Sponsors Link

Inilah 5 Manfaat Ekspor Karet yang Penting Diketahui

Dalam dunia perdagangan, kegiatan ekspor dan impor sangat penting peranannya dalam meningkatkan perekonomian negara, termasuk di Indonesia. Indonesia sendiri merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya, baik hayati maupun nonhayati, juga hasil perkebunan yang melimpah dikarenakan kondisi tanah yang subur. Nah, salah satu hasil perkebunan yang selalu diekspor dalam jumlah yang besar adalah karet, bahkan Indonesia termasuk salah satu negara di Asia sebagai negara pengekspor karet terbesar. Lalu apa saja manfaat dan keuntungan dari kegiatan mengekspor karet tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

ads

1. Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Harga suatu produk di dalam negeri biasanya lebih rendah daripada di luar negeri, karena itu kegiatan mengekspor menjadi pilihan yang bijak agar keuntungan dapat berkali lipat. Misalnya saja, jika harga di Indonesia hanya Rp 10.000; saja, di luar negeri harganya bisa mencapai Rp 100.000; bahkan bisa lebih. Ini tentu sangat menjanjikan bagi sebuah industri atau perusahaan agar bisa mendapatkan laba yang besar. Dalam hal ini, mengekspor karet dapat memberikan keuntungan lebih besar daripada harus menjualnya di dalam negeri.

2. Peluang Pasar yang Lebih Luas

Proses jual beli karet tidak akan berkembang jika hanya dilakukan di pasar dalam negeri saja, karena pembelinya tidak sebanyak dari luar negeri. Dengan mengekspornya, kita mendapatkan peluang yang lebih besar untuk menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga daya beli semakin tinggi dan berdampak pada meningkatnya angka penjualan.

3. Menghindari Persaingan dengan Pasar Domestik

Persaingan dengan pasar domestik di dalam negeri cukup ketat dan berat, karena ruang lingkup pasar di dalam satu negara sangat sempit dengan hasil komoditas yang begitu melimpah. Nah, lewat aktivitas ekspor ini, penjualan karet akan lebih besar tercapai dengan persaingan pasar yang lebih luas. Dampaknya keuntungan yang diperoleh pun akan meningkat, apalagi persaingan tidak seketat dengan pasar domestik, sehingga alur penjualan dapat berjalan lancar.

4. Menjalin Hubungan Kerjasama Internasional

Kegiatan ekspor pasti melibatkan sedikitnya dua negara, karena itu tindakan mengekspor karet dapat menjadi salah satu sarana untuk menjalin hubungan kerjasama internasional dengan jangka waktu yang panjang. Dengan begitu, hubungan antar negara akan terjalin dengan baik, karena adanya tindakan saling menguntungkan yang dilakukan.

5. Meningkatkan Produksi Karet di Indonesia

Dengan adanya kegiatan mengekspor karet ke luar negeri, maka produksi harus ditingkatkan berkali lipat agar memenuhi kebutuhan negara sasaran ekspor. Hal ini akan mendorong pemilik perkebunan karet untuk mendongkrak hasil kebunnya dan mampu menjual karet dengan jumlah yang lebih banyak.

Nah, itulah manfaat mengekspor karet terutama bagi negara Indonesia yang terkenal akan hasil perkebunannya. Sebagai salah satu negara yang menjadi sumber karet di Asia, Indonesia telah berkontribusi dalam meningkatkan pembangunan dan perekonomian negara lewat komoditas karetnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Industri