Sponsors Link

Usaha Jangka Pendek Yang Menguntungkan

Alternatif lain bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan selain bekerja sebagai karyawan adalah membuka usaha. Ada banyak jenis usaha yang bisa anda coba. Hanya saja dari banyaknya jenis usaha, ide usaha jangka pendek yang menguntungkan adalah jenis usaha yang paling banyak di cari.

ads

Secara umum, usaha dibagi menjadi tiga jangka waktu. Jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sesuai namanya, jangka pendek adalah usaha yang dapat memberikan tambahan pemasukan bagi anda dalam waktu yang relatif singkat. Hanya saja, walaupun begitu, usaha jangka pendek merupakan jenis usaha yang tidak bertahan lama.

Berbeda dengan usaha jangka pendek, usaha jangka panjang adalah jenis usaha yang bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Hanya saja, usaha jenis ini baru bisa memberikan tambahan pemasukan bagi anda pada waktu yang lebih lama dibandingkan usaha jangka pendek dan juga menengah.

Ada banyak contoh usaha jangka pendek yang menguntungkan yang bisa anda jadikan inspirasi untuk memulai usaha. Beberapa diantaranya ada yang membutuhkan modal cukup besar dan ada pula yang membutuhkan modal kecil bahkan gratis. Dan jika anda penasaran apa saja ide usaha jangka pendek yang menguntungkan tersebut, berikut beberapa usaha jangka pendek yang menguntungkan yang bisa anda coba:

  1. Jual Sarapan

Menjual makanan untuk sarapan adalah contoh usaha jangka pendek yang menguntungkan yang pertama. Sesuai dengan jenisnya, usaha jangka pendek adalah jenis usaha yang perputaran uangnya cepat dan termasuk bisnis kuliner modal kecil.

Di jaman serba cepat seperti sekarang ini, makanan instant sudah menjadi salah satu jenis makanan yang banyak dicari karena dinilai efisien terutama oleh karyawan kantoran di kota-kota besar. Pasalnya, kemacetan serta pekerjaan yang mengikat menjadikan aktivitas mereka lebih terbatas pada pagi hari.

Jika anda ingin menjual makanan sarapan, ada beberapa jenis makanan yang bisa anda coba jual. Seperti misalnya aneka gorengan, kue-kue basah, ataupun makanan berat seperti nasi uduk, ketoprak, ataupun bisnis repacking snack.

Untuk percobaan pertama mungkin akan membutuhkan modal yang cukup besar. Namun modal tersebut semakin lama akan berkurang karena biasanya akan ada orang lain yang menitipkan makanan ke tempat usaha anda untuk dijualkan dan itu akan menghemat modal tapi menambah pemasukan anda.

  1. Usaha Pulsa

Membuka usaha pulsa menjadi usaha jangka pendek yang menguntungkan selanjutnya. Pasalnya, demi mendukung komunikasi yang baik, kini hampir semua orang membutuhkan pulsa. Membuka usaha pulsa menjadi salah satu usaha yang cocok dipinggir jalan karena akan mudah terlihat dan mendatangkan pelanggan baru dan termasuk usaha yang cocok didepan Indomart.

Walaupun banyak yang membutuhkan, nyatanya masih banyak orang yang sanksi atau ragu untuk membuka usaha pulsa karena keuntungan yang didapatkan dari setiap penjualan relatif kecil. Bahkan, tidak jarang laba yang dihasilkan tidak dapat menutupi pengeluaran usaha. Namun, jika anda tertarik untuk mencoba, ada cara bisnis agen kuota yang bisa anda coba untuk memaksimalkan penghasilan usaha pulsa ini sehingga anda dapat terhindar dari kerugian.

  1. Membuka Kios Sayur

Sayur adalah bahan makanan yang dibutuhkan selain nasi. Hal ini karena sayur memiliki kandungan yang sangat berguna untuk tubuh yang tidak dimiliki oleh bahan makanan lainnya. Selain itu, mengkonsumsi sayur secara teratur dapat menjaga kekebalan tubuh anda sehingga anda terhindar dari serangan berbagai penyakit.

Usaha lain yang bisa anda jadikan sambilan saat menjual sayur adalah menjual kelapa tua. Cara bisnis kelapa tua inipun termasuk mudah dan bisa diaplikasikan secara langsung. Permintaan kelapa tua yang cukup tinggi dapat menjadi peluang usaha bagi anda yang tidak boleh anda lewatkan karena cukup menguntungkan.

  1. Dropship

Dropship adalah salah satu bukti manfaat internet untuk ekonomi. Bahwa internet dapat menunjang bahkan menjadi sumber penghasilan bagi mereka yang menggunakannya. Hanya saja, diperlukan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk menjalankan usaha ini. Seperti misalnya usaha dropship yang sedang ‘trending’ saat ini karena termasuk jenis usaha yang tidak membutuhkan modal yang besar.

Walaupun usaha Dropship tidak membutuhkan modal besar, nyatanya diperlukan keahlian khusus agar penjualan anda semakin banyak karena usaha dropship termasuk jenis usaha yang memiliki banyak pesaing. Namun, jika usaha ini berhasil, anda tidak perlu lagi malakukan pekerjaan lain yang menyita waktu karena sebagai Dropshipper (sebutan pelaku usaha Dropship), anda bisa bekerja dimana saja dan kapan saja sesuka anda. Menyenangkan bukan?

  1. Pariwisata

Siapa sangka usaha pariwisata termasuk jenis usaha jangka pendek yang menguntungkan. Namun, walaupun seperti itu, tidak banyak orang yang terjun ke usaha jenis ini. Salah satu penyebabnya adalah pengetahuan yang terbatas akan potensi daerahnya masing-masing.

Untuk memulai usaha pariwisata yang harus anda ketahui dan dalami adalah keindahan atau sisi positif dari daerah anda. Dimana lokasi pariwisata ditempat anda? Dimana museumnya? Dimana situs bersejarahnya? Dimana tempat penginapan yang murah? Tanpa mengetahui itu anda tidak akan bisa menjalankan usaha pariwisata ini. Karena terbatasnya pengetahuan menjadi penyebab usaha selalu gagal yang paling sering terjadi.

Walaupun tidak banyak orang yang memfokuskan usaha ini, nyatanya usaha pariwisata termasuk jenis usaha yang banyak dicari orang baik domestik maupun internasional. Jadi, pelajari daerah tempat tinggal anda, cari keunikan daerah anda, karena bisa saja daerah anda memiliki potensi yang luar biasa besar dan anda akan diuntungkan karenanya.

  1. Usaha Kursus Atau Bimbel

Usaha jangka pendek yang menguntungkan selanjutnya adalah Kursus atau Bimbingan Belajar (Bimbel). Namun walaupun cukup menguntungkan, ada beberapa momen khusus dimana usaha ini memiliki permintaan yang cukup tinggi. Dan jika anda membuka usaha ini pada momen tersebut, anda pun bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar pula. Salah satu momen tersebut adalah pada saat UTS atau UAS anak sekolah dasar.

Usaha kursus atau bimbel termasuk jenis usaha yang bergerak dibidang pendidikan dan memiliki ciri-ciri usaha potensial untuk dijalankan. Pasalnya, semua orang membutuhkan pendidikan bahkan terkadang banyak pula murid sekolah dasar yang tidak percaya diri dalam menghadapi ujian sekolah sehingga sangat membutuhkan usaha jenis ini. Namun, walaupun seperti itu, dibutuhkan keahlian khusus yang mengerti tentang cara mendidik serta ilmu-ilmu dasar yang dibutuhkan peserta ajar.

  1. Industri Kreatif

Industri kreatif adalah jenis usaha yang sedang banyak berkembang saat ini. Bahkan para pelaku usaha inipun semakin banyak. Pasalnya usaha ini menciptakan produk-produk unik dan sangat bermanfaat bahkan memiliki keindahan tersendiri jika dibandingkan produk-produk lainnya. Inilah yang menjadikan terkadang produk yang berasal dari industri kreatif memiliki harga yang cukup tinggi.

Industri kreatif merupakan usaha yang memiliki fungsi produksi jangka pendek karena untuk menciptakan sebuah produk tidak membutuhkan waktu yang cukup lama dan bahkan untuk menjualnya pun cepat karena permintaannya cukup tinggi dipasar.

 

Itulah 7 usaha jangka pendek yang menguntungkan yang bisa anda coba. Beberapa usaha diatas membutuhkan modal yang cukup banyak namun banyak pula dari usaha-usaha diatas dimulai tanpa modal yang besar. Tertarik untuk mencoba?

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis