tertarik dengan hal baru dan menarik, Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk dapat membuat terobosan baru bagi produk Anda. Inovasi harus tetap diimbangi dengan selalu menjaga mutu dan kualitas produk Anda. Karena mutu dan kualitas menjadi hal utama yang selalu dicari oleh konsumen.

  1. Berikan Harga Yang Bersaing

Pada awal berdirinya usaha kesampingkan dulu keinginan Anda untuk memperoleh untung yang berlimpah. Anda dapat merintisnya mulai dari bawah. Berikan harga yang kompetitif untuk konsumen Anda. Hal ini bertujuan untuk menjaring lebih banyak konsumen agar tertarik untuk membeli produk Anda. Meskipun hasil penjualan hanya cukup untuk biaya modal hal itu bukanlah masalah apabila Anda telah memiliki banyak pelanggan. Setelah dirasa sudah memiliki banyak pelanggan barulah Anda dapat mengatur ulang harga jual produk Anda sesuai dengan yang sudah Anda rencanakan.

  1. Mulailah Dari Sekarang

Anda termasuk pemenang apabila Anda memulai usaha Anda dari sekarang. Orang-orang gagal adalah mereka yang selalu menunda-nunda sesuatu serta banyak beralasan. Ingatlah bahwa bisnis yang baik adalah yang dijalankan bukan yang dipikirkan. Maka dari itu mulailah dari sekarang.

Itulah berbagai cara yang dapat dilakukan oleh Anda yang tertarik untuk menggeluti usaha kue rumahan. Semoga cara-cara tersebut akan semakin meyakinkan Anda untuk menjalankan suatu usaha. Meskipun hanya sebagai usaha rumahan bukan tidak mungkin bisnis Anda akan berkembang suatu hari. Karena setiap usaha pasti selalu dimulai dari bawah.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,