Sponsors Link

5 Perbedaan Barang Ekonomi dan Barang Bebas Beserta Contohnya

Setiap individu akan berusaha untuk melakukan tujuan tindakan ekonomi salah satunya memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Salah satunya adalah dengan membeli berbagai macam kebutuhan barang-barang. Di dalam ilmu ekonomi, barang-barang dibedakan menjadi beberapa kelompok. Bedasarkan langka tidaknya suatu barang, diklasifikasikan menjadi 2 yakni barang ekonomi dan barang bebas. Seperti apa perbedaan kedua macam barang tersebut? Simak ulasannya disini!

ads

Perbedaan Barang Ekonomi dan Barang Bebas

Berikut akan dijelaskan beberapa perbedaan barang ekonomi dan barang bebas, diantaranya :

  1. Jumlah

Barang ekonomi adalah barang yang memiliki kegunaan tetapi tersedia dalam jumlah terbatas atau bisa dikatakan sebagai contoh kelangkaan barang. Sehingga dapat dipastikan jika jumlah barang ekonomi yang tersedia relatif lebih sedikit dibandingkan kebutuhan masyarakat. Sedangkan barang bebas adalah barang pemuas kebutuhan manusia yang memiliki jumlah tidak terbatas. Sebab, barang ini sudah tersedia lebih atau merupakan pemberian alam.

  1. Produksi

Ciri-ciri barang ekonomi adalah memerlukan banyak sumber daya ekonomi untuk menghasilkannya sehingga hanya diproduksi dalam batas tertentu. Berbeda dengan barang ekonomi, untuk menghasilkan barang bebas tidak sulit atau bahkan sudah disediakan dari alam sehingga produksinya pun relatif lebih banyak.

  1. Cara Memperoleh

Karena produksinya yang lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat dan tak jarang menghasilkan masalah ekonomi klasik, maka manusia yang ingin mendapatkan barang ekonomi harus saling bersaing harga dan melakukan perngorbanan untuk memperolehnya. Sedangkan barang bebas dapat diperoleh secara bebas karena ketersediaanya yang tidak terbatas.

  1. Contoh

Berbeda dengan contoh barang komplementer, berikut adalah beberapa contoh barang ekonomi :

  • Pakaian

Untuk mendapatkan pakaian yang kita inginkan, maka kita harus menyisihkan uang kita lalu membelinya di toko pakaian.

  • Rumah

Begitupun untuk membeli rumah, kita perlu menyediakan biaya untuk membelinya.

  • Makanan dan minuman

Tak hanya membutuhkan biaya, ketika kita ingin membuat makanan dan minuman sendiri, maka kita juga harus menyediakan tenaga untuk memproduksinya,

  • Emas

Untuk memproduksi emas, manusia harus melakukan pengorbanan dengan menggalinya hingga menjadi emas utuh.

  • Kendaraan

Produksi kendaraan juga membutuhkan pengorbanan dan biaya yang tidak sedikit. Membutuhkan waktu, pikiran dan keahlian yang benar.

  • Perabotan

Perabotan yang biasanya kita gunakan juga termasuk barang ekonomi, sebab untuk memperolehnya, kita membutuhkan pengorbanan, biaya, keahlian dan waktu.

Sedangkan contoh barang bebas, antara lain :

  • Sinar matahari, oksigen, udara, air laut,

Contoh diatas adalah salah satu barang bebas yang tersedia di alam. Mereka tersedia dalam jumlah melimpah dan cara memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan. Atau dalam istilahnya barang tesebut adalah barang yang tidak memiliki “harga”.

  1. Macam-macam

Barang-barang ekonomi dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain :

  • Berdasarkan kepemilikan dibedakan menjadi 2 yaitu, barang privat (dimiliki individu) dan barang publik (dimiliki orang banyak)
  • Berdasarkan pemakaian dibagi menjadi 2 yaitu, barang konsumsi (langsung digunakan) dan barang produksi (bahan untuk memperoduksi barang lain)
  • Berdasarkan sifat pemakaian terdiri dari 2 yaitu, barang substitusi (saling menggantikan pemkaiannya) dan barang komplementer (pemakainnya secara bersama-sama)
  • Berdasarkan sifat barang dikelompokkan menjadi 2 yaitu, barang konkret (fisiknya dapat dilihat) dna barang abstrak (secara fisik tidak dapat dilihat)

Sedangkan pada barang bebas tidak memiliki pengelompokkan. Namun ada kalanya, barang bebas menjadi barang ekonomi karena perbedaan tempat dan waktu. Seperti halnya air bersih, di pedesaan air bersih adalah barang bebas, tetapi di kota air bersih menjadi barang ekonomi yang tidak bisa didapatkan dengan mudah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro