Sponsors Link

17 Usaha Makanan Yang Pas dan Cocok Untuk Mahasiswa

Dengan majunya perkembangan teknologi dan zaman sekarang ini. Bahkan untuk menghasilkan uang tidak hanya dengan bekerja full time dan haus mengantongi gelar yang mumpuni. Sebenarnya yang perlu di perhatikan dalam menghasilkan uang adalah ketekunan, keuletan dan kreatifitas yang tinggi. Bukan tidak mungkin seorang mahasiswa bisa menghasilkan uang sendiri dengan melakukan bisnis yang mereka rintis. Salah satu peluang usaha yang menjanjikan adalah usaha yang bertemakan kuliner, ada banyak bisnis kuliner modal kecil yang dapat di jalankan oleh seorang mahasiswa.

ads

Karena membutuhkan modal kecil yang terbilang minim, maka mahasiswa hanya memerlukan ketrampilan dan mempelajari tentang cara memulai bisnis kuliner ini agar bisa berkembang dan menjadikan bisnis tersebut menjadi hal yang potensial. Untuk langkah awal, maka berikut kami berikan beragam ide menarik tentang usaha kuliner yang bisa anda kembangkan sebagai usaha sampingan para mahasiswa :

1. Bakso Bakar

Salah satu usaha yang cocok di pinggir jalan adalah dengan berjualan bakso bakar. Tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan modal yang besar. nada hanya perlu megusahakan peralatan sederhana untuk menjalakan usaha kuliner satu ini. Panggangan bakso bakar dan beragam bumbu serta bahan dasar bakso bakar yang di perlukan. Selain mudah, jajanan satu ini termasuk salah satu yang laris di pasaran.

2. Tahu Cripsy

Semakin majunya perkembangan zaman maka sekarang sudah banyak beredar makanan olahan yang dibuat sedemikian rupa agar bisa mendapatkan peminat dan omset yang lumayan. Tahu cripsy merupakan salah satu jenis makanan atau cemilan yang berhasil di temukan dan di kembangkan oleh pengusaha kuliner berbakat.

3. Kue Online

Tidak memiliki tempat berjualan? Jangan khawatir, sekarang ini banyak sekali ide bisnis makanan online yang bisa anda kembangkan termasuk berjualan kue. Tinggal menggunakan media sosial untuk mengoptimalkan penjualan dan promosi kue buatan anda tersebut. Semakin unik dan harga bervariatif, maka akan semakin banyak peminat kue anda tentunya.

4. Bakso

Ada berbagai tips dan cara memulai usaha bakso kecil kcilan bagi anda para mahasiswa yang bisa anda praktekan. Tidak melulu harus dengan etalase mewah dan toko yang besar. Mulailah berjualan bakso dengan tempat seadanya bahkan anda bisa memulai usaha ini di pinggir jalan tentunya.

5. Roti Bakar

Untuk para pecinta jajanan manis tentunya akan mengenal jajanan satu ini. Bahkan sekarang telah banyak bermunculan ragam rasa roti bakar yang bisa menjadi pilihan mearik bagi konsumen untuk mencicipinya. Tidak perlu modal besar dan biasanya para pedagang roti bakar akan menjajakan usaha mereka pada waktu sore hingga malam, sangat fleksibel bahkan untuk seorang mahasiswa yang pagi hingga siang harus mengikuti kegiatan perkuliahan, bukan?

6. Gorengan

Salah satu jajanan minim modal yang tak pernah ada matinya adalah gorengan! Tidak ada yang akan menolak gonaan gorengan apalagi ketika malam maupun di kala hujan. Cemilan yang di goreng ini elalu menjadi favorit para pedagang kecil yang ingin mendapatkan omset berlipat dengan pengeluaran modal yang minim.

7. Bakpau

Jajanan yang berasal dari Cina ini memang jarang sepi peminat. Bakpau yang selalu pas di jadikan teman santai dikala malam maupun siang ini bisa menjadi salah satu peluang usaha bagi mahasiswa yang selalu memberikan keuntungan tambahan.

8. Tela-tela

jajanan yang di lengkapi bumbu berbagai rasa dari bahan alami singkong ini memang selalu di minati. Pengolahannya yang mudah serta modal yang minim menjadikannya salah satu jajanan kuliner yang di ambil oleh mahasiswa untuk mengembangkan sebuah usaha kuliner bagi mereka.

9. Piscok

Selain untuk pisang goreng dan sebagai bahan dasar kolak pisang, pisang juga memiliki alternatif masakan lain yaitu sebagai piscok atau pisang coklat yang banyak di gemari semua kalangan. Walaupun nilai jualnya terbilang cukup kecil namun penjual piscok biasanya mendapatkan omset ratusan rupiah perharinya karena tingginya peminat.

10. Martabak Mini

Jika dengan membuka usaha martabak biasa akan memberatkan anda di segi modal maka martabak mini adalah solusinya. Banyak penggila martabak yang tidak bisa memungkiri pesona martabak mini dengan beragam varian rasanya. Ada beragam varian rasa yang di tawarkan para penjual martabak mini tersebut. Bahkan para pelanggan hanya perlu mengeuarkan biaya yang minim jika ingin mencicipi kelezatan martabak mini ini.

11. Bubur Ayam

Jika anda memiliki kemampuan untuk memasak bubur maka anda bisa memasak bubur ayam dan menjadikannya usaha sampingan. Maka anda bisa melakukan jualan bubur, bubur ayam termasuk salah satu yang menarik dan sangat di minati apalagi bagi mahasiswa yang terkadang tidak memiliki sarapan pagi.

12. Keripik Pedas

Keripik yang berbahan baku singkong ini merupakan salah satu makanan yang mudah dan murah untuk di jalankan. Apalagi keripik singkong pedas ini merupakan idola saat anda memakan makanan berkuah seperti soto, bakso maupun sate. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan bekerja sama dengan pedagang soto, bakso maupun sate tersebut dalam membantu memasarkan usaha keripik singkong anda.

13. Crepes

siapa yang tidak mengenali jenis jajanan kuliner kekinian yang satu ini? Dengan modal minim anda bisa meraih keuntungan yang sangat banyak loh. apalagi crepes merupakan jajanan yang di sukai banyak remaja maupun orang dewasa, paduan rasa dan kriunya akan memanjakan perut pembeli.

14. Olahan Ubi

Banyak yang bisa di lakukan dengan ubi, salah satunya adalah dengan membuat ubi rebus yang ditaburi keju atau degan membuat getuk. Walaupun termasuk jajanan rumahan yang sudah lama di kenal, namun jajanan ini masih menjadi primadona dan memiliki penggemarnya sendiri.

15. Donat

Siapa sangka kue bulat yang menjadi idola para anak-anak ini akan laku di pasaran? Donat merupakan jajanan roti yang di gemari anak-anak. anda tidak perlu meragukan lagi pesona jajanan manis yang satu ini bahkan ketika sekarang banyak ragam variasi dan jenis rasa yang di kembangkan oleh para penjaja donat di pasaran, baik itu donat biasa maupun donat kentang.

16. Cilok

jajanan “dewa” yang selalu menjadi raja bagi para anak-anak dan oang tua. Jajanan ini bahkan tak habis di lekang masa, cilok selalu menjadi pilihan jika anda sedang membutuhkan jajanan ringan ala pinggiran.

17. Tahu Bulat

Saking boomingnya jajanan kuliner satu ini, bahkan sempat dijadikan nyanyian oleh sebagian orang. Tahu bulat yang berbahan dasar tahu amat mudah untuk di masak dan tentunya memiliki banyak penggemarnya. Jajanan seperti ini akan laris jika anda menjajakannya di pinggir jalan di dekat pusat keramaian.

Demikianlah sederetan makanan atau usaha kuliner yang pas dan cocok bagi para mahasiswa yang tentunya ingin mengasah kemampuan berjualan dan mendapatkan uang tambahan tampa menyusahkan para orang tua. Kreatifitas tanpa batas adalah motto wajib para pengusaha muda agar usaha mereka tetap terus maju dan berkembang.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis