Sponsors Link

7 Contoh Pembangunan Ekonomi Daerah

Pembangunan ekonomi ini sendiri merupakan sebuah proses yang terjadi akibat adanya peningkatan dari pendapatan perkapita dan pendapan total dan nantinya akan memperhitungkan seberapa banyak pertambahan jumlah penduduk dan kebutuhan yang diperlukan. Ini nantinya akan memperbaiki pendapatan fundamental dari sebuah daerah yang akan membuat penduduk disana menjadi lebih terarah dan lebih baik kehidupannya. Dimana pembangunan ekonomi ini akan terjadi secara berkelanjutan dan berkepanjangan dan akan menjadi sbuah kombinasi dari proses agar bisa mendapatkan sebuah kehidupan perekonomian yang lebih baik lagi seperti dampak positid pembangunan ekonomi.

Sedangkan salah satu contoh pembangunan ekonomi daerah mungkin bentuk upaya penyediaan dan perbaikan sistem lapangan kerja agar masyarakat bisa mendapatkan hal yang lebih baik. dimana contoh pembangunan ekonomi daerah ini nantinya akan berguna dan emmiliki manfaat bagi pembangunan negara secara keseluruhan. Pembangunan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan dan juga melengkapi strategi pembangunan dan bidang sektoral agar bisa meneruskan upaya pembangunan Nasional. Ini juga nantinya berfungsi dalam membangun dan membuat perekonomian sebuah negara menjadi lebih stabil.

Contoh Pembangunan Ekonomi Daerah

Untuk Memperjelas apa saja yang memungkinkan menjadi pembangunan ekonomi daerah, kita harus mengerti apa itu pembangunan ekonomi daerah. Berikut ragam contohnya :

1. Membangun Jalan-Jalan Yang Rusak

Ada banyak jalanan yang rusak di masing-masing daerah, apalagi bagi daerah yang masih terpencil. Kebanyakan faktor non ekonomi yang mempengaruhi pembangunan biasanya akan digunakan untuk bisa mendapatkan pembangunan yang terarah dan lebih efesien. Pembangunan ekonomi daerah di sektor jalan ini merupakan sebuah hal yang vital. Karena, jalan merupakan akses bagi banyak orang untuk bisa berpergian. Tanpa adanya jalan yang memadai, maka sebuah daerah akan terkendala dalam pembangunan lainnya.

2. Membangun Sarana Peminjaman

Adanya badan keuangan yang bisa menyokong banyak aktifitas simpan pinjam di sebuah daerah akan membuat perekonomian rakyat menajdi lebih baik. Jadi, sangat disarankan untuk Mengupayakan pembangunan yang terkontrol seperti contoh pembangunan ekonomi daerah lainnya. Karena kebanyakan daerah masih belum memiliki support untuk media keuangan yang layak digunakan tanpa harus khwatir dan bepergian jauh hanya untuk memperbaiki perekonomian keluarga mereka.

3. Membangun Sumber Daya Air Yang Bersih

Menggalakkan sebuah mata air bersih untuk digunakan oleh masyarakat adalah hal yang wajar dalam pembangunan ekonomi daerah. Karena masyarakat layak mendapatkan sumber air bersih untuk makan, minum dan mandi serta aktifitas lainnya. jadi, mendirikan PAM adalah salah satu alternatif untuk penyediaan air bersih yang dibutuhkan oleh setiap masyarakat yang ada. Dan tentunya ini masuk ke dalam daftar di dalam pembangunan daerah.

4. Menyiapkan dan Menambah Lapangan Kerja

Ada banyak jenis lapangan kerja yang bisa dibangun dan di siapkan dalam pembangunan ekonomi tersebut. Misalnya saja untuk menambahkan semua hal yang berkaitan dengan lahan-lahan perkebunan dan pertanian, dimana masyarakat bisa ikut serta sebagai pekerja di sana. Dengan adanya lapangan kerja tersebut, maka boleh dikatakan pembangunan daerah akan berjalan dan dirumuskan dnegan baik oleh pejabatnya.

4. Penyediaan Fasilitas Untuk Komunikasi

Misalnya saja memperbaiki dan melestarikan menara jaringan seluler agar masyarakat di daerah bisa menggunakannya dnegan baik. Dan ini juga bisa menajdi salah satu upaya agar kita bisa membantu dalam melancarkan komunikasi antar masyarakat agar tidak ada lagi masyarakat yang sulit meraih sebuah kabar. Dan juga menderikan layanan telepon umum juga termasuk ke dalam poin penting yang satu ini.

5. Melakukan Penyuluhan SDM

Ada banyak sekali SDM yang belum terasah dalam sebuah daerah. jadi, diperlukan sebuah pelatihan dan penyuluhan secara menyeluruh agar nantinya kita bisa mendapatkan SDM dengan kamampuan terbaik untuk mengelola dan meningkatkan SDA yang ada di setiap daerah. Untuk itu, sangat diperlukan koordinasi di semua bagian penjabat daerah agar terciptanya sebuah kolerasi yang maksimal.

6. Penyediaan Alat Membersihkan Lingkungan dan penghijauan

Sangat diperlukan lingkungan yang bersanitasi baik di sebuah daerah. Ini juga termasuk ke dalam sbeuah penghijauan yang juga sangat perlu agar daerah tersebut terjaga dan tidak terjangkit banyak masalah yang membahayakan. Dengan perbaikan sanitasi sebagai salah satu angenda di dalam pembangunan ekonomi daerah maka masyarakat akan merasakan dampak positif dari hal tersebut. Seperti berkurangnya penyakit dna hal lainnya.


7. Mendirikan Layanan Kesehatan

Kesehatan adalah salah satu hal yang penting, Jadi, sangat diprioritaskan di sebuah daerah ada pelayanan kesehatan seperti posyandu maupun puskesmas. Agar masyarakat tetap mendapatkan layanan kesehatan tanpa harus pergi jauh-jauh dan kesulitan mendapatkan akses kesehatan.

Demikianlah 7 contoh pembangunan ekonomi daerah yang mungkin penah dan sedang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Seperti ciri-ciri pembangunan ekonomi modern di Setiap negara berkembang.

 

 

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro