Sponsors Link

Inilah Peran Indonesia dalam Bank Dunia Secara Langsung dan Tidak Langsung

Bank dunia merupakan suatu lembaga keuangan Internasional yang menyediakan sejumlah uang atau pinjaman kepada negara berkembang untuk program pemberian modal. Pertama kali didirikan pada 27 Desember 1945 melalui konferensi di kota Bretton Woods. Bank dunia mempunyai kantor pusat yang berada di Washington DC, Amerika Serikat. Saat ini, bank dunia telah beranggotakan 188 negara dengan Jim Yong Kim sebagai pimpinannya.

Tujuan utama dibentuknya lembaga ini adalah untuk menyelesaikan masalah kemiskinan di beberapa negara, dengan semua keputusan yang nantinya dihasilkan harus melalui proses komitmen untuk memperkenalkan investasi luar negeri, perdagangan internasional, serta memberi fasilitas untuk modal. Banyak orang mengira jika bank dunia sama halnya dengan grup bank dunia, padahal cukup jauh berbeda. Bank dunia hanya terdiri dari 2 lembaga saja yakni bank internasional untuk rekonstruksi dan pembangunan serta asosiasi pembangunan internasional. Sedangkan grup bank dunia terdiri dari 5 lembaga yang mencakup dua lembaga sebelumnya dengan tambahan tiga lembaga lagi.

Untuk saat ini, bank dunia lebih memfokuskan pemberian pinjaman kepada negara yang tengah memperbaiki bidang pendidikan, pertanian, dan industri. Jika ada negara yang berniat meminjam, nantinya bank dunia akan memberi pinjaman sesuai dengan tarif preferensi kepada negara yang tengah mengalami krisis ekonomi. Sebagai pemberi dana, tentu lembaga ini juga meminta balasan berupa jaminan untuk tidak melakukan korupsi serta demokrasi lebih dikembangkan lagi.

Bank dunia memegang peranan penting dalam dunia internasional, ia kerap kali menjadi tempat pengaduan masalah keuangan bagi beberapa negara. Lembaga ini memegang peranan sebagai salah satu lembaga yang memberikan pinjaman dengan suku bunga rendah. Bank dunia telah banyak mengambil peran untuk berbagai negara, apa saja peran bank dunia bagi dunia? simak penjelasan di bawah.

Peran Bank Dunia Dalam Dunia Internasional

Sebagaimana tujuan utamanya, bank dunia sudah kerap kali mendanai beberapa negara yang tengah dalam kondisi perang atau pun membiayai pembangunan infrastruktur yang hancur. Selain itu, lembaga ini juga turut memberikan dana kepada negara yang sedang mengembangkan proyek-proyek di sektor pendidikan, kesehatan, kemiskinan, pelayanan publik, sampai ke lingkungan hidup. Peran bank dunia tidak hanya memberikan dana, namun juga memberikan kebijakan sehubungan dengan keuangan proyek yang sedang didanai.

Telah banyak negara-negara miskin yang terbantu berkat adanya modal yang disediakan oleh bank dunia, akhirnya mereka bisa menggerakkan roda perekonomian menjadi lebih baik. Sejauh ini, belum ada lembaga yang perannya menyamai bank dunia, untuk itu lembaga ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi dunia internasional.


Peran Indonesia Dalam Bank Dunia

Indonesia mempunyai peran penting dalam bank dunia, yang pertama yaitu Indonesia pernah menjadi tuan rumah pertemuan yang diselenggarakan oleh bank dunia. Dengan menjadi tempat penyelenggara, tentunya menjadikan Indonesia berkontribusi besar dalam lembaga keuangan tersebut. Tidak hanya itu saja, Indonesia juga ikut membantu fungsi dari bank dunia sebagai pemberi pinjaman kepada negara miskin. Indonesia bisa membantu negara lain dengan tingkat ekonomi rendah daripada harus meminjam dana kepada bank dunia. Indonesia juga berupaya membantu proyek pembangunan negara lain dengan melakukan kerjasama dengan lembaga pembiayaan ekspor dalam negri.

Itulah penjelasan mengenai peran serta Indonesia dalam bank dunia beserta deskripsi singkat lainnya. Intinya, Indonesia secara aktif berperan dalam bank dunia dan bank dunia sendiri telah banyak membantu negara-negara yang tengah mengalami kesulitan ekonomi.

, ,
Oleh :
Kategori : Perbankan