Sponsors Link

11 Cara Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Menjalankan sebuah bisnis kuliner bagi pemula? Sebenarnya bukanlah hal yang mustahil. Untuk mendapatkan ide bisnis bagi anda yang masih termasuk pemula adalah hal yang lumayan sulit. Setidaknya anda harus memulai bisnis sesuai dengan hobi anda agar anda dapat menjalankannya seoptimal mungkin. Persaingan yang sangat ketat di zaman modern ini, tentunya anda dituntut untuk lebih kreatif dan optimis. Keahlian ini anda butuhkan agar bisa menyamai kebutuhan pasar dan dapat bersaing dengan pebisnis lainnya.

ads

Sebenarnya banyak ide bisnis yang dapat anda pakai untuk anda proses untuk dijadikan lahan bisnis. Salah satu bisnis yang menguntungkan adalah bisnis kuliner. Bisnis tipe ini dapat menjelajah semua jenis golongan dan usia. Memulai bisnis kuliner adalah peluang yang tak akan lekang oleh masa. Selalu ada pembaruan tentang masalah kuliner dari tahun ke tahun.  Dan hal ini berpeluang untuk para pembisnis kuliner untuk meraup keuntungan. Tapi, walaupun banyak variasi dari bisnis kuliner ini, tak semua pebisnis kuliner dapat mempertahankan bisnisnya dan kosisten dengan usaha ini. Hanya para pebisnis yang tekun dan melakukan usahanya dengan optimal yang akan dapat bertahan menjalankan bisnis kuliner. Berikut beberapa konsep dasar yang harus anda pahami sebagai cara memulai bisnis kuliner :

1. Adanya sebuah komitmen

Sebuah kunci utama untuk menjalankan sebuah bisnis adalah komitmen.  Bisnis apapun yang sedang maupun akan anda mulai membutuhkan sebuah komitmen yang kuat. Karena sebuah komitmen yang dimiliki oleh pebisnis adalah tantangan yang besar dalam sebuah usaha. Tidak menutup kemungkinan bagi anda yang menjalankan sebuah bisnis kuliner hanya untuk mengisi waktu luang atau sebagai pekerjaan sampingan. Walaupun bermodalkan usaha kecil – kecilan, bisnis kuliner anda harus tetap terorganisir dan terencana dengan baik. Anda tentunya tetap harus mempertimbangkan bagaimana pelayanan terbaik untuk konsumen anda dan timbal balik antara pengeluaran biaya produksi dengan pendapatan.

baca juga :

2. Persiapkan semangat dan mental anda

Setiap memulai berbagai macam bisnis, maupun bisnis kuliner selalu ada dua kemungkinan yaitu rugi ataupun untung. Oleh karenanya, anda yang masih pemula diharapkan memiliki cukup semangat dan mengasah mental anda. Anda memang harus mempersiapkan diri anda untuk kedua kemungkinan diatas. Siap bangkit dari kertepurukan, mengoleksi berbagai macam info, melakukan riset, dan belajar dari kegagalan yang sebelumnya ini adalah sikap anda untuk menghadapi kerugian. Berani mengembangkan usaha anda kelevel yang lebih tinggi dan mengelola manajemen pelayanan demi kualitas yang lebih baik adalah hal yang akan dilakukan untuk pengusaha yang siap untung. 

Sponsors Link

3. Memiliki semangat juang yang tinggi

Sebagai pemula, anda harus faham betul dengan persaingan ketat yang terjadi di dunia bisnis. Walaupun demikian, hal ini tak seharusnya menurunkan semangat juang anda. Sebaliknya, anda harus lebih bersemangat dan tetap konsisten dalam menjalankan usaha anda. Anda tentunya harus memperlihatkan kemampuan pengelolaan keuangan anda disamping mempertahankan cita rasa yang anda kembangkan didalam bisnis kuliner anda. Pengoptimalan pelayanan dan menjaga agar cita rasa yang bisnis anda miliki adalah hal yang perlu anda perhatikan lebih lanjut.

4. Lebih inovatif

Yang membedakan para pebisnis kuliner dengan yang lainnya dalah sifat inovatif mereka. Sifat inovatif ini sendiri bisa melingkup dari hal tampilan, maupun bentuk, rasa, kreasi dari penyajian dan kreasi dari pembuatan. Anda juga sebaiknya lebih inovatif dengan berbagai jenis kuliner yang akan anda jual dalam bisnis kuliner anda.

ads

5. Pengoptimalan Promosi

Sepertihalnya menjalankan berbagai peluang bisnis yang lainnya, bisnis kuliner juga membutuhkan promosi. Melakukan pengoptimalan dibidang promosi adalah salah satu kiat sukses menjalankan bisnis kuliner anda. Tidak ada yang menyangkal bahwa promosi yang kreatif dan unik akan banyak membantu perkembangan dari bisnis kuliner anda. Anda bisa mencoba 2 cara promosi yaitu secara offline atau langsung dan juga secara online atau menggunakan media promosi di server online. Untuk mempermudah menarik perhatian pelanggan dan mengenalkan bisnis anda pada khalayak banyak, promosi yang efektif sangatlah diperlukan. Anda dituntu untuk lebih kreatif dan lebih jeli akan kebutuhan pelanggan.

6. Pengelolaan keuangan

Bagian vital dari sebuah bisnis adalah keuangan dan juga masalah modal. Ketika seorang pemula akan menjalankan sebuah bisnis kuliner, seharusnya juga mempertimbangkan tentang pengelolaan keuangan yang baik. Kesalahan utama yang sering terjadi bagi para pebisnis pemula adalah tercampurnya keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Hal ini tentu saja berpengaruh bagi kelancaran dalam pengoptimalan usaha kuliner anda.

7. Pemilihan lokasi

Menentukan lokai strategis untuk tempat bisnis kuliner anda adalah bagian terpenting untuk proses usaha anda. Tapi, anda tetap harus mempertimbangkan dana modal dengan pemilihan tempat lokasi. Walaupun lokasi yang anda pilih adalah lokasi yang optimal dan strategis tapi tak selalu harus menghabiskan modal awal hanya untuk penyewaan tempat bukan? Pertimbangkanlah secara seksama kerugian dan keuntungan yang mungkin anda peroleh nantinya.

8. Perhitungan belanja bahan mentah

Selain menentukan biaya untuk penempatan lokasi, tentunya anda harus mengkalkulasikan biaya pengeluaran bahan mentah untuk usaha ini. Cobalah memaksimalkan biaya pengeluaran dan pendapatan bisnis kuliner yang nantinya anda peroleh. Tetap dapat kreatif adalah hal yang dibutuhkan dalam pengelolaan berbagai macam biaya ini.

9. Mengasah keahlian dan kemampuan

Sebagai pebisnis pemula anda memang tak harus menjadi seorang chef handal untuk mengembangkan peluang bisnis ini. Tetapi setidaknya anda harus tetap tahu masalah dan informasi yang berkaitan dengan bisnis kuliner. Setidaknya anda harus mengetahui beragam informasi agar tetap dapat mengembangkan usaha yang akan anda jalani ini.

10. Meningkatkan dan menjaga reputasi

Reputasi adalah poin penentu dimana usaha anda akan layak tetap dikenal maupun akan kandas begitu saja. Teruslah jaga reputasi baik dari usaha kuliner anda. Walaupun mempertahankan sebuah reputasi tak semudah ketika kita berusaha membangunnya, tapi bukanlah hal yang mustahil. Pelanggan anda akan tetap memilih usaha anda jika anda konsisten menjaga reputasi bisnis anda.

Sponsors Link

11. Menjaga kejujuran

Mempertahankan sikap jujur terhadap pelanggan maupun para pekerja adalah hal yang sangat diperlukan. Kejujuran anda sangatlah berperan dalam perkembangan bisnis yang anda kelola terutama dalam masalah keuangan dan mempertahankan kepercayaan konsumen.

baca juga :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis