Sponsors Link

4 Contoh Pajak Tidak Langsung Penjelasan Lengkap

Pajak tidak langsung dikumpulkan oleh satu entitas dalam rantai pasokan (biasanya produsen atau pengecer) dan dibayarkan kepada pemerintah, tetapi diteruskan kepada konsumen sebagai bagian dari harga pembelian barang atau jasa. Konsumen pada akhirnya membayar pajak dengan membayar lebih untuk produk.

ads

Pajak tidak langsung didefinisikan dengan membandingkannya dengan pajak langsung seperti ciri-ciri pemungutan pajak. Pajak tidak langsung dapat didefinisikan sebagai perpajakan pada individu atau entitas, yang pada akhirnya dibayar oleh orang lain. Badan yang mengumpulkan pajak kemudian akan mengirimkannya ke pemerintah. Tetapi dalam kasus pajak langsung, orang yang segera membayar pajak adalah orang yang dicari oleh pemerintah untuk pajak.

Ketentuan Umum Contoh Pajak Tidak Langsung

Bea masuk, bahan bakar, minuman keras dan pajak rokok semuanya dianggap sebagai contoh pajak tidak langsung. Sebaliknya, pajak penghasilan adalah contoh paling jelas dari pajak langsung, karena orang yang mendapatkan penghasilan adalah orang yang segera membayar pajak. Biaya masuk ke taman nasional adalah contoh lain dari perpajakan langsung. Beberapa pajak tidak langsung juga disebut sebagai pajak konsumsi, seperti pajak pertambahan nilai (PPN) seperti jenis-jenis pajak berdasarkan pihak yang memungut.

Contoh Pajak Tidak Langsung

Hal paling umum dari contoh pajak tidak langsung adalah bea masuk. Kewajiban ini dibayar oleh importir barang pada saat memasuki negara tersebut. Jika importir melanjutkan untuk menjual kembali barang kepada konsumen, maka biaya bea masuk nya tersembunyi dalam harga yang dibayar konsumen. Konsumen mungkin tidak menyadari hal ini, tetapi dia tetap akan secara tidak langsung membayar bea impor.

Pada dasarnya, setiap pajak atau biaya yang dikenakan oleh pemerintah di tingkat manufaktur atau produksi adalah pajak tidak langsung. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak negara telah mengenakan biaya emisi karbon kepada produsen. Ini adalah pajak tidak langsung, karena biaya mereka diteruskan kepada konsumen.

Pajak penjualan bisa langsung atau tidak langsung. Jika mereka hanya dikenakan pada pasokan akhir kepada konsumen, mereka langsung. Jika mereka dikenakan sebagai pajak pertambahan nilai sepanjang proses produksi, maka mereka tidak langsung seperti fungsi pajak bagi negara.

Beberapa Contoh Pajak Tidak Langsung

1. Bea Masuk atau Tarif

Bea masuk adalah jenis pajak tidak langsung karena dikenakan pada barang saat mereka masuk ke negara tersebut. Pelanggan akhirnya membayar pajak ini sebagai kenaikan harga barang. Tarif dikenakan oleh negara atas barang satu sama lain, dan mereka biasanya dikelola dan dilecehkan melalui perjanjian perdagangan bebas.

2. Pajak Cukai

Pajak cukai menggunakan pajak; Anda membayar pajak untuk menggunakan atau membeli produk. Tetapi Anda tidak melihat pajak karena dibayar oleh produsen atau produsen dan termasuk dalam harga produk. Pajak cukai terkadang disebut pajak dosa , karena mereka berada pada produk yang dianggap tidak perlu atau “berdosa”, seperti tembakau, alkohol, atau perjudian. Sebagaimana disebutkan di atas, pajak bensin adalah pajak cukai.

Bisnis juga membayar pajak cukai atas penggunaan produk tertentu. Misalnya, pajak bahan bakar adalah pajak cukai, seperti juga pajak untuk produk lingkungan, seperti tumpahan minyak petroleum domestik dan bahan kimia penurun ozon. Perusahaan transportasi membayar pajak cukai dalam bentuk biaya bandara dan pajak penumpang kapal; produsen mobil membayar cukai (terutama untuk mobil dengan efisiensi bahan bakar lebih rendah). Biaya hotel mungkin dianggap pajak cukai, tetapi ini biasanya langsung diteruskan ke pelanggan dalam tagihan mereka.

Sponsors Link

3. Pajak PPN

Pajak PPN adalah umum diberbagai negara. Pajak PPN atau pajak pertambahan nilai adalah serangkaian pajak yang dikenakan pada produksi produk sepanjang proses, dengan pelanggan membayar akhir pajak. PPN berbeda dari pajak penjualan karena satu-satunya yang membayar pajak penjualan adalah konsumen. Ketika Anda berbelanja di toko “bebas bea” di bandara, itu adalah pajak PPN yang Anda hindari. Itu tidak berarti Anda mendapatkan penawaran, karena harganya mungkin lebih tinggi.

4. Pajak Layanan Komunikasi

Pajak layanan ditentukan oleh masing-masing negara bagian dan mencakup pajak pada layanan TV kabel dan satelit, layanan telepon, dan komunikasi seluler. Di beberapa negara, biaya dibebankan kepada pelanggan.

Cap Pajak: Pajak cap yang dikenakan oleh negara pada dokumen cap dalam kasus ini seperti cap notaris, bukan prangko. Misalnya, pajak stempel sering diperlukan pada dokumen publik untuk transfer properti, seperti hipotek. Pajak cap dapat dimasukkan dalam biaya dokumen, jadi itu akan menjadi pajak tidak langsung.

Sifat Regresi dari Pajak Tidak Langsung

Pajak tidak langsung umumnya digunakan dan dipaksakan oleh pemerintah untuk menghasilkan pendapatan . Mereka pada dasarnya adalah biaya yang dipungut sama pada pembayar pajak , tidak peduli pendapatan mereka, begitu kaya atau miskin, semua orang harus membayarnya. Tetapi banyak yang menganggap mereka sebagai pajak regresif karena mereka dapat menanggung beban berat pada orang-orang dengan pendapatan rendah yang akhirnya membayar jumlah pajak yang sama dengan mereka yang berpenghasilan lebih tinggi. Misalnya, bea impor pada televisi dari Jepang akan menjadi jumlah yang sama, tidak peduli pendapatan konsumen yang membeli televisi. Dan karena retribusi ini tidak ada hubungannya dengan penghasilan seseorang.

Ada juga kekhawatiran bahwa pajak tidak langsung dapat digunakan untuk memajukan kebijakan pemerintah tertentu dengan mengenakan pajak pada industri tertentu dan bukan yang lain. Untuk alasan ini, beberapa ekonom berpendapat bahwa pajak tidak langsung mengarah ke pasar yang tidak efisien dan mengubah harga pasar dari harga ekuilibrium mereka.

Pajak tidak langsung adalah pajak yang dibayarkan melalui pihak lain dan kemudian oleh pembayar pajak. Pajak selalu dibayarkan kepada beberapa entitas pemerintah. Namun dalam banyak kasus, konsumen tidak sadar bahwa pajak itu dibayar, itulah sebabnya mengapa mereka kadang-kadang disebut pajak tersembunyi. Lebih mudah untuk menjelaskan pajak tidak langsung dengan membandingkannya dengan mengarahkan pajak dan memberi Anda beberapa contoh.

Pajak tidak langsung ditempatkan pada barang dan jasa yang menaikkan harga sehingga konsumen membayar lebih untuk barang tersebut. Anda mungkin ingin memikirkan pajak tidak langsung sebagai pajak tersembunyi. Berikut contoh sederhana pajak tidak langsung: pajak bensin.

Bagaimana Pajak Langsung Berbeda dari Pajak Tidak Langsung?

Contoh terbaik dari pajak langsung adalah pajak penghasilan, baik pajak penghasilan pribadi dan pajak penghasilan bisnis. Pajak dibayarkan langsung pada pendapatan orang atau bisnis. Pajak langsung lainnya adalah:

  • Pajak real atau kekayaan pajak, yang dibayar berdasarkan nilai dari segala sesuatu yang dimiliki oleh almarhum pada saat kematian.
  • Pajak keuntungan modal secara langsung dikenakan pada investor ketika mereka menjual investasi untuk mendapatkan keuntungan.
  • Pajak penjualan juga dianggap pajak langsung karena dikenakan pada pelanggan individu pada saat pembelian.
Sponsors Link

Apakah Pajak Tidak Langsung Pajak Regresi?

Pajak regresif adalah pajak yang mengenakan pajak yang lebih besar pada individu berpenghasilan lebih rendah daripada individu berpenghasilan lebih tinggi. Sebagai contoh, pembayar pajak pendapatan yang lebih rendah dapat membayar persentase lebih besar dari pendapatan mereka untuk barang yang mereka butuhkan atau pilih untuk dibeli.

Tarif dapat regresif karena mereka menaikkan harga makanan dan barang-barang lainnya. Pajak penjualan juga merupakan pajak regresif karena memukul orang-orang berpenghasilan rendah lebih banyak untuk barang-barang seperti pakaian dan barang-barang rumah tangga.

, ,
Oleh :
Kategori : Perpajakan