Sponsors Link

8 Cara Memulai Usaha Burger Agar Laku Keras

Salah satu jenis bisnis yang cukup banyak penggemarnya adalah bisnis burger. Selain memiliki banyak penggemar, harga yang murah menjadikan usaha burger termasuk usaha yang memiliki prospek yang cerah. Lalu bagaimana cara memulai usaha burger?

ads

Burger adalah salah satu jenis makanan sejuta umat. Walaupun bukan makanan asli tanah air, burger tetap menjadi salah satu kuliner primadona saat berkumpul dengan teman atau keluarga. Karena itulah burger termasuk usaha kulier yang cukup menggiurkan untuk dijalankan. Namun walaupun seperti itu, pada kenyataannya, bisnis burger masih cukup jarang ditemui. Salah satunya sebabnya adalah masih sedikitnya pengetahuan tentang cara memulai usaha burger. Tapi jika anda tertarik untuk mencoba usaha burger sebagai usaha sampingan anda, anda tidak perlu lagi khawatir tentang cara memulai usaha burger ini. Berikut beberapa cara memulai usaha burger yang bisa anda jadikan panduan:

  1. Menentukan Target Pasar

Cara memulai usaha burger yang pertama adalah menentukan target pasar. Sebenarnya tidak hanya usaha burger, menentukan target pasar merupakan poin paling dasar cara memulai bisnis kuliner atau non kuliner. Hal ini terjadi karena dari menentukan target pasar, anda bisa menentukan harga serta jenis pelayanan yang bisa anda terapkan selanjutnya.

Secara umum, usaha burger biasanya dijalankan dengan pelayanan secara:

  • Langsung

Pelayanan secara langsung merupakan jenis pelayanan dimana anda akan bertemu secara tatap muka kepada pelanggan anda. Metode ini sangat ampuh bagi anda yang ingin mengenal pelanggan anda lebih jauh. Namun walaupun seperti itu, salah satu kelemahan dari pelayanan langsung adalah antrian yang panjang sehingga pelayanan menjadi lebih lamban.

  • Delivery

Pelayanan yang kedua adalah secara Delivery. Delivery adalah salah satu sistem pelayanan yang diterapkan untuk menjangkau pelanggan yang jaraknya cukup jauh. Dengan sistem ini, pelanggan tidak perlu lagi mengantri bahkan datang ke stan/kios burger anda. Mereka hanya cukup menelepon untuk memesan burger dan anda mengantarkan burger tersebut kepada mereka. Walaupun efektif karena mampu menjangkau pelanggan yang jauh, namun kondisi jalanan serta cuaca menjadi tantangan tersendiri bagi sistem ini sehingga tidak jarang pesanan telat sampai tujuan dan kondisi makanan sudah tidak hangat.

  1. Pilih Tempat

Setelah menentukan target pasar, tahap selanjutnya adalah menentukan tempat. Tidak hanya usaha burger, bahkan salah satu cara memulai usaha angkringan juga harus menentukan tempat yang cocok sehingga usaha berjalan dengan baik. Cara menentukan tempat untuk memulai usaha adalah berdasarkan siapa target pasar anda. Jika target pasar anda adalah anak sekolahan, maka carilah tempat usaha yang berdekatan dengan sekolah. Begitu juga jika target pasar anda adalah karyawan yang mengharuskan anda membuka usaha burger ini ditempat yang berdekatan dengan area kerja mereka.

Tantangan dalam menentukan tempat adalah harga. Inilah faktor yang selalu menjadi rintangan bagi pengusaha karena biasanya harga yang ditawarkan pemilik tempat terlalu tinggi. Namun, jika posisi usaha anda dekat atau mudah dijangkau oleh target pasar anda, seharusnya harga sewa tempat tidak akan menjadi halangan bagi anda karena apa yang akan anda dapatkan pasti akan lebih besar jika dibandingkan harga sewa.

Sponsors Link

  1. Modifikasi Produk

Modifikasi produk adalah tips jitu jika anda ingin memulai usaha burger. Yang perlu anda lakukan hanya memperhatikan dengan seksama produk burger kompetitor atau usaha pesaing anda untuk dimodifikasi. Inilah yang masih jarang dilakukan sehingga masyarakat selalu beranggapan bahwa burger, dimanapun keberadaan usahanya, adalah satu produk yang sama. Padahal jika anda memodifikasinya sedikit mungkin itu akan menjadi trend pasar terbaru.

Salah satu modifikasi yang bisa anda lakukan mungkin mengganti daging burger menjadi ikan. Seperti yang kita tahu, burger identik dengan daging sapi dan menjadikan masyarakat yang vegetarian tidak bisa menikmati burger. Namun jika anda memodifikasi sedikit daging tersebut menjadi daging ikan, sudah pasti ini akan menjadi kabar gembira bagi masyarakat yang vegetarian karena mereka akhirnya bisa mencicipi seperti apa burger itu. Tidak hanya usaha burger, modifikasi ini juga masuk kedalam cara memulai usaha kue rumahan sejak lama sehingga pelanggan mereka tidak bosan dan usaha tetap terus berjalan.

ads
  1. Promo

Promo adalah salah satu hal yang paling dicari oleh masyarakat. Jadi, jika anda ingin mengenalkan usaha burger anda kepada masyarakat, promo adalah cara yang tepat. Salah satu jenis promo yang paling cepat menarik konsumen adalah dengan melakukan Bundling Produk.

Apa itu Bundling Produk? Sederhanya, Bundling Produk adalah paket produk. Untuk mendongkrak penjualan produk, maka produk yang anda miliki dikelompokkan menjadi beberapa paket. Jadi, pelanggan anda hanya perlu membayar satu paket untuk mendapatkan dua atau tiga produk. Bundling Produk biasanya melibatkan produk ternama yang sudah dikenal masyarakat dengan baik. Seperti misalnya konsumen yang membeli burger anda akan mendapatkan produk minuman bermerk A secara gratis.

  1. Menentukan Nama

Bisnis kuliner termasuk bisnis yang kaya akan ide-ide kreatif untuk dapat menarik pelanggannya. Sebut saja seperti ‘Makaroni Ngoceh’ atau ‘Piscok Luber.’ Pelanggan yang penasaran dengan produk tersebut sudah dipastikan akan mencoba membeli untuk menghilangkan rasa penasarannya dan anda juga bisa menerapkan cara tersebut pada usaha burger anda.

Namun walaupun seperti itu, ternyat anda tidak bisa menerapkan sebuah nama tanpa menggambarkan produk anda. Nama yang tidak menggambarkan produk sudah pasti akan menjadikan pelanggan kecewa karena ternyata produk yang mereka inginkan tidak sesuai harapan mereka. Misalnya saja Piscok Luber yang menggambarkan bahwa produk Piscok yang mereka miliki diisi oleh coklat sampai penuh sehingga coklat meluber sampai keluar piscok. Jadi, cara memulai usaha burger selanjutnya adalah menentukan nama untuk memancing rasa penasaran pelanggan.

  1. Kerjasama Dengan Komunitas

Cara memulai usaha burger selanjutnya adalah bekerja sama dengan komunitas yang ada disekitar anda. Sama halnya dengan cara memulai bisnis pakaian dengan modal kecil, bekerja sama dengan komunitas dapat membuat nama produk anda dikenal lebih cepat oleh masyarakat. Salah satu kerja sama yang bisa anda buat dengan komunitas itu misalnya adalah membuat kegiatan bersama.

  1. Iklankan Melalui Media Sosial

Media sosial merupakan cara yang paling cepat untuk memperkenalkan produk anda kepada masyarakat luas. Terlebih Indonesia merupakan salah satu negara yang pengguna media sosialnya cukup aktif dan sering menjadi pelopor trending topic dunia. Dengan cara yang tepat, produk anda akan menjadi trending topic dan akan menjadi topik pembicaraan banyak orang.

Sponsors Link

  1. Buat Iklan Yang Unik

Iklan adalah salah satu ujung tombak sebuah usaha. Tidak dapat dipungkiri bahwa iklan yang menarik mampu mendatangkan pelanggan dengan cepat. Iklan yang menarik ini juga diterapkan dalam cara memulai bisnis garam beryodium sehingga penjualan mereka terus meningkat setiap harinya.

Beberapa hal yang harus dimiliki iklan unik dan menarik yang juga harus ada pada iklan produk anda adalah:

  • Jujur dan obyektif,
  • Pemilihan kata yang menarik, sopan, dan logis,
  • Mudah dimengerti,
  • Tidak menyinggung orang/pihak lain, dan
  • Mampu menarik perhatian banyak orang
  1. Kebersihan Dan Kerapihan

Sama seperti cara memulai usaha nugget sayur, kebersihan dan kerapihan adalah hal yang paling utama yang harus dimiliki usaha anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa kebersihan dan kerapihan sudah menjadi daya tarik tersendiri sebuah usaha. Bahkan tidak jarang, walaupun produk yang dijual memiliki harga cukup tinggi tapi pelanggan tetap terus berdatangan karena tempatnya yang bersih dan rapi. Dan tidak sedikit pula, walaupun produk yang dijual memiliki harga murah dan lezat namun karena tidak bersih dan tidak rapih, pelanggannyapun sedikit yang datang. Jadi, jika anda ingi memulai usaha burger, kebersihan dan kerapihan tempat adalah hal yang harus anda perhatikan.

Itulah cara memulai usaha burger yang bisa anda coba terapkan pada usaha burger anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis