Sponsors Link

5 Contoh Perusahaan Modal Ventura Yang Aktif di Indonesia

Perusahaan modal ventura merupakan sebuah lembaga yang berperan di bidang keuangan yang tidak termasuk kedalam jenis bank yang telah  sanggup melakukan investasi yang merupakan jenis dari investasi yeng beresiko. Ada banyak cara mendirikan perusahaan perseorangan termasuk dalam mendirikan perusahaan modal ventura. Perusahaan jenis ini biasanya di dirikan dengan adanya tujuan dan maksud tertentu sesuai dengan beberapa pertimbangan yang bersangkutan dengan lembaga yang bersiko dengan di dasari penanaman modal.

ads

Meskipun perusahaan modal ventura akan menanggung resiko yang amat tinggi ketika melakukan penanaman modal dan berinvestasi, namun pihak perusahaan tentunya telah memikirkan dan mengharapkan keuntungan yang juga tinggi dari berbagai penanaman dan penyertaan dari modal yang mereka sediakan berupa deviden dan capital gain. Investee company dan PPU atau perusahaan pasangan usaha merupakan jenis perusahaan yang sumber keuangan perusahaannya berdasarkan dari modal perusahaan ventura.

Jenis dari kegiatan yang di lakukan oleh bank dan perusahaan modal ventura merupakan salah satu pembeda dari keduanya. Perusahaan modal ventura merupakan sebuah badan usaha yang menyediakan pendanaan maupun modal terhadap sebuah perusahaan lain dan sekaligus akan selalu ikut campur dan memiliki peranan di dalam perekonomian perusahaan yang di berikan modal atau yang di biayainya, sedangkan bank hanya memeberikan pembiayaan berupa pinjaman modal namun tidak ikut serta dalam berbagai proses dan kegiatan yang di lakukan di perushaan yang mereka biayai.

Inilah mengapa perusahaan modal ventura sebenarnya memiliki berbagai karakteristik dan ciri khas yang berbeda dengan berbagai jenis badan usaha dan lembaga keuangan yang bukan jenis dari bank lainnya. Karakteristik dan ciri-ciri dari perusahaan modal ventura adalah:

  • Kegiatan yang di ikut sertakan oleh modal ventura memiliki sifat yang akan langsung berdampak pada perusahaan
  • Bisnis yang di biayai dan di masuki adalah sebuah bisnis besar yang resikonya juga tinggi
  • Biasanya waktu yang di pakai adalah 3 tahun keatas jika permodalan perusahaan bersifat pembiayaan jangka panjang
  • Kegiatan modal ventura biasanya berpusat pada pengembangan sebuah usaha dan dalam membentuk sebuah usaha baru
  • Keuntungan perusahaan ventura biasanya di dapat dari bagi hasil, capital gain dan deviden yang hasilnya biasanya di dapat dari penanaman modal yang di butuhkan

Jenis-Jenis Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan modal ventura bukan hanya lembaga keuangan yang akan membantu dalam kesiapan kauangan atau modal namun juga mencangkup dalam perihal bantuan manajemen perusahaan. Inilah perbedaan mendasar dengan berbagai lembaga keuangan lainnya yang akan memfasilitasi masalah jaminan pinjaman modal saja tanpa harus terlibat langsung dengan cara dan pengelolaan modal tersebut. Mekanisme dai perusahaan ventura terbagi dua jika di tinjau dari sisi cara pemberian modal atau bantuan keuangan tersebut yaitu :

  • Single Tier Approach

Jenis perusahaan ventura yang satu ini merupakan yang bertindak sebagai management company atau pengelola dana dan fund company atau penyedia dana. Dana yang meeka kelola merupakan himpunan dari perushaan dan dari individu yang merupakan bagian dari investor. Selanjutnya dana yang telah terkumpul tersebut kemudian di tanamkan kepada sebuah perushaan yang membutuhkannya sebagai modal pinjaman. Biasanya perusahaan yang dipinjamkan dana oleh perusahaan ventura merupakan sebuah perushaan yang inovatif dan berkembang. Modal akan di tarik kembali oleh pihak perusahaan modal ventura jika perusahaan tersebut telah mandiri dn berkembang.


  • Two Tier Approach

Jenis perusahaan modal ventura yang satu ini terdiri dari 2 lembaga yang terpisah yaitu management company atau pihak pengelola dana dan fund approach atau penyedia dana seperti halnya contoh perusahaan virma di Indonesia. Pada peusahaan modal ventura jenis ini biasanya di awali degan pihak pengelola dana yang akan menyediakan dan memberikan dana terhadap perusahaan yang membutuhkan. Kemudian pihak dari perusahaan pengelola atau managemnt company akan membantu dalam pengelolaan investasi dana yang telah di berikan sebelumnya.

Sedangkan pembagian dari perusahaan modal ventura berdasarkan cara pendapatan modal juga terbagi atas dua jenis yaitu :

  • Laverge Venture Capital

Ini merupakan jenis perusahaan yang sumber modalnya berasal dari pinjaman. Modal atau dana yang berdasalkan dari hutang mauun pinjaman dari bank, perusahaan asuransi, investor perorangan dan dana pensiun.

  • Equity venture Capital

Ini merupakan perusahaan modal firma yang mendapatkan sumber dana atau modal dari perusahaan itu sendiri. Biasanya sumber modal tersebut berasal dari lab yang tak di bagi, cadangan dan modal saham.

Sedangkan cara membayarkan penanaman dana atau modal perusahaan ventura biasa di lakukan dengan berbagai cara seperti berikut :

  • pengambilan saham secara langsung yang di hasilkan oleh perusahaan yang menjadi mitra usaha atau yang di pinjami modal usaha.
  • Dengan adanya pembelian dari obligasi konversi yang biasanya akan di ubah menjadi penyertaan modal atau saham pereroan dalam jangka waktu yang telah disepakati bersama.

Sedangkan pola bagi hasil yang biasanya di pakai oleh perusahaan modal ventura adalah sebagai berikut :

  • Secara Revenue Sharing atau berdasarkan bagi hasil yang di dasarkan oleh perolehan pendapatan.
  • Secara Net Profit Sharing atau berdasarkan sitim bagi hasil berdasarkan berbagai keuntungan bersih.
  • Bagi hasil dari sistem bagi hasil di dasari atas perjanjian bersama.

Sedangkan untuk contoh beberapa perusahaan modal ventura yang sangat aktif di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • CyberAgent Venture : Merupakan sebuah perusahaan modal ventura yang berasal dari Jepang dan telah mulai berkembang dan melakukan investasi di Indonesia yang memiliki kantor usat di Jakarta. CyberAgent Venture bersama dengan east ventures merupakan perusahaan modal ventura yang ikt berkontribusi terhadap tokopedia.
  • 500 Startups : Merupakan sebuah perusahaan modal ventura yang prestasinya sudah banyak di akui di dunia. Perusahaan modal ventura yang satu ini sangat ternama dan biasanya sering di pakai jasanya karena pendirinya merupakan para orang – orang ternama seperti para staff facebook, paypal dan google. 500 startups ini telah di dirikan dan berkembang di Indonesia semenjak tahun 2013 dan juga mejadi salah satu investor di Bukalapak.
  • East Ventures : Salah satu perusahaan modal ventura ini telah berdiri dari tahun 2010. Ini merupakan perushaan modal ventura pertama yang ada di Indonesia. Dibandingkan dengan berbagai perusahaan – perusahaan mutinasional di Indonesia lainnya yang masih ragu untuk erinvestasi di Indonesia.
  • IMJ : Salah satu perusahaan modal ventura yang memberikan beberapa produk berupa bantuan kepada para startup adalah IMJ. Perusahaan modal ventura ini juga menyediakan berupa bantuan di bidang jasa akses internet, relasi pengembangan bisnis dan pengembangan produk.
  • Fenox Venture Capital : Ini adalah salah satu perusahaan modal ventura yang cukup terkenal di kalangannya. Apabila anda menjadi salah satu calon partner mereka maka anda akan terhubung dengan perusahaan yang ada di Jepang dan di silicon valley. Ini akan membantu pertumbuhan dari perusahaan anda dan pastinya akan menetukan perbedaan perusahaan kecil menengah dan besar.

, ,
Oleh :
Kategori : Badan Usaha