Sponsors Link

Interaksi Pelaku Kegiatan Ekonomi pada Suatu Negara

Dalam memproduksi barang dan jasa, pihak perusahaan memerlukan faktor-faktor produksi yang dalam hal ini faktor produksi tersebut dimiliki oleh rumah tangga. Untuk mendapatkan barang dan jasa, rumah tangga harus memiliki alat tukar yang disebut uang. Uang tersebut data diperoleh rumah tangga dengan menjual jasa atau faktor-faktor produksi yang dimiliki kepada perusahaan.

ads

Dalam perkembangan lebih lanjut, perekonomian ditandai dengan adanya campur tangan pemerintah dan masyarakat luar negeri. Artinya, perekonomian berkembang dari perekonomian sederhana menjadi perekonomian terbuka.

Pelaku ekonomi dibagi menjadi empat bagian, yaitu:

  • Rumah tangga. Rumah tangga merupakan kelompok masyarakat yang memiliki faktor produksi berupa faktor produksi tenaga kerja, tanah, modal, dan wirausaha.
  • Pemerintah. Dalam perekonomian, peran pemerintah sebagai pelaku ekonomi adalah mengatur, mengendalikan, dan mengadakan kontrol terhadap jalannya perekonomian di suatu negara agar tetap berjalan dengan baik.
  • Masyarakat luar negeri/sektor luar negeri. Masyarakat luar negeri berperan sebagai konsumen, produsen, investor, dan tenaga kerja ahli.

Antara pelaku-pelaku ekonomi tersebut menimbulkan adanya interaksi. Hal ini dikarenakan seluruh pelaku ekonomi saling membutuhkan sehingga terjadi arus lingkar kegiatan ekonomi (circulair flow of economic activity). Arus lingkar macam-macam kegiatan ekonomi menggambarkan adanya aliran arus barang atau jasa dan uang dari dan kepada masing-masing pelaku ekonomi tersebut.

Interaksi Pelaku Kegiatan Ekonomi

Interaksi pelaku kegiatan ekonomi dibagi menjadi dua, yaitu perekonomian dua sektor dan perekonomian empat sektor.

  • Perekonomian Dua Sektor

Dalam perekonomian dua sektor, pelaku kegiatan ekonomi yang berperan adalah rumah tangga dan perusahaan. Berikut penjelasan interaksinya:

Pelaku kegiatan ekonomi yang berupa rumah tangga merupakan kelompok masyarakat yang memiliki kegiatan konsumsi barang dan jasa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Rumah tangga memiliki faktor-faktor produksi yaitu tanah, tenaga kerja, modal, dan wirausaha. Dengan adanya faktor produksi yang dimiliki, maka rumah tangga memiliki peran penting dalam terlaksananya produksi di perusahaan. Hal ini dikarenakan faktor produksi dari rumah tangga menghasilkan barang dan jasa di perusahaan.

Setelah adanya interaksi dari rumah tangga ke perusahaan, maka pelaku kegiatan ekonomi yang berupa perusahaan mengalirkan arus uang yang bisa berupa upah, gaji, sewa, laba,dan jenis pendapatan lainnya ke rumah tangga konsumsi. Arus uang tersebut timbul karena adanya balas jasa atas penggunaan faktor produksi yang dimiliki rumah tangga oleh perusahaan.

Pendapatan yang diterima rumah tangga akan kembali mengalir ke perusahaan. Arus uang ini akan terus berlanjut dengan syarat rumah tangga memiliki pendapatan yang dapat digunakan untuk belanja atau memenuhi kebutuhan dan perusahaan masih tetap berproduksi.


Dengan adanya uang yang dikeluarkan rumah tangga untuk belanja atau memenuhi kebutuhan, maka perusahaan akan mengalirkan barang dan jasa yang dibutuhkan. Perusahaan dapat memberikan barang atau jasanya melalui perantara seperti distributor, dan pada akhirnya barang atau jasa dapat sampai ke tangan rumah tangga konsumen.

  • Perekonomian Empat Sektor (Perekonomian Terbuka)

Dalam perekonomian empat sektor, pelaku kegiatan ekonomi yang berperan adalah rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan sektor luar negeri. Berikut penjelasan interaksinya:

Dari sisi rumah tangga, rumah tangga menyediakan faktor produksi yaitu tanah, tenaga kerja, modal, dan wirausaha kepada perusahaan melalui pasar input (sumber daya). Kemudian rumah tangga juga meminta barang dan jasa dari perusahaan melalui pasar output.

Dari sisi perusahaan, perusahaan memberikan barang dan jasa kepada rumah tangga melalui pasar output. Kemudian perusahaan juga meminta tanah, tenaga kerja, modal, dan wirausaha dari rumah tangga melalui pasar input (sumber daya).

Dari sisi pemerintah, pemerintah memiliki peran dalam membuat keputusan terkait rumah tangga, perusahaan, dan sektor luar negeri. Dalam pelaksanaannya, pemerintah membeli sumber daya seperti tenaga kerja dan membeli barang atau jasa. Pembelian tersebut dilakukan pada pasar input. Kemudian pemerintah mengubah sumber daya tersebut menjadi barang dan jasa publik yang diberikan kepada rumah tangga dan perusahaan.

Pelaksanaan kegiatan pemerintah dalam pengubahan sumber daya tersebut didanai dari penerimaan yang berasal dari rumah tangga, perusahaan, dan masyarakat luar negeri berupa pajak dan pendapatan atas penggunaan barang dan jasa pemerintah. Pendapatan yang diterima oleh pemerintah tidak hanya digunakan untuk mengubah sumber daya, tetapi juga digunakan untuk pembayaran transfer seperti dana kesejahteraan kepada rumah tangga tertentu dan pemberian subsidi kepada perusahaan tertentu.

Dari sisi sektor luar negeri memberikan sumber daya kepada pasar input dan juga meminta sumber daya dari pasar yang sama yaitu pasar input. Sektor luar negeri juga melakukan pembayaran atas penggunaan sumber daya dan penerimaan atas penjualan barang dan jasa.

, , , , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro