Sponsors Link

10 Ciri ciri Sistem Ekonomi Campuran di Dunia

Berbicara mengenai sistem perekonomian tidak akan pernah ada habisnya, selalu ada pihak yang mendukung dan pihak yang tidak sejalan dengan sistem-sistem ekonomi yang ada. Setiap negara memiliki dan menerapkan sistem ekonomi berbeda-beda sesuai dengan situasi dan kondisi dari negara tersebut. Ada beberapa sistem ekonomi yang populer dalam dunia perekonomian antara lain sistem ekonomi liberal, sistem ekonomi komando, dan masih banyak lainnya. (Baca juga : ciri-ciri sistem ekonomi tradisional , Fungsi Ilmu Ekonomi )

Semua memiliki kelemahan dan kelebihan sendiri-sendiri. Alasan tersebut yang membuat munculnya suatu sistem ekonomi yang memadukan dua atau lebih sistem ekonomi yang ada dengan tujuan untuk menciptakan sebuah atmosfer ekonomi yang baik serta menciptakan sebuah perkembangan. Sistem ekonomi ini sering disebut dengan sistem ekonomi campuran karena di dalamnya terdapat dua campuran atau lebih dari sistem ekonomi, misalkan campuran antara sistem ekonomi liberal dan sistem ekonomi komando dimana akan menghasilkan sebuah sistem ekonomi yang memberikan kebebasan bagi semua pihak untuk melakukan kegiatan ekonomi tapi tetap dalam pengawasan pemerintah.

Baca Juga:

Sebelum lebih jauh membahas tentang sistem ekonomi campuran, sebaiknya kita fahami terlebih dahulu tantang apa itu sistem ekonomi campuran. Sistem ekonomi campuran pada dasarnya adalah sebuah sistem ekonomi yang berada diantara pertengahan antara sistem ekonomi komando atau sosialis dengan sistem ekonomi pasar bebas. Dimana sumber daya yang ada dialokasikam oleh pasar dan pemerintah, bisa dibilang terjadi sebuah keseimbangan antara peranan dari pemerintah dan pihak pasar. Dengan begini bisa dibilang bahwasannya sistem ekonomi campuran memiliki sebuah tujuan untuk menghindari penyelwengan kebebasan yang diberikan pemerintah kepada pihak lain dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Jadi bisa dikatakan bahwasannya sistem ekonomi campuran ini bisa dibilang sebagai sistem ekonomi demokrasi, memberikan kebebasan bagi seluruh elemen atau pihak masyarakat dalam berkontribusi dalam kegiatan ekonomi dengan batasan-batasan tertentu.

Baca Juga:

Untuk lebih jelasnya tentang sistem ekonomi campuran, dalam artikel ini akan dijelaskan tentang ciri-ciri sistem ekonomi campuran, antara lain :

  1. Terjadinya interaksi dalam pasar

Dalam sistem ekonomi campuran suasana pasar lebih terasa, mengapa seperti itu karena dalam pasar menyediakan kebebbasan bagi semua pihak sehingga banyaknya terjadi sebuah interaksi. Dalam pasar yang boleh berbicara atau berkontribusi bukan hanya pemerintah namun pihak lain juga boleh beraktifitas dalam pasar, dengan begitu pasar akan menjadi sebuah tempat untuk meluangkan segala aktivitasnya demi kemajuan dan perkembangan perekonomian. Lebih mudahnya dengan adanya sistem ekonomi campuran ini perekonomian menjadi luwes dan tidak kaku. (Baca juga : contoh tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari , Pasar Persaingan Tidak Sempurna)

  1. Kebebasan dengan sebuah pengawasan

Inilah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh sistem ekonomi campuran dimana meskipun memberikan sebuah kebebasan dalam melakukan aktivitas ekonomi namun tetap adanya sebuah pengawasan dari pemerintah sehingga kebebasan yang diberikan tidak akan disalah gunakan, tahu sendiri jika berbicara tentang ekonomi pasti tidak lepas dengan uang, jika semua pihak diberikan kebebasan seluas-luasnya tanpa sebuah pengawasan maka akan terjadi sebuah penyelewengan, bisa dibilang mereka akan melakukan segala sesuatu sekalipun itu salah atau tidak diperbolehkan. (Baca Juga: Instrumen Pasar Uang , Sistem Keuangan Internasional Dari Masa Ke Masa)

  1. Pihak swasta diberikan ruang untuk melakukan kegiatan ekonomi

Berbeda dengan sistem ekonomi komando yang tidak memberikan izin atau ruang sedikitpun bagi pihak swasta untuk mengembangkan usahanya atau melakukan aktivitas perekonomiannya. Namun tetap ada sebuah pengawasan yang akan dilakukan oleh pemerintah. Pada intinya antara pemerintah dan swasta saling berintegrasi untuk saling menguntungkan dan meraih satu tujuan yang sama yakni perkembangan ekonomi yang baik. (Baca Juga: Ciri-ciri Sistem Ekonomi Komando , Negara yang Menganut Sistem Ekonomi Sosialis)

  1. Sumber daya vital murni milik pemerintah

Kebebasan yang ada di sistem ekonomi campuran tidak diartikan suatu kebebasan yang seluas-luasnya tapiu ada suatu batasan yang akan mengontrol segala sesuatu yang berkaitan dengan perekonomian. Hal ini terbukti dengan sumber daya yang vital dan penting serta menyangkut hajat hidup orang banyak dikuasi oleh pemerintah contohnya seperti air, listrik, jalan , jembatan dan lainnya. Hal ini dilakukan karena mencegah suatu penyelewengan yang dilakukan oleh beberapa pihak, bisa kita bayangkan apabila pihak swasta atau yang lain diperbolehkan menguasai sumber daya vital yang ada, maka negara akan bangkrut dan perekonomian akan semakin menurun kualitasnya. (Baca Juga: Fungsi Pasar Modal Dalam Perekonomian , Aspek Ekonomi Makro)

  1. Persaingan secara sehat

Dalam sistem ekonomi campuran ini suasana ekonomi lebih hidup dibanding dengan sistem ekonomi komando, karena dalam sistem komando tidak ada namanya persaingan karena semua d kendalikan oleh pemerintah, namun dalam sistem ekonomi campuran ini terjadi sebuah persaingan yang sehat dan adil, dimana semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ekonomi dituntut untuk mengerahkan segala daya dan upayanya serta kreatifitas dan inovasi baru yang membuat mereka akan tetap bertahan dalam perekonomian negara tersebut. (Baca juga : Ruang Lingkup Ekonomi Moneter , Manfaat Ekonomi Internasional)

  1. Hak pribadi diakui

Dalam ekonomi campuran hak individu diakui dan memang ada izin dari pemerintah bagi individu untuk melakauakan aktivitas perekonomian baik dalam pasar maupun non pasar. (Baca Juga: Jenis Instrumen Pasar Modal)

  1. Ekonomi kreatif (wirausaha)

Berbicara tentang wirausaha atau ekonomi kreatif dalam sistem ekonomi campuran bisa dibilang sebagai icon. Dalam sistem ini pemerintah sangat mendukung masyarakatnya yang kreatif, memiliki kemauan dan rajin untuk membuka dan mengembangkan usahanya sendiri atau yang sering disebut dengan wirausaha. Bahkan pemerintah sering emngadakan sebuah pelatihan untuk mendidik dan membekali masyaraktanya dengan pengetahuan tentang bisnis dan ekonomi, selain itu pemerintah juga sering memberikan suatu bantuan untuk pihak yang memang berkeinginan untuk berwirausaha. (Baca juga : manfaat ekonomi kreatif)

  1. Pengawasan dilakukan pemerintah 

Berbicara mengenai sistem ekonomi campuran identik dengan pengawasan pemerintah, hal ini dilakukan bukan untuk membatasi atau mengekang pihak lain atau masyarakat mengembangkan ekonomi dengan cara dan kemampuan mereka masing-masing. Tentu masih perlu suatu bimbingan dan pengawasan yang membuat mereka untuk jadi lebih baik, karena tanpa sebuah pengawasan mereka akan mudah sekali goyah dan tidak beraturan.

Artikel terkait :

  1. Mekanisme pasar menentukan jumlah barang yang diproduksi

Mekanisme pasar menjadi salah satu aspek penting, hal ini dikarenakan situasi dan kondisi akan mempengaruhi jumlah produksi yang ada, ketika dalam pasar permintaan terus meningkat maka produksi yang dilakukan besar-besaran, namun jika perimtaan sudah turun, pemerintah sebaiknya untuk mengurangi jumlah produksinya. (Baca Juga: Metode Perhitungan Pendapatan Nasional , Kebijakan Ekonomi Makro)

  1. Peran pemerintah dan pihak swasta sama

Dalam ekonomi campuran ciri khas yang membedakan antara ekonomi ini dengan sistem lainnya yakni terjadinya perpaduan antara dua elemen penting ekonomi yakni pemerintah dan swasta yang intinya ingin meraih tujuan untuk berkembang dan berkembang lagi. (Baca juga : contoh prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari)

Itulah sedikit informasi mengenai ciri-ciri sistem ekonomi campuran, dimana prinsip yang digunakan dalam sistem perekonomian ini adalah keseimbangan antara pemerintah dan pihak swasta, dengan hal tersebut diharapkan perekonomian di negara tersebut akan berkembang.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi