Sponsors Link

Inilah 4 Manfaat Kredit Bagi Bank yang Sangat Menguntungkan

Kredit merupakan salah satu dari produk bank yang banyak digunakan masyarakat untuk mendukung perekonomian yang sedang dikembangkan. Bukan hanya masyarakat saja yang akan mendapatkan keuntungan, namun pihak bank pun akan memperoleh sejumlah keuntungan yang tentunya sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

Dalam mengembangkan sebuah usaha, baik secara perorangan maupun tingkat perusahaan, tentu tidak terlepas dari yang namanya modal. Tetapi tentu tidak semua mampu menyediakan modal besar dalam waktu singkat. Karena itulah sistem kredit bank menjadi solusi agar usaha tetap berjalan dengan baik. Nah, terlepas dari jenis-jenis kredit yang ditawarkan, ternyata bagi pihak bank sendiri ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari produk kredit yang dipakai oleh masyarakat seperti berikut ini.

1. Meningkatkan Laba

Dalam memberikan kredit atau pinjaman kepada nasabah, tentu ada akad yang harus disetujui kedua belah pihak, salah satunya adalah mengenai bunga yang dibebankan dalam pengembalian dana tersebut. Bunga yang diperoleh pihak bank merupakan bagian laba yang cukup besar, apalagi jika sudah banyak yang menggunakan jasa kredit tersebut dan benar-benar terbantu dalam mengembangkan usahanya. Dengan adanya bunga ini maka bank akan meraih keuntungan sehingga profit perusahaan bank akan meningkat.

2. Meningkatkan Reputasi Bank

Adanya produk kredit yang dimiliki oleh sebuah bank bisa menjadi tolok ukur akan reputasi bank tersebut, apakah cukup baik pelayanannya atau tidak. Semakin baik pelayanan dan kualitas produknya, tentu nama bank akan semakin terkenal, sehingga nasabah yang puas kemungkinan besar akan menggunakan kredit itu kembali atau justru merekomendasikannya pada orang lain. Ini artinya reputasi bank akan meningkat dan terus bertambah besar lewat produk kredit tersebut.

3. Menjalankan Fungsinya dalam Pembangunan Nasional

Orang-orang yang terbantu dalam mengembangkan usahanya dengan bantuan kredit oleh bank, tentu akan mengalami peningkatan perekonomian, sehingga secara tidak langsung pihak bank telah turut serta dalam pembangunan nasional. Bayangkan berapa banyak usaha yang dapat terbantu dengan adanya kredit dari bank, sehinga sistem perekonomian di Indonesia meningkat dan dapat membantu proses pembangunan nasional menjadi lebih cepat. Jadi, penyaluran dana oleh pihak bank ke nasabah yang membutuhkan modal usaha dapat mendukung pembangunan nasional dalam jangka waktu yang panjang.

4. Membantu Memasarkan Produk Bank Lainnya

Dengan pemberian kredit pada nasabah atau debitur, bank memiliki kesempatan untuk dapat memasarkan produk lainnya seperti produk jasa dan produk dana yang berkaitan dengan usaha milik nasabah. Hal ini akan sangat menguntungkan pihak bank karena dari satu nasabah saja beberapa produknya dapat terjual sekaligus. Bayangkan berapa nasabah yang datang untuk mendapatkan bantuan kredit dari bank tersebut, tentu penggunaan produk lainnya juga akan semakin meningkat.

Itulah manfaat kredit bagi bank yang sangat menguntungkan dan tentunya peraturan bagi produk tersebut disesuaikan dengan dasar hukum bank konvesional yang berlaku. Dengan adanya kredit ini baik bank dan nasabah sama-sama meraih keuntungan dengan perjanjian tertentu yang telah disepakati bersama.

, ,
Oleh :
Kategori : Kredit