Sponsors Link

13 Cara Sukses Bisnis Air Minum Isi Ulang Paling Mudah Dilakukan

Wirausaha kini menjadi pilihan banyak orang dalam memenuhi kebutuhan ekonominya seiring makin sulitnya mendapatkan pekerjaan. Banyak orang yang berawal dari keinginannya untuk mendapatkan kebebasan finansial berhasil menjadi saudagar sukses namun tak sedikit juga terpuruk karena kurangnya bekal untuk terjun di dunia usaha.

ads

Akan tetapi kini banyak orang lebih berhati- hati dalam memilih peluang usaha yang akan ia lakoni, mereka kini mulai sadar bahwa sebagai wirausaha mereka harus menyediakan solusi dari masalah yang berada di tengah- tengah masyarakat. Salah satunya dengan membangun bisnis pengisian air minum isi ulang.

Baca juga : franchise alfamart

Bisnis ini patut untuk diperhitungkan karena air minum merupakan kebutuhan setiap manusia. Ditambah lagi banyak faktor- faktor yang mendukung tumbuhnya bisnis ini dan terbukti menjadikan bisnis ini menjadi bisnis yang memiliki peluang jangka panjang, faktor- faktor tersebut diantaranya :

  • Segmentasi yang Besar

Makin banyak kantor, pondok pesantren, penjual franchise minuman, kampus, rumah makan,  resto, kafe, pabrik, dan tempat kerja baru yang bermunculan. Tempat – tempat tersebut tentunya ingin lebih fokus pada pekerjaan intinya ketimbang mempekerjakan seseorang untuk merebus air minu apalagi harus menyediakan dapur untuk merebus air minum.

  • Praktis

Gaya hidup dan pola kerja yang memakan banyak waktu menyebabkan orang kini beralih dari merebus sendiri air minum menjadi membeli air minum kemasan isi ulang. Pilihan ini dinilai lebih praktis dan sesuai agar mereka dapat bekerja lebih fokus dengan mengabaikan hal sepele yang menguras waktu dan tenaga.

  • Sulitnya Menemukan Sumber Air Bersih

Untuk beberapa daerah yang sulit menemukan air yang layak konsumsi semisal tingginya kadar kapur atau tingkat pencemaran yang tinggi menyebabkan bisnis ini memiliki tempat di masyarakat. Bahkan dibeberapa tempat dengan tingkat pencemaran yang tinggi atau memang tidak memiliki sumber air yang cukup terpaksa mendatangkan air bersih dari luar wilayahnya seperti Singapura dan negara-negara di Timur Tengah.

  • Meningkatnya Kesadaran Akan Pentingnya Kesehatan Air Minum yang dikonsumsi

Air minum yang higienis makin sulit didapat namun kesadaran masyarakatpun kini ikut naik, sehingga tidak mengherankan mereka memilih alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan air minum tiap hari.

  • Lebih Ekonomis

Meningkatnya harga bahan bakar membuat ibu rumah tangga menghemat gas elpiji di rumahnya untuk merebus air, mereka kini memilih membeli air minum isi ulang karena dirasa lebih praktis dan ekonomis.

Sponsors Link

Bagaimana cara memulai bisnis air minum isi ulang?

Untuk dapat sukses pada bisnis ini anda harus memperhatiakn poin–poin dibawah ini, berikut ulasannya

  1. Buat Proposal Bisnis yang Matang

Proposal bisnis yang baik akan memudahkan anda meyakinkan investor  sehingga anda dapat mendapatkan modal dengan mudah. Selain itu anda juga dapat menjelaskan visi, misi, dan pandangan anda kedepan tentang kelangsungan usaha anda. Atau setidaknya buat coretan – coretan sederhana mengenai perkiraan biaya apa saja yang anda butuhkan untuk memulai usaha ini.

Baca juga : Permodalan Koperasi

  1. Temukan Lokasi yang Tepat

Menemukan lokasi yang tepat adalah salah satu masalah yang dihadapi oleh pengusaha. Lokasi yang anda pilih harus dekat dan mudah dijangkau oleh konsumen anda, lokasi yang strategis akan membuat usaha anda lebih mudah ditemukan. Slain itu lokasi yang dekat dengan konsumen akan banyak memangkas biaya transportasi seperti uang bensin dan biaya perawatan kendaraan. Pilih lokasi – lokasi yang dekat dengan ruang publik seperti perkantoran, rumah sakit, klinik, pondok pesantren, asrama, penginapan, apartemen, rumah susun, kost – kostan, dan sebagainya.

ads
  1. Temukan Supplier yang Terpercaya:

Temukan supplier yang tepat dan tanyakan tentang kualitas, kapasita, serta harga dari peralatan depo isi ulang. Jangan hanya merujuk pada satu supplier saja. Lakukan studi kelayakan bisnis, perhitungkan masa produktif mesin dan harganya dengan waktu balik modal. Jangan sampai anda membeli peralatan yang terlampau mahal dan juga jangan sampai membeli barang murah yang usia pakainya singkat.

  1. Daftarkan Usaha Anda pada Dinas Terkait:

Mendaftarkan bisnis anda pada dinas kesehatan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, selain itu dapat membuat usaha anda menjadi legal dan mendapatkan pengawasan dari dinas kesehatan. Anda akan dibekali tentang prosedur menjaga kebersihan, higienitas, serta budaya kerja yang baik untuk menjaga kualitas dari depo anda. Membuat depo anda nampak berkelas di mata konsumen anda sehingga konsumen tidak segan untuk membayar lebih atas garansi kualitas air minum yang mereka peroleh.

  1. Promosikan Usaha Anda Dengan Media yang Tepat

Buat banner besar dengan warna kontras agar dapat dengan mudah dikenali oleh konsumen anda, pilih warna stabilo agar tetap nampak pada malam hari. Jangan ragu mempromosikan lewat media sosial semisal instagram, posting di grup whatsapp, atau broadcast via Blackberry Messenger. Sebarkan selebaran dan bagikan kontak anda agar anda mudah dihubungi konsumen.

  1. Ramah kepada Konsumen

Tidak dapat dipungkiri pada setiap usaha yang sukses selalu diiringi oleh pelayanan yang ramah oleh pemilik dan karyawan. Sentuhan personal menjadi faktor X yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih. Mengingat nama pelanggan akan membuat mereka merasa diperhatikan dan merasa istimewa. Menjalin hubungan kekeluargaan dengan konsumen meningkatkan consumer value sehingga loyalitas konsumen dapat dijaga.

Konsumen yang loyal bahkan rela membayar lebih pada produk yang sudah mereka percaya, selain itu mereka tidak akan dengan mudah pindah ke outlet lain dan akan merekomendasikan usaha anda kepada kerabat terdekatnya. Orang akan lebih percaya pada rekomendasi kerabatnya.Tentu hal ini dapat membuat usaha anda lebih dikenal tanpa mengeluarkan biaya promosi.

  1. Harga bersaing

Bisnis ini muncul untuk menjawab permintaan akan air minum siap minum dengan harga yang terjangkau, kenapa? Karena bagi sebagian banyak orang di Indonesia membeli air galon bermerk masih terlalu mahal ketimbang membeli dari depo isi ulang, apalagi air minum adalah kebutuhan pokok yang setiap hari harus tersedia di rumah. konsumen akan menjadi sangat sensitif terhadap harga sehingga selisih tiga ratus rupiah akan menjadi pertimbangan mereka dalam menentukan pilihan.

Beri diskon yang menarik sehingga konsumen setia berbelanja di depo anda. Anda dapat memberikan gratis isi ulang pada pembelian ke lima atau memberikan pinjaman galon pada konsumen pertama anda, mengingat harga galon dapat memberatkan konsumen anda.

  1. Pelayanan yang cepat tanggap ( Fast Respond )

Konsumen anda adalah orang yang sedang haus dan membutuhkan layanan anda secepatnya. Jangan menunda mengirimkan pesanan anda dan menimbulkan kekecewaan konsumen. segera jawab orderan mereka.

  1. Menyiapkan Anggaran Untuk Modal Usaha Anda

Kebutuhan modal yang diperlukan sangat tergantung dari kapasitas pengisian depo, harga sewa tempat, renovasi tempat (jika diperlukan), biaya tenaga kerja, biaya perawatan mesin, dan sebagainya. Anda sebaiknya juga menyediakan anggarang untuk biya operasional selama tiga bulan karena bisnis anda yang terbilang baru masih belum begitu dikenal oleh konsumen.

  1. Jalin hubungan dengan Kompetitor

Kompetitor tidak selalu menjadi ancaman yang harus anda waspadai keberadaannya. Mereka hanya sesama manusia yang harus menafkahi keluarga mereka, kebetulan saja profesinya sama. Keberadaan mereka dapat menjadi motivsi agar anda selalu menyediakan pelayanan terbaik dan terus berinovasi agar usaha anda semakin efektif dan efisien. Tidak ada salahnya anda berkunjung ke rumahnya memberikan bingkisan kecil sebagai inisiatif untuk menunjukkan kepedulian anda.

  1. Lakukan CSR

Corporate Social Responsibility (tanggung jawab sosial perusahaan) adalah kegiatan untuk menyisihkan sebagian keuntungan anda kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan, bisa jadi mereka juga menjadi salah satu konsumen anda. Dengan niat tulus untuk berbagi anda akan memenuhi hak – hak mereka yang pantas mereka dapatkan.

Sponsors Link

Anda juga dapat berkontribusi terhadap peningkatan taraf hidup objek CSR anda, anda tidak harus menjadi perusahaan besar untuk melakukan kegiatan mulia. Dengan melakukan kegiatan ini secara tidak langsung perusahaan anda juga membentuk nama baik dan branding branding yang kuat di mata konsumen.

  1. Lakukan Pembukuan Keuangan

Terdengar sederhana namun sangat penting dan sering diabaikan oleh pengusaha pemula. Pembukuan arus kas keuangan dapat memberikan manfaat yang banyak pada berlangsungnya usaha anda diantaranya dapat sebagai alat pelaporan pada investor, dapat mengetahui posisi perusahaan berdasarkan kondisi keuangannya, dan sebagai alat untuk mengambil keputusan di masa yang akan datang.

Sering kali para pengusaha pemula tidak mencatat laporan keuangan mereka, sehingga ketika ditanya berapa keuntungan mereka perbulan mereka menjawabnya dengan mengira- ngira omzet dan persentase laba bersih dan hal ini sama sekali tidak akurat. Penulis mengalami sendiri ketika mewawancarai pengusaha konveksi yang mengaku memiliki laba bersih sebelas juta rupiah, namun ketika di hitung lagi jumlah order dan biaya produksinya justru defisit tujuh ratus ribu.

Hal ini sangat fatal mengingat selama ini pengusaha merasa bahwa bisnis yang ia rasa menghasilkan laba besar justru harus disubsidi oleh pendapatan dari usahanya yang lain. Untuk dapat melakukan pembukuan yang baik anda sebenarnya tidak harus memahami akuntansi secara mendalam, cukup menuliskan arus kas keluar masuk dan memisahkan pendapatan perusahaan dengan keuangan pribadi.

Jika anda ingin mempelajari pembukuan dengan lebih dalam anda dapat mengunduh worksheet tentang neraca keuangan yang ada di dunia maya, atau jika dirasa perlu anda dapat mempekerjakan akuntan junior yang dapat membantu anda melaporkan dan menganalisa kondisi keuangan anda.

Baca juga : cara mengatur keuangan agar tidak boros

  1. Ekspansi Usaha ke Daerah Lain

Ketika bisnis anda sudah makin besar dan keuangannya sudah stabil, tidak ada salahnya untuk membuka cabang atau ekspansi ke daerah lain, anda dapat mempekerjakan orang untuk melakukan SKB ( Studi Kelayakan Bisnis ). Pekerjakan tenaga profesional agar anda lebih produktif dan efisien. Pilih tempat yang minim kompetitor namun memiliki peluang yang besar. Dengan ini anda makin bebas dalam berinovasi karena pekerjaan sudah anda amanahkan atau delegasikan pada tenaga profesional dan anda hanya perlu mengambil keputusan strategis dan melakukan fungsi pengawasan. (Baca juga : ciri-ciri bisnis potensial )

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis