Sponsors Link

11 Contoh Ekonomi Syariah Beserta Penjelasan Lengkap

Hukum Syariah adalah sistem hukum Islam. Ini berasal dari kedua Alquran, teks sentral Islam, dan fatwa – keputusan para ulama Islam. Syariah secara harfiah berarti “jalan yang jelas dan dilalui dengan baik menuju air”. Hukum syariah bertindak sebagai kode untuk hidup yang harus dipatuhi semua Muslim, termasuk doa, puasa dan sumbangan untuk orang miskin. Ini bertujuan untuk membantu umat Islam memahami bagaimana mereka harus memimpin setiap aspek kehidupan mereka sesuai dengan kehendak Tuhan seperti nilai-nilai ekonomi syariah.

ads

Ekonomi syariah dapat menginformasikan setiap aspek kehidupan sehari-hari untuk seorang Muslim. Sebagai contoh, seorang Muslim bertanya-tanya apa yang harus dilakukan jika rekan-rekan mereka mengundang mereka ke pub setelah bekerja dapat meminta bantuan seorang ulama Syariah untuk memastikan mereka bertindak dalam kerangka hukum agama mereka. Bidang-bidang lain kehidupan sehari-hari di mana orang-orang Muslim dapat beralih ke Syariah untuk panduan termasuk hukum keluarga, keuangan dan bisnis seperti kelebihan dan kekurangan ekonomi syariah.

Apa itu riba?

Riba adalah konsep dalam perbankan Islam yang mengacu pada bunga yang dikenakan biaya dan dilarang berdasarkan hukum Syariah karena dianggap eksploitatif. Riba menciptakan ketidakadilan sosial karena pemberi pinjaman yang membutuhkan bunga pinjaman cenderung untung dari posisi peminjam yang lemah. Dalam hipotek Islam, misalnya, bank tidak meminjamkan uang kepada seseorang yang membeli properti, alih-alih ia membeli properti itu sendiri seperti perbedaan ekonomi syariah dan konvensional.

Pelanggan kemudian dapat membelinya kembali dari bank dengan harga lebih tinggi, membayar angsuran (murabahah) atau melakukan pembayaran bulanan ke bank yang terdiri dari pembayaran kembali harga beli dan sewa sampai mereka memiliki properti tersebut secara langsung (ijara). Demikian pula, pemegang sukuk belum secara teknis meminjamkan uang peminjam, sebagai gantinya, mereka memiliki bagian nominal dari apa pun uang yang dibelanjakan dan memperoleh pendapatan bukan dari bunga tetapi baik dari laba yang dihasilkan oleh aset atau pembayaran sewa yang dibuat oleh penerbit. Pada akhir masa sukuk, peminjam mengembalikan pokok kepada investor dengan membeli saham dalam aset.

Apa itu gharar?

Gharar adalah kata Arab yang dikaitkan dengan ketidakpastian, penipuan dan risiko dan dilarang di bawah Islam karena ada aturan ketat terhadap transaksi yang sangat tidak pasti (mirip dengan perjudian). Ini termasuk larangan praktik keuangan konvensional seperti: bentuk-bentuk asuransi, seperti pembelian premi untuk mengasuransikan terhadap sesuatu yang mungkin atau tidak mungkin terjadi short selling, penjualan sekuritas yang tidak dimiliki oleh penjual, perdagangan spekulatif , yang berdagang tanpa maksud untuk benar-benar mendapatkan komoditas yang mendasarinya dan derivatif , kontrak antara dua pihak yang memperoleh nilai atau harganya dari aset dasar seperti saham, obligasi, atau komoditas.

Larangan “saham dosa”

Tidak jauh berbeda dari konsep investasi yang bertanggung jawab secara sosial (SRI), investasi Syariah tidak termasuk perusahaan yang dilarang oleh hukum Islam (haram) dengan tidak berinvestasi di dalamnya. Yang disebut dengan saham sin ini termasuk perusahaan yang memperoleh pendapatan dari penjualan alkohol, produk babi, pornografi, perjudian, peralatan militer atau senjata.

Penyebaran investasi Syariah

Investasi syariah mendapatkan popularitas pada pertengahan tahun 1970-an, bertepatan dengan dan sebagai tanggapan terhadap akumulasi kekayaan minyak luar biasa di negara-negara Islam, yang memicu minat dan permintaan untuk produk dan praktik yang sesuai dengan syariah seperti prinsip dasar ekonomi syariah.

Contoh Ekonomi Syariah

Beberapa contoh ekonomi syariah telah dijabarkan didalam bebrapa rangkaian transaksi se[erti berikut ini:

1. Investasi Syariah

Berdasarkan filosofi ini, instrumen dan teknik yang sesuai syariah telah dikembangkan dan digunakan oleh unit keuangan Islam dan pelanggan untuk kegiatan keuangan di seluruh dunia. Pusat keuangan Islam adalah konsep bahwa uang itu sendiri tidak memiliki nilai intrinsik , itu hanyalah sebuah alat tukar. Dua komponen yang paling penting dari dunia keuangan Islam perbankan layanan dan pasar sukuk  setara Islam dari pasar obligasi . Layanan lain termasuk leasing, pasar ekuitas, dana investasi, asuransi (Takaful), reasuransi (syahaful) dan keuangan mikro.

2. Jual Beli

Al-bay’ adalah kata dari bahasa arab yang menggambarkan proses jual beli dalam islam. Definisi dari kata ini sendiri adalah : menukar, mengganti atau menjal yang berarti ada sebuah proses pembelian atau penukaran barang satu dengan yang lainnya. Ini merupakan proses tukar-menukar harta dengan beragam jenis harta lain yang sama-sama bermanfaat dalam pengertian dari fikih muamalah.

3. Musyarakah 

Ini adalah salah satu contoh ekonomi syariah yang kerap kali disandingkan dan dipanggil dnegan nama lain yaitu syarikat, perseroan, serikat dan syirkah. Ini adalah sebuah kerja sama antara dua pihak atau lebih yang nantinya berupa pengumpulan modal dan mendapatkan kesepakan bersama serta menanggung resikonya secara bersama-sama. Singkatnya, semua bentuk proses kerja sama ini akan ditanggung oleh kedua belah pihak tersebut.

Sponsors Link

4. Mudarabah

Ini adalah salah satu proses dalam ekonmi syariah yang juga dikenal dengan istilah qirad. Dimana makna dari mudharabah adalah sebuah kerja sama antara sang pemilik dari modal dengan seseorang yang pandai berjual beli atau berdagang. Dimana keuntungan akan dibagi bersama dan sang pemodal memberikan modal dan pihak lainnya akan berdagang. Kerugian akan sepenuhnya ditanggung pihak pertama sebagai pemodal dan pihak kedua hanya perlu menjalankan usaha dengan modal yang telah diberikan.

5. Murabahah

Ini adalah salah satu jenis transaksi jual beli dimana barang akan tatap dijual pada harga dasarnya namun memberikan beragam tambahan keuntungan sesuai dengan kesepakan bersama. Ini merupakan salah satu ketentuan prses jual beli yang sama-sama menguntungkan dimana penjual mendapatkan harga yang dikehendaki dan pembeli mendapatkan keuntungan tambahan dari barang yang ia beli.

6. Ijarah

Ini adalah istilah yang diperuntukan untu proses sewa menyewa, dimana ijarah sendiri bisa diartikan sebagai imbalan, gaji maupun upah. Ini merupakan sebuah transaksi dimana pemberian gaji atau upah didasari karena meminjam barang-barang tertentu yang disewakan.

7. Musaqah

Ini adalah sebuah kerjasama yang terjalkin antara sang pemilik kebun dengan orang yangdipercayakan untuk menggarap atau mengelola kebun tersebut. Ketentuan pembayaran dan oembagian upah tentunya telah ditentukan dan menjadi kesepakatan bersama.

8. Muzaraah

Ini adalah kerja sama antara penggarap sawah dengan pemilik sawah. Sebagaimana kerjasama pemilik kebun dan pengelolanya, kerja sama ini juga didasari oleh kesepakatan bersama dimana tidak ada yng dirugikan dari kedua belah pihak tersebut. Namun kerja sama ini dilandasi oleh bibit yang disediakan oleh pekerja bukan pemilik sawah.

Sponsors Link

9. Mukhabarah

Ini merupakan jenis kerja sama yang sama dengan muzaraah dimana adanya kerja sama antara pengelola sawah dan pemilik sawah. Hanya perbedaannya adalah benih disediakan oleh pemilik sawah bukan oleh pengelola sawah tersebut.

10. Mudharabah Mutaqah

Ini merupakan jenis transaksi dan kerja sama dimana pengguna dari modal transaksi bisa secara bebas menggunakan modal demi keuntungan tanpa harus mengikuti beberapa persyaratan tertentu.

11. Mudarabah Muqayyadah

Ini sama persis dengan kerja sama mudharabah mutaqah, hanya saja pemilik modal menentukan beberapa ketentuan dan syarat dalam penggunaan modal.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Syariah