Sponsors Link

5 Contoh Perusahaan Industri Di Indonesia

Ada banyak sekali perushaan industri yang bisa kita temukan saat ini, di Indonesia sendiri khususnya. Sudah tidak asing lagi jika di indonesia telah banyak di temukan beberapa perusahaan yang aktif dan berkembang. Karena dengan pesatnya perkembangan dan kemajuan zaman, maka banyaknya perusahaan yang berkembang adalah salah satu dampak yang di timbulkan. Perusahaan industri yang kian menjamur dan bermunculan tersebut adalah penggerak dari roda dan mesin utama perekonomian yang di miliki sebuah negara. Adanya perusahaan industri ini akan memudahkan dalam penyediaan berbagai produk yang di butuhkan oleh masyarakat dan tentunya akan membuka berbagai penyediaan lapangan pekerjaan.

ads

Seperti halnya karakteristik perusahaan manufaktur, ada banyak sekali contoh dan pemahaman tentang perusahaan industri yang bermunculan di berbagai negara. Dimana adanya sebuah perusahaan merupakan salah satu tempat dan wadah di mana bisa menjadi tempat berlangsungnya berbagai kegiatan produksi yang akan bergerak dari pengelolaan berbagai barang mentah menjadi barang jadi maupun barang jadi. Dengan katalain, sebuah perusahaan industri merupakan salah satu mesin negara yang bertugas dalam pergerakan dan menaikan nilai jual serta nilai guna dari suatu produk. Salah satu contoh nyata yang terjadi dalam pengolahan perusahaan industri adalah adanya pengolahan limbah menjadi gas organik, pupuk organik dan pengolahan lainnya. Berikut pembagian contoh perusahaan industri:

1. Perusahaan Industri Tekstil

Ini adalah perusahaan inustri yang yang seperti namanya berkembang di industri tekstil. Beberapa contoh hasil produk dari perusahaan industri tekstil adalah sebagai berikut :

  • Produk Pakaian : Ini merupakan salah satu produk andalan dan produk utama yang di keluarkan oleh industri tekstil. Pakaian yang di produksipun memiliki beragam jenis seperti adanya insudtri tekstil yang memproduksi bahan pembuat kain atau baju, berbagai jenis sapu tangan, seragam labor, seragam angkatan bersenjata, baju kedokteran dan juga handuk.
  • Produksi penyedia berbagai perabotan rumah tangga : Ada banyak perabotan perkantoran dan perabotan rumah tangga yang di hasilkan oleh industri tekstil ternama di indonesia. Salah satu produk dari insudtri tekstil yang elegan dan fungsional adalah karpet tebal yang di buat dengan bahan halus dan baik. Produk peralatan rumah tangga yang lain yang di hasilkan oleh perusahaan industri tekstil lainnya adalah kursi sofa yang lengkap dengan alasnya. Kebutuhan masyarakat akan menyebabkan keberagaman terhadap produk yang di keluarkan oleh perusahaan tekstil tersebut dan tidak jauh berbeda dengan contoh perusahaan firma di Indonesia.
  • Produk Kebutuhan Industri Lainnya : Produk yang di keluarkan oleh perusahaan industri tekstil berupa bahan baku dan bahan dasar yang biasanya aan menjadi kebutuhan bagi perusahaan industri yang lainnya. Seperti beberapa produk yang di hasilkan oleh industri tekstil berupa plastik yang biasanya di gunakan untuk industri bahan bangunan rumah sebagai pelapis dari bahan bangunan atap. Produksi karbon yang nantinya akan di gunakan oleh indusrtri otomotif untuk pembuatan bangunan body mobil yang bagus. Serta beberapa produk lainnya yang di keluarkan oleh perusahaan industri tekstil yang berguna bagi industri yang lainnya.
ads

2. Perusahaan Industri Makanan

Ini merupakan salah satu perusahaan industri yang mengeluarkan beragam produk yang akan menggugah selera kita. Bagaimana tidak, seperti perusahaan multinasional di indonesia, perusahaan industri makanan tergolong populer dan memiliki banyak cabang di karenakan kebutuhan akan hasil produksi yang mereka tawarkan di gunakan oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. Beberapa contoh hasil produksi dari perusahaan industri makanan yaitu : roti, industri es krim, makanan ringan, pasta, keju dan produksi lainnya. Bukankah masyarakat sekarang ini sangat menyukai makanan olahan dan kemasan yang merupakan hasil dan produk dari sektor perusahaan industri makanan? Ya, perkembangan industri makanan sudah sangat pesat dewasa ini.

3. Perusahaan Industri Otomotif

Ini merupakan salah satu contoh perusahaan industri yang akan merancang, memproduksi, mengembangkan, menjual serta memasarkan segala purna jual kendaraan bermotor. Otomotif sendiri bisa di artikan sebagai kata sifat yaitu : segala sesuatu yang memiliki keterkaitan dengan alat yang dapat bergerak dan berputar dengan sendirinya. Otomotif sendiri biasanya memiliki hubungan dan di kaitkan dnegan mesin atau motor yang bisa menggerakkan dan memberi daya pada benda yang lebih besar daripada mesin penggerak tersebut. Perusahaan industri otomotif tentunya memiliki kaitan yang sangat erat dengan dunia transportasi dimana kedua bidang yang saling berhubungan tersebut akan menggunakan tenaga motor dan mesin dalam pergerakan berbagai benda seperti motor, mobil, bus dan berbagai alat-alat lain yang kerap di gunakan pada bidang industri dan transportasi. Hanya saja bagi sebagian orang hanya akan mengaitkan istilah industri otomotif hanya sebatas masalah motor dan mobil yang mana makna sebenarnya dari sebuah industri otomotif lebih luas dari kedua hal tersebut.

4. Perusahaan Industri Kerajinan

Ada banyak industri kecil yang berkembang di indonesia, beberapa diantaranya adalah perusahaan industri kerajinan. Sama halnya dengan contoh perusahaan modal ventura, banyak kalangan dan berbagai daerah di Indonesia yang mampu berkembang dengan adanya kenaikan ekonomi hanya dengan perkembangan industri kerajinan yang mereka miliki. Industri kerajinan sendiri memiliki konsep dimana mereka adalah aktivitas dan kreativitas yang akan mempengaruhi naiknya perekonomian dan bisa menampung berbagai tenaga kerja khususnya pengrajin daerah. Kerajinan sendiri bisa di artikan sebagai salah satu unsur yang menciptakan sebuah karya seni berupa baran, barang kerajinan yang telah di bentuk bisa memberikan nilai seni dan dapat memenuhi berbagai kebutuhan manusia di sekitar lingkungan mereka dan dengan jangkauan yang lebih luas tentunya. Produksi dari perusahaan industri kerajinan berupa : kerajinan rotan, kerajinan songket, kerajinan pandan dan kerajinan barang bekas.

Sponsors Link

5. Perusahaan Industri Pengelolaan Limbah

Contoh perusahaan industri lainnya yaitu perusahaan industri pengolahan limbah yang akan bergerak sesuai dengan namanya yaitu mengelola limbah. Ada banyak limbah yang bisa kita temui dan sebenarnya masih bisa di manfaatkan dan diolah menjadi sesuatu produk yang lebih baik. Inilah alasan mengapa perusahaan seperti pengelolahan limbah berdiri dan terbentuk. Karena limbah yang akan menjadi bahan kontaminasi yang tidak baik tersebut sebenarnya bisa menjadi hal yang bermanfaat seperti pembuatan biogas, kompos dan yang lainnya. Jadi sebenarnya apapun yang menjadi jenis dari sub perusahaan industri memiliki peranan tersendiri yang tidak bisa di abaikan.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa contoh perusahaan industri di Indonesia yang bisa kami rangkum di dalam artikel ini. Jika anda hendak mempelajari berbagai keunggulan dan kekurangan dari berbagai perusahaan industri, tentunya anda bisa menanyakan dan mencaritau dari berbagai sumber terpercaya. Banyaknya perusahaan industri yang kian menjamur dan berkembang juga akan memberikan kesempatan untuk menambahkan peluang dan kesempatan kerja yang lebih luas bagi berbagai tenaga kerja di seluruh Indonseia yang masih kesulitan dalam mendapatkan lapangan pekerjaan. Semoga artikel ini bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Badan Usaha