Sponsors Link

10 Peran Ekonomi Mikro Bagi Suatu Perusahaan

Sponsors Link

Dalam dunia ekonomi ada dua komponen penting yang sering kita dengar yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. Dua hal ini merupakan istilah yang paling sering kita dengarkan, yaitu merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas serta menganalisis fenomena dan kejadian seputar perekonomian. Dalam pembahasan kali ini fokus kijian kita terkait dengan ekonomi mikro yaitu, peranan ekonomi mikro bagi suatu perusahaan. Sebelum membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita faham dan mengerti dahulu tentang ekonomi mikro itu sendiri. (Baca juga : pengertian ilmu ekonomi menurut ahli)

Sesuai dengan namanya, mikro yaitu dalam ruang lingkup kecil. Sehingga ekonomi mikro bisa disebut sebagai ilmu ekonomi yang mambahsa dan menganalisis tentang seluruh kegiatan ekonomi dalam skala kecil saja dari keseluruhan rangkaian aktivitas ekonomi yang ada. Selain itu ekonomi mikro juga bisa diartikan sebagai suatu cabang ilmu ekonomi yang membahas dan mempelajari tentang perilaku pelaku ekonomi yaitu  produsen dan konsumen terhadap suatu produk, baik harga ataupun kuantitas dan kualitas.  (Baca juga : Cabang-cabang ilmu ekonomi)

Pada dasarnya semua pelaku baik konsumen ataupun produsen dalam ekonomi mikro menginginkan hal yang baik dan enak bagi dirinya. Dimana konsumen ingin selalu memnuhi dan memuaskan semua keperluannya, begitu juga dengan produsen yang selalu berusaha untuk mendapatkan dan meraih keuntungan semaksimal mungkin. Yang menjadi pusat perhatian dari ekonomi mikro adalah bagaiamana seorang konsumen mampu mengalokasikan dana terbatas yang dimilikinya untuk mendapatkan berbagai macam barang atau jasa sebagai upaya memperoleh kepuasan yang maksimal.

Kita sudah mengetahui tentang pengertian dari ekonomi mikro, selanjutnya kita akan membahas tentang peranan ekonomi mikro pada suatu perusahaan.

  1. Untuk merumuskan suatu kebijakan

Peran ekonomi mikro bagi perusahaan salah satunya adalah sebagai sarana untuk merumuskan suatu kebijakan, dimana kebijakan ini bisa digunakan untuk menganalisa kebijakan-kebijakan ekonomi yang diterapkan oleh pemerintah yang dapat mempengaruhi harga dan upah serta pengolahan sumber daya. Dengan keberadaan ekonomi mikro perusahaan mampu membuat suatu kebijakan untuk menyesuaikan kegiatan perekonomian dengan peraturan pemerintah dan mampu membuat suatu terobosan untuk mencapai tujuan perusahaan. (Baca juga : fungsi ilmu ekonomi regional)

  1. Untuk menyusun prediksi

Suatu perusahaan harus bisa melihat masa depan, karena hal inilah yang mmebuat perusahaan bisa bertahan. Peruahaan harus bisa memprediksi tantangan yang akan dihadapi di masa yang akan datang. Dengan adanya ekonomi mikro di suatu perusahaan, maka perusahaan tersebut akan terbantu dalam memprediksi segala kemungkinan yanag akan terjadi. Dengan begitu maka perusahaan tersebut akan memiliki kesiapan lebih dan tetap bisa eksis.

  1. Untuk mengetahui syarat-syarat sebuah kemakmuran

Pasti tujuan semua perusahaan adalah untuk kemakmuran diri sendiri dan masyarakat, namun yang paling penting adalah kemakmuran masyarakat di sekitarnya. Suatu perusahaan bisa menggunakan ekonomi mikro sebagai sarana untuk mencari tahu syarat-syarat kemakmuran itu seperti apa, supaya langkah yang diambil oleh suatu perusahaan benar dan efektif, ketika kita sudah tahu syaratnya pasti tinggal mengikuti perintah dan memaksimalkan sesuatu yang ada.

Sponsors Link

  1. Untuk mengambil sebuah keputusan

Dalam kinerjanya pasti suatu perusahaan akan ditemukan oleh beberapa pilihan yang sulit. Jangan bayangkan kerja perusahaan itu mudah, memang hasilnya besar tapi tantangannyapun bisa besar. Dalam menghadapi suatu permasalahan atau melihat peluang suatu perusahaan harus memiliki seorang calon untuk bernegosiasi dan dari situ perusahaan akan mendapatkan sedikit banyak tentang permasalaha dan peluang yang ada, tinggal perusahaannya mau atau tidak.

  1. Untuk memahami perilaku konsumen

Pasti semua perusahaan membutuhkn seorang konsumen untuk mengkonsumsi atau membeli produknya. Pekerjaan perusahaan tidak akan maksimal jika konsumennya mengalami sebuah gangguan. Jadi bagaaimanapun caranya kita harus menyesuaikan dan memehami perilaku dan sifat yang dimiliki anak. Perusahaan bisa memenfaatkan ekonomi mikro dalam hal memahami atau mengerti seornag konsumen.

  1. Untuk mengetahui perputaran produk

Dalam kegiatan atau aktivitas ekonominya, perusahaan harus tahu  perputaran  produk yang dimilikinya. Hal ini dimaksudkan agar tidak akan terjadi kecurangan dan tetap pada jalur yang tepat. Perusahaan harus memiliki sistem pengawasan yang lebih tinggi agar perputaran produk dapat berjalan secara efektif dan efisien sehingga pendapatan perusahaan akan terus mengalir dan akhirnya bisa untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut.

  1. Untuk menentukan harga barang dan jasa

Harga suatu barang atau jasa tidak bisa ditentukan seenaknya sendiri ada beberapa perhitungan yang harus dipertimbangkan, seperti harga pasarannya berapa, jumlah uang untuk biaya produksi berapa dan lain sebagainya. Kita tidak boleh menetapkan harga yang tinggi hanya untuk meraih untung yang banyak ini akan merugikan konsumen, dan perusahaan anda pun akan sepi dari permintaan.

Begitu juga sebaliknya, anda tidak boleh menetapkan harga yang lebih rendah dari pasaran untuk menarik minat konsumen, hal ini akan merugikan pihak lain dan juga akan mendapatkan sanksi berupa sebuah hukuman. Dengan asanya ekonomi mikro mampu memberikan jawaban pada perusahaaan harus menetapkan harga berapa. (Baca juga : hukum permintaan dan penawaran)

  1. Untuk meningkatkan produktifitas perusahaan

Produktifitas suatu perusahaan terjadi akibat dorongan  dari berbagai aspek, misalkan sumber daya manusia yang berkualitas, kualitas produk terjamin dan bagus serta masih banyak lainnya.  Tingkat produktifitas sangat mempengaruhi pemasukan suatu perusahaan. Ekonomi mikro memiliki peran disini karena di dalam ekonomi mikro terdapat banyak pelajarn yang bisa digunakan untuk dimanfaatkan dengan baik.

Sponsors Link

Artikel terkait : Fungsi pasar modal dalam perekonomianmanfaat pasar modal bagi emiten.

  1. Untuk mengetahui cara pengalokasian sumber daya

Kita tahu banyak sekali sumber daya yang bisa kita manfaatkan. Namun tidak akan bisa selamanya sumber daya alam itu digunakan, karena ada batasannya. Ekonomi mikro datang untuk membantu perusahaan dalam pengalokasian sumber daya secara efektif dan efisien tanpa mengeksploitasi besar-besar dan buang sampah sembarangan. Untuk itulah perusahaan harus tetap memanfaatkan sumber daya dengan bijak agar tidak habis dan tetap bisa digunakan. (Artikel terkait : fungsi ilmu ekonomi)

  1. Mencegah kerugian perusahaan.

Kerugiaan merupakan salah satu hal yang selalu dihindari oleh semua pihak. Kerugian dapat disebabkan oleh kegagalan produksi, kelalaian pegawai, inflasi dan lainnya. Dengan mempelajari ekonomi mikro suatu perusahaan memiliki benteng dan persiapan untuk menghadapi situasi yang sulit.

Begitu besar peran ekonomi mikro bagi suatu perusahaan. Perusahaan bisa menggunakan ekonomi mikro di dalam kegiatan dan aktivitasnya agar memperoleh hasil yang memuaskan serta bisa menghadapi kesulitan atau tantangan yang menghadang.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi