5 Contoh Perusahaan Multinasional Terbaik di Indonesia

Perusahan merupakan sebuah wadah yang menampung adanya kegiatan produksi dan juga merupakan sebuah tempat dimana semua faktor yang mempengaruhi sebuah produksi dapat berkumpul. Ada berbagai jenis perusahaan yang dapat kita temukan seperti adanya salah satu ciri-ciri perusahaan jawatan. Semua perusahaan, di Indonesia khususnya ada yang telah terdaftar maupun ada juga beberapa yang sama sekali tidak terdaftar. Perusahaan yang memiliki badan usaha di dalamnya merupakan perusahaan yang namanya telah terdaftar di dalam pemerintahan Indonesia. Status dari perusahaan itu sendiri adalah sebuah badan usaha yang dimilikinya.

Sedangkan untuk MNC atau yang biasa kita kenal dengan istilah Multinational Corporation atau perusahaan multinasional ini merupakan sebuah perusahaan yang dapat beroperasi di dalam 2 negara atau lebih secara sekaligus. Adanya hubungan internasional yang telah diberlakukan sekarang ini menjadi salah satu hal positif yang mendasari adanya fenomena MNC ini, hal ini sangat dominan jika di kaji di bidang perkembangan perekonomian dunia dan masalah globalisasi perdagangan sebuah negara.

Perusahaan multinasional ini memiliki fungsi dan pengaruh yang spesifik karena adanya perusahaan multinasional di sebuah negara akan menjadi salah satu perusahaan yang akan menyumbangkan dan membayar pajak tinggi untuk sumber pendapatan dari negara yag di tempati perusahaan tersebut sebagai faktor perkembangan ekonomi negara. Perusahaan multinasional ini merupakan sebuah karya baru yang akan selalu hadir dan tidak bisa di hindari sebagai bentuk dari adanya era globalisasi. MNC adalah perwujudan dari sebuah hubungan internasional di dalam pergadangan modern dimana keuntungannya menjadi topik dasa dari adanya perusahaan multinasional di dalam sebuah negara.

Ciri-Ciri, Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Multinasional

Selain dari keberadaan dari perusahaan multinasional yang fenomenal sekarang ini dan berbagai  contoh perusahaan persekutuan di Indonesia. Ada beberapa poin penting yang sebaiknya kita ketahui mengenai perusahaan multinasional tersebut seperti ciri-ciri yang telah di rangkum dibawah ini :

  • Ruang lingkup dari sumber keuangan perusahaan atau income generating dari perusahaan multinasional biasanya akan melampaui dari batas-batas income negara
  • Kontrol perusahaan terhadap adanya pemakaian modal dan pemakaian teknologi sangat penting karena 2 faktor utama tersebut adalah faktor yang mendasari keuntungan kompetitif dari perusahaan multinasional.
  • Sistim perdagangan yang terjadi di dalam perusahaan multinasional biasanya terjadi di dalam ruang lingkup di perusahaan itu sendiri, walaupun proses produksinya terjadi di antarnegara walaupun fungsi produksi dalam perusahaan sangatlah penting.
  • Pengembangan dari sistem distribusi dan managemen yang terjadi di lintas batas-batas negara terutama yang terjadi pada sistem lisensi, ventura dan franchise.

Adapun Keuntungan yang di tawarkan oleh contoh perusahaan multinasional di Indonesia adalah :

  • Membuka lapangan kerja baru dan menambah kesempatan kerja di negara yang di tempati oleh perusahaan tersebut.
  • Menambah modal devisa negara dengan penanaman modal di bidang ekspor barang.
  • Akan berkurang kebutuhan devisa di sektor industri barang import.
  • Membantu proses memoderalisir suatu perkembangan negara
  • Membantu  perkembangan di negara tersebut.

Namun selain kelebihan perusahaan multinasional tersebut, ada beberapa kelemahan yang kami rangkum di bawah ini :

  • Kekuasaan ekonomi negara yang di tempati oleh perusahaan multinasional tersebut tentunya dapat terpengaruhi jika perkembangan dan jumlah perusahaan multinasional makin banyak.
  • Berpotensi untuk mengacaukan kehidupan ekonomi dan politik sebuah negara karena profit yang akan dialihkan keluarnegri terhadap pemegang saham dan adanya penyembunyian keuntungan agar bebas pajak.

Beberapa contoh perusahaan persekutuan di Indonesia, memang menjadi momok tersendiri. Tak ayal ada pro dan kontra termasuk dari adanya perusahaan multinasional yang kian berdatangan dan memegang peranan di dalam perkembangan sebuah negara. Karena ada banyak perbedaan perusahan kecil menengah dan besar yang menonjol saat sekarang ini. Sedangkan ada beberapa keluhan yang biasa dikeluhkan sebuah negara yang di tempati oleh perusahaan multinasional adalah : 

  • MNC mendominasi perekonomian negara tersebut
  • MNC terkadang mencari profit yang sangat besar
  • Biasanya hanya memakai dan memperkerjakan tenaga kerja lokal yang berbakat saja
  • Tidak terlalu memiliki peran dalam membantu perkembangan perusahaan domestik
  • Biasanya tidak terlalu menghormati hukum maupun adat yang berlaku
  • Akan adanya proses interverensi terhadap pemerintah lokal

MNC akan beroperasi di 2 negara atu lebih, maka adanya peluang sekaligus kesempatan dalam berinteraksi dengan patner dari berbagai negara lain akan sangat tinggi. Seorang pekerja di MNC haris pandai melihat jenjang karir secara global, karena persaingan akan sangat tinggi dan akan ada peluang dimana pekerja di pindahkan ke berbagai negara lainnya. Berikut beberapa contoh perusahaan multinasional terbaik di Indonesia yang terbaik adalah :

1. Google

Siapa yang tidak mengenal sebuah mesin pencari internet raksasa ini? Google telah di rancang untuk menurunkan level birokrasi internal yang mana akan berpengaruh terhadap keefektifitas dari proses administratif. Perusahaan multinasional amerika serikat ini beroperasi dan bergerak di bidang produk dan layanan internet seperti halnya mesin pencari, periklanan daring, komputasi web dan perangkat lunak. Perusahaan besar ini pertama kali di dirikan pada tahun 1996 oleh Sergey Brin dan Larry Page. Google merupakan perusahaan multinasional besar yang mengandalkan beragam ciri-ciri perusahaan jasa yang sangat produktif sekarang ini.

2. LG

Pada tahun 1947 LG merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kimia pertama di negara Korea. Adanya perusahaan LG merupakan sebuah kerjasama yang terjalin antara keluarga Heo dan Koo yang sebenarnya telah bersaing dan memiliki beragam bisnis keluarga selama beberapa generasi sebelumnya.  Perusahaan ini kemudian mulai merambah ke sektor elektronik dan berbagai barang peralatan rumah tangga. LG sendiri telah tumbuh dan berkembang semenjak tahun 1990 di Indonesia.

3. KFC

Salah satu merek dagang dari perusahaan waralaba yang berasal dari Yum! Brands, Inc ini mulai di kenal dan menjadi salah satu brand favorit di Indonesia. KFC yang pertama kali di dirikan di Louisville, Kentucky daerah Amerika Serikat ini sebenarnya pertama kali di ciptakan oleh Col. Harland Sanders. Produksi dari ayam goreng merupakan salah satu produk KFC yang sangat popular dan di kenal. Di Indonesia sendiri, KFC telah terbentuk semenjak tahun 1979.

4. Levi

Siapa yang tidak mengenal brand yang mengeluarkan berbagai produk jeans yang berkualitas satu ini? Ya, perusahaan Levi telah terbentuk semnjak tahun 1880 oleh Levi Strauss, di Genoa, Italia. Biasanya celana jean satu ini di pakai oleh para angkatan laut. Celana Levi biasa di panggil dengan sebutan bleu de Genes yang merupakan artian dari biru Genoa. Dan Levi telah memiliki ribuan pekerja yang saat ini telah tersebar di berbagai negara.

5. EPSON

Perusahaan Jepang yang berproduksi di Indonesia ini memang manjadikan negara kita menjadi sebuah pusat produksi mereka. EPSON sebenarnya cabang dan anak dari sebuah perusahaan jam ternama yaitu Seiko. EPSON sendiri merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang elektronik dimana menjadi sebuah produsen peralatan informasi dan printer komputer yang terkenal. Epson memiliki kantor di daerah Suwa, Jepang. Perusahaan multinasional ini telah memproduksi berbagai macam laser printer, scanner, desktop komputerm robot dan dot matrix dan merupakan salah satu dari sekian banyak contoh perusahaan multinasional terbaik di indonesia