Sponsors Link

9 Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Ekonomi Singkat dan Jelas

Kita mengenal kembali istilah pertumbuhan ekonomi (economic growth) dengan pembangunan ekonomi (economic development) merupakan dua hal yang memiliki arti berbeda. Pertumbuhan ekonomi digunakan untuk menjelaskan perkembangan suatu negara yang mengalami peningkatan pendapatan nasional riil. Sedangkan, pembangunan ekonomi dipakai untuk menjelaskan negara-negara yang sedang mengalami perkembangan ekonomi. Salah satu indikator untuk membandingkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi adalah dengan melihat PDB (Produk Domestik Bruto). Lalu apa saja perbedaan-perbedaan pada pertumbuhan dan perkembangan ekonomi tersebut? Berikut ulasannya!

ads

Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan Ekonomi

Adapun yang termasuk dalam perbedaan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, diantaranya adalah :

  1. Pertumbuhan ekonomi adalah proses dari produk per kapita yang berkembang dalam jangka waktu yang lama, sedangkan pembangunan ekonomi adalah peristiwa perubahan yang berlangsung terus menerus sehingga menghasilkan suatu perubahan ekonomi yang luas.
  1. Apabila di dalam suatu negara pertumbuhan ekonomi sedang terjadi, maka belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi, sementara ketika terjadi perkembangan ekonomi, maka saat itu pula pertumbuhan ekonomi sedang terjadi. Keterkaitan yang sangat berbeda bukan?
  2. Hasil yang didapatkan dari pertumbuhan ekonomi selalu lebih banyak dan meluas, namun dalam perkembangan ekonomi bukan hanya hasil yang banyak, namun terjadi perbaikan dari sisi kelembagaan dan pengetahuan teknik yang begitu signifikan.
  3. Pada pertumbuhan ekonomi terjadi peningkatan yang signifikan terhadap barang dan jasa, sedangkan pada perkembangan ekonomi, yang ditingkatkan adalah kualitas hasil produksinya bukan banyak barang produksinya.
  4. Ketika terjadi pertumbuhan ekonomi, jumlah GNP lebih besar dari naiknya jumlah penduduk, sementara pada perkembangan ekonomi sangat diperhatikan dengan benar dan seksama apakah kenaikan GNP lebih besar atau lebih kecil dari meningkatnya jumlah penduduk.
  5. Pembangunan ekonomi akan memperhatikan PDB dengan kemajuan IPTEK yang edang berkembang, sedangkan pertumbuhan ekonomi tidak memperdulikan hal itu.
  6. Pembanguan ekonomi pun akan mempertimbangkan hubungan PDB dengan kesejateraan rakyat, sedangkan pertumbuhan ekonomi tidak memperhatikan PDB dengan kesejahteraan rakyat sehingga tak jarang menyebabkan masalah ekonomi bisnis. Yang lebih penting adalah bagaimana mengupayakan untuk berproduksi sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kebaikan di sekitarnya.
  7. Konsep dari pertumbuhan ekonomi hanya fokus pada nilai-nilai yang ada kaitannya dengan keuangan seperti inflasi, saham, harga dan lainnya. Sedangkan tujuan tindakan ekonomi pada konsep pembangunan ekonomi memfokuskan pada nilai normatif masing-masing individu artinya hanya berpengaruh pada kehidupan seseorang dan nilai-nilai dalam diri orang tersebut.
  8. Jika dilihat dari kegiatan ekonomi, yang terjadi dalamfaktor pertumbuhan ekonomi adalah apabila negara mengalami perkembangan ekonomi secara fisik, diantaranya peningkatan jumlah produksi barang dan jasa, perkembangan infrastruktur, penambahan barang manufaktur dan sebagainya sehingga kemakmuran masyarakat ikut meningkat. Sementara itu, dalam pembangunan ekonomi terlihat dari perubahan-perubahan struktur ekonomi untuk meningkatan pendapatan per kapita seperti melakukan penanaman modal, penggunaan teknologi, peningkatan keterampilan serta modernisasi kegiatan ekonomi. Sehingga hasil yang didapatkan pun lebih lama.

Dari beberapa perbedaan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan perkembangan ekonomi adalah dua hal yang berbeda. Pertumbuhan ekonomi dipahami sebagai proses peningkatan jumlah produk yang dihasilkan dengan wujud adanya kenaikan pendapatan nasional.

Sementara itu, pembangunan ekonomi diartikan sebagai proses naiknya pendapatan per kapita yang diusahakan dengan sangat memperhatikan pendapatan yang merata, peningkatan jumlah penduduk yang ada serta pada kemajuan kualitas produksi suatu negara sehingga hasil yang didapatkan bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro