Sponsors Link

6 Cara Memulai Usaha Bakso Untuk Pemula Terlengkap dan Menguntungkan

Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah sepi pengunjung sebab sangat dibutuhkan semua orang tanpa terkecuali. Seperti salah satunya adalah kuliner bakso yang digemari masyarakat Indonesia baik kalangan bawah atau atas, anak anak atau orang dewasa. Selama anda bisa berinovasi, maka bakso yang tadinya merupakan makanan biasa ini bisa di sulap menjadi bisnis yang bisa memberikan keuntungan berlipat ganda. Menjual bakso tidak hanya menjadi bisnis yang baik dijalankan di kota, namun juga menjadi bisnis yang menguntungkan di desa. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memulai usaha bakso untuk pemula yang benar dan menjanjikan omset yang tidak sedikit.

ads
  1. Pilih Lokasi Terbaik

Lokasi berjualan bakso menjadi tips yang harus diperhatikan dan penting bahkan untuk segala jenis usaha kuliner atau usaha lainnya. Memiliki tempat berjualan bakso yang strategis akan memberikan peluang lebih besar dalam menarik pelanggan dan juga memudahkan konsumen untuk datang ke tempat anda. Tempat terbaik yang harus dipilih adalah tempat yang ramai dikunjungi banyak orang seperti di pinggir jalan yang padat, pasar atau berbagai tempat nongkrong.

Dalam bisnis kuliner seperti bakso ini, lokasi strategis mempunyai potensi yang tinggi agar usaha tersebut bisa sukses. Namun, jika modal yang anda miliki sangat terbatas, maka anda bisa memulai bisnis bakso ini dengan berjualan di rumah ataupun berkeliling sekaligus memasarkan produk bakso anda di internet dan beberapa lokasi yang ramai pengunjung karena usaha bakso juga merupakan usaha rumahan modal kecil menguntungkan.

  1. Mulai Dengan Harga Murah

Untuk menarik minat pembeli dan supaya konsumen bisa merasakan citarasa bakso yang anda tawarkan, maka anda bisa memulai usaha bakso ini dengan kepastian harga. Konsumen akan lebih menyukai harga yang sudah di patok dengan pasti sehingga mereka bisa mengukur kemampuan mereka tanpa perlu menebak harga bakso yang anda jual. Hal menarik dari bakso yang anda tawarkan tentunya dari segi rasa ditambah lagi dengan harga miring yang anda tawarkan. Ini sangat penting dilakukan karena sebuah produk baru membuat konsumen cenderung malas untuk mencobanya terlebih lagi jika harga yang anda tawarkan terbilang tinggi.

Apabila nantinya usaha bakso anda mulai ramai pembeli dan sudah terkenal kenikmatannya, maka anda bisa menaikkan sedikit harga dari bakso tersebut atau tetap dengan harga yang terjangkau agar pengunjung tidak pernah sepi.

  1. Buat Promosi

Usaha bakso yang merupakan usaha yang cocok di pinggir jalan ini juga tetap membutuhkan promosi yang baik. Segala macam usaha juga membutuhkan promosi yang sangat penting untuk memajukan bisnis yang sedang dijalankan. Namun, agar tidak membuang uang terlalu banyak, maka pilih cara promosi yang efisien dan tepat pada sasaran. Dalam usaha bakso, anda bisa membuat spanduk atau banner dengan warna terang dan kata kata yang provokatif sehingga menarik minat pembeli untuk mencoba bakso yang anda jual tersebut. Seperti contohnya jika anda menjual bakso pedas, anda bisa menggunakan kata kata “bakso setan ekstra pedas” atau berbagai kata kata lain yang mengundang rasa penasaran calon konsumen.

Sponsors Link

  1. Pakai Nama Unik Untuk Bakso Anda

Memberikan nama unik untuk jenis usaha mikro kecil dan menengah yakni bakso juga akan mengundang rasa penasaran sehingga konsumen tertarik untuk membeli bakso yang anda jual tersebut. Seperti contohnya, anda bisa menamakan usaha bakso anda dengan nama “Bakso online” yang akan membuat konsumen bingung dan penasaran untuk mencicipi apa kelebihan dari bakso yang anda jual. Untuk menyesuaikan dengan contoh nama bakso ini, anda bisa menyediakan free wi fi sehingga berhubungan dengna nama bakso yang anda tawarkan. Dengan ini, konsumen akan betah berlama lama mendatangi usaha anda dan akan kembali lagi untuk menikmati bakso sekaligus mendaoat wi fi secara gratis.

  1. Pastikan Kehalalan Bakso

Memulai usaha kuliner di Indonesia juga harus mementingkan unsur kehalalan makanan yang anda jual sehingga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat luas. Pilihlah bahan daging yang baik dan halal sehingga usaha bakso yang anda jalankan bisa berjalan baik dalam jangka panjang. Selain itu, jangan lupa tambahkan kata kata 100% halal pada bakso yang akan anda jual untuk meyakinkan konsumen yang akan membeli bakso anda.

Jangan sampai anda memakai bahan yang tidak baik dan hanya akan menghancurkan bisnis anda sebab ini menjadi salah satu penyebab usaha selalu gagal khususnya di bidang kuliner. satu atau dua kali dilakukan mungkin belum diketahui, namun suatu saat pasti akan terbongkar dan anda terancam kebangkrutan hanya karena bahan bahan tidak baik dan tidak halal yang anda gunakan dalam berbisnis.

ads
  1. Jaga Kebersihan Tempat Usaha Bakso

Cara memulai bisnis kuliner bakso juga tidak boleh melupakan unsur kebersihan dalam usaha yang dijalankan tersebut. Semua bisnis kuliner juga harus memperhatikan sektor kebersihan tempat usaha. Konsumen akan lebih memiliki membeli atau makan di tempat yang bersih meskipun harga yang di banderol lebih tinggi dibandingkan dengan bakso murah namun dengan pemandangan kotor dan menjijikan. Kebersihan dalam berbisnis kuliner ini harus selalu di jaga penting untuk mendukung kesuksesan anda dalam usaha bakso tersebut.

Perkiraan Keuntungan Usaha Bakso

Sesudah mengetahui tentang cara memulai usaha bakso yang bagus, maka tentunya anda harus memperkirakan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini. Dengan ini, maka anda bisa mendapatkan kisaran modal yang harus dipersiapkan, sekaligus menghitung keuntungan yang bida didapatkan dari berjualan bakso tersebut.

Berikut ini, kami akan berikan perkiraan keuntungan yang bisa didapatkan dengan berjualan bakso dengan penjualan minimal 50 porsi per hari dan keuntungan sekitar 2 Ribu sampai 3 Ribu untuk setiap porsinya.

  • Keuntungan dari bakso Rp.2.000 x 50 porsi = Rp100.000
  • Keuntungan dari minuman Rp.1.000 x 50 porsi = Rp50.000
  • Keuntungan makanan lain seperti kerupuk Rp.1.000 x 20 = Rp.20.000
  • Total keuntungan Perhari: Rp.170.000
  • Total Keuntungan perbulan: Rp.5.100.000

Sementara untuk perkiraan menjual bakso dengan gerobak keliling, maka modal yang dibutuhkan adalah:

  • Perkiraan harga 1 gerobak = Rp1.500.000
  • Perkiraan harga peralatan masak dan hidangan = Rp2.000.000
  • Perkiraan biaya promosi dan lain sebagainya = Rp500.000

Perkiraan biaya total yang diperlukan untuk memulai usaha bakso memakai gerobak keliling adalah sekitar 4 Juta Rupiah dengan estimasi keuntungan yang bisa didapatkan sekitar 5 Juta Rupiah. Sehingga dalam waktu 1 bulan saja sudah bisa menutupi modal yang dikeluarkan dan mendapatkan keuntungan besar untuk bulan bulan berikutnya.

Sponsors Link

Perkiraan Usaha Bakso Dengan Kios

Untuk anda yang ingin memulai usaha bakso tidak dengan berkeliling namun dengan menyewa tempat atau kios, maka kisaran modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini adalah:

  • Perkiraan biaya sewa kios per tahun = Rp.12.000.000
  • Perkiraan biaya beli meja dan kursi = Rp.2.000.000
  • Perkiraan biaya beli alat masak dan hidang = Rp.2.000.000
  • Perkiraan biaya pembuatan spanduk dan lain-lain = Rp.1.000.000
  • Perkiraan biaya bahan baku dan laiin-lain = Rp.1.000.000

Demikian ulasan dari kami yang sangat penting untuk anda dalam memulai bisnis kuliner. Cara memulai usaha bakso yang sudah kami sebutkan diatas sangat harus anda perhatikan dan terapkan jika anda ingin usaha yang anda jalankan bisa sukses dan menguntungkan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis