Sponsors Link

5 Cara Bergabung Dengan Alfamart di Indonesia

Ada banyak cara atau pilihan bekerja sama untuk bisa membuka dan menjalankan sebuah bisnis atau usaha ritel sendiri. Misalnya saja dengan bergabung dnegan sebuah ritel yang sudah memiliki nama di Indonesia seperti Alfamart. Ini merupakan salah satu peluang untuk memudahkan kita dalam menjalankan pola bisnis franchise dengan pilihan yang lebih mudah. Namun, mungkin tidak semua orang mengetahui cara bergabung dengan Alfamart yang akan kita bahas kali ini. Untuk permulaan, maka anda harus setidaknya menyiapkan dana dalam pengembangan usaha tersebut. Berikut pola atau alur yang perlu diketahui dalam cara bergabung dengan Alfamart, yaitu :

ads

1. Modal Usaha Awal

Seperti halnya cara memulai usaha warung makan, kita memerlukan modal awal yang akan digunakan untuk pembukaan usaha. Untuk modal yang dibutuhkan dalam cara bergabung dengan alfamart sendiri dibutuhkan sekitaran 300 hingga 400 juta rupiah untuk modal awal bergabung. Sejumlah uang tersebut merupakan investasi awal yang diperlukan dalam  investasi awal. Ini merupakan rincian dana awal yang bisa digunakan agar bisa mendapatkan fasilitas yang lengkap dan membuka peluang usaha bersama dengan Alfamart. Di dalam rincian dana investasi ini anda bisa mendapatkan sistem dari komputerisasi di dalam manajemen perbelanjaan, rak hingga barang-barang yang nantinya diperlukan.

2. Menentukan Lokasi atau Tempat

Tentunya, selain menyiapkan modal awal atau yang dikenal sebagai dana investasi, anda juga harus menyiapkan tempat atau menentukan lokasi untuk melanjutkan usaha tersebut nantinya. Agar usaha ini bisa berkembang dengan baik, maka carilah sebuah lokasi yang strategis dan akan menguntungkan jika digunakan untuk pengembangan usaha. Sewalah tempat yang menjadi pilihan tersebut setidaknya dalam kurun waktu 5 tahun, ini akan meminimalisir penggunaan biaya sewa tempat. Karena jika menyewa pertahun maka biaya sewa tentunya akan jauh lebih besar.

Pastikan juga lokasi atau tempat yang dipilih untuk mengembangkan usaha ini benar-benar strategis dan bisa membuka peluang usaha yang sangat baik dan besar. Seperti halnya peluang usaha yang belum banyak pesaing, iapkan dana yang akan digunakan untuk pembayaran fee dari franchie yang biasanya menggunakan royalty sebanyak 0 hingga 4%. Ini tentunya disesuaikan dengan jumlah dan angka dari penjualan. Biasanya secara garis besar akan dikenakan sebanyak 45 juta rupiah.

3. Hubungi Pihak Alfamart

Hal yang dilakukan selanjutnya adalah dengan menghubungi dan memberitahukan rencana tersebut pada pihak alfamart. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum bisa bergabung dengan pihak Alfamart yakni :

  • Menyiapkan terlebih dahulu sejenis badan usaha yang bisa digunakan seperti PT maupun CV
  • Merupakan WNI atau warga negara Indonesia
  • Menyetujui dan akan mematuhi sistem yang diberlakukan oleh pihak Alfamart
  • Sebelumnya sudah memiliki perjanjian atau kontrak kerja seperti NPWP, SIUP maupun surat keterangan yang diberikan oleh tetangga.
  • Persiapan daerah atau lokasi yang luasnya setidaknya 800 m2 yang tidak terhitung didalamnya gudang penyimpanan dan administrasi.
  • Lebar keseluruhan area yang diperlukan setidaknya 150 atau 250 m2

Dengan memenuhi beragam persyaratan di atas, maka anda bisa menggunakan banyak keuntungan dari kerja sama tersebut. Ada 2 jenis gerai yang bisa digunakan yakni gerai dengan jumlah rak sebanyak 36 yang dinamai gerai A dan rak sebanyak 45 atau yang dinamakan dengan gerai tipe B. Investasi untuk tipe A biasanya sebanyak 397 juta dan 417 juta untuk investasii tipe B. Seperti contoh usaha dibidang keperawatan, membayar dana investasi ini, maka anda akan mendapatkan bebrapa poin berikut:

  • Uang franchise fee sebanyak 45 juta selama 5 tahunan.
  • Pemasangan listrik secara lengkap.
  • Komputerisasi kasir, AC dan peralatan gerai lainnya
  • Perizinan untuk pembukaan gerai
  • Persiapan beserta promosi untuk pembukaan dari gerai

4. Tahap Presentasi

Hal berikutnya yang akan dilakukan setelah mengajukan persyaratan dan mendaftar pada call center, maka akan dilakukan presentasi. Ini merupakan tahapan yang dilakukan setelah tim survey datang dan menentukan uji kelayakan untuk pembukaan gerai dan pengajuan kerja sama tersebut. Presentasi ini akan dilakukan dalam 2 tahapan. Dimana tahapan pertama adalah persentasi untuk menjelaskan bagaimana kerja sama yang akan terjadi antara pihak Alfamart dan pengusaha. Ini juga akan menjelaskanbesarnya dana yang akan digunakan sebagai investasi, bagaimana mekanisme kerja sama dan seberapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Ini juga tahapan dimana anda akan diharuskan untuk membawa kelengkapan, syarat dan dokumen penting agar bisa menjalankan usaha tersebut. Sedangkan untuk presentasi yang terjadi di tahapan kedua, maka akan dilakukan penanda tanganan persetujuan kontrak diantara kedua belah pihak yang akan melakukan kerja sama.


5. Pembukaan Toko

Ini merupakan tahapan terakhir dari cara bergabung dnegan alfamart. Dimana gerai atau toko baru berlabel Alfamart akan segera hadir dan dibuka di lokasi yang sudah anda tentukan tersebut. Kontrak kerja sama ini biasanya akan berlangsung selama 5 tahun. Dan setelah masa kontrak habis maka akan dievaluasi apakah kedepannya masih layak bekerja sama atau tidak.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Bisnis