Sponsors Link

8 Cara Memulai Usaha Angkot Paling Jitu

Usaha angkutan kota atau yang sering di singkat dengan singkatan angkot adalah salah satu ide bisnis jangka panjang yang akan di minati dan di butuhkan terutama di perkotaan. Karena di sana masyarakat akan lebih membutuhkan berbagai sarana transportasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Dan cara memulai usaha angkot ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit dimana anda hanya membutuhkan beberapa mobil angkutan untuk dijadikan angkot yang sudah ada izin trayek beserta sopir yang bisa diandalkan. Biasanya seseorang yang menjalankan bisnis angkot ini akan membiayai segala biaya perwatan kendaraan angkutan tersebut sedangkan biaya dari penggunaan BBM akan di tanggung oleh sopir.

ads

Antara sopir dan penbisnis angkot akan di sepakati sejumlah biaya yang akan di setorkan oleh sopir setiap hari, setiap minggu maupun perbulannya. Mendalami dan mempelajari cara memulai usaha angkot ini bisa menjadi salah satu peluang dari ide bisnis untuk pensiunan. Karena bisnis ini adalah salah satu yang mudah dan praktis untuk di jadikan sebuah usaha sampingan. Asalkan angkot tersebut memenuhi dan berjalan sesuai dengan jalur trayeknya, maka tidak akan membutuhkan berbagai promosi yang berkelanjutan. Anda hanya perlu mencari patner kerja seperti supir yang handal, bertanggung jawab dan jujur hingga bisa membantu anda dalam pengembangan bisnis angkot ini. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda jadikan panduan dalam memulai bisnis angkot tersebut :

1. Kumpulkan Modal Dasar

Anda tentunya memerlukan sejumlah modal untuk menjadi dasar membuka bisnis angkot ini. Beberapa pembiayaan yang nantinya akan anda tanggung adalah dalam membeli sejumlah unit angkot yang akan beroperasi, gaji sopir dan beberapa keperluan lain yang nantinya di perlukan dalam langkah awal dalam cara memulai usaha angkot ini.

2. Memodifikasi Tampilan Angkot

Bukankah sebuah tampilan akan menunjang dari harga jual? Begitu juga dengan bisnis angkot ini. Agar bisa menarik minat para penumpang, tidak ada salahnya anda melakukan sedikit modifikasi dan renovasi pada mobil angkot yang anda miliki. Melakukan modifikasi bahkan lebih di sarankan ketimbang membeli angkutan baru. Lakukanlah riset dasar tentang beberapa angkot pesaing tentnag fitur apa saja yang sekiranya sangat disukai oleh para penumpang. Seperti bentuk, warna dan juga “bau” atau jenis pengharum mobil apa yang mungkin cenderung lebih disukai. Pelajari juga beberapa trend baru yang nantinya bisa menunjang nilai “jual” dari bisnis anda tersebut. Karena melakukan pelayanan yang maksimal dan mementingkan keinginan penumpang merupakan salah satu ciri-ciri bisnis beretika yang nantinya bisa menjadi berkembang dan kian sukses.

2. Bandingkan Bisnis Anda

Jika di bagian sebelumnya kita telah membahas tentang masalah modifikasi angkot, maka sekarang akan lebih ke arah perbandingan. Hal positif akan anda dapatkan jika anda secara lebih aktif untuk tetap waspada dan upto date terhadap situasi yang ada termasuk perkembangan atas bisnis para psaing anda. Di intip dari tips sukses bisnis travel, maka anda memang di tuntut untuk memberikan pelayanan dan jasa yang lebih menarik di antara para pesain anda agar nantinya para calon penumpang tetap setia memilih anda dari pada layanan para pesaing lainnya.

3. Keunikan Nama Angkot

Walaupun ini terlihat sedikit konyol, namun jika angkot anda memiliki nama sendiri maka akan lebih mudah dalam strategi pemasaran bukan? Misalnya saja para calon pengguna baru yang belum mengenali angkot anda akan lebih terbantu dengan adanya nama unik yang anda miliki. Memiliki nama akan memudahkan mebedakan anda dengan angkot para pesaing lainnya, dan juga memudahkan untuk mengenali sesama sopir di jalanan nantinya. Apapun itu, pemberian nama sebenarnya amatlah perlu agar angkot anda bisa lebih terkenal.

4. Jalin Hubungan Baik Antara Komunitas

Tidak hanya di bisnis lain, bahkan jika anda mendalami bisnis angkotpun juga memiliki komunitasnya sendiri. Lihat saja beberapa aksi nyata tingkat kesolidaritasan para sopir angkot dalam membantu menyelesaikan masalah yang di timpa oleh sopir angkot lainnya. Walaupun akan terjadi persaingan dalam mencari penumpang, namun sesama pebisnis yang memberikan jasa layanan angkot, anda dan para sopir tentunya tetap ahrus ikut aktif dan bergabung dengan komunitas. Karena bagaimanapun, menjalin sebuah hubungan baik lebih disarankan ketimbang anda harus melakukan permusuhan hanya demi banyaknya penumpang.

Sponsors Link

5. Targetkan Penumpang

Biasanya dalam sehari angkot bisa melakukan perjalanan bolak balik selama beberapa kali. Dan ini merupakan sebuah hal yang bagus jika anda mendapatkan jumlah penumpang minimal dalam sekali perjalanan di route anda. Ini akan menghemat bensin dan menambah keuntungan. Tidak jarang anda harus menunggu lebih sabar agar mendapatkan jumlah penumpang minimal dalam sekali perjalanan, bukan? Namun jika anda tidak menargetkan jumlah penumpang minimum, maka anda tidak akan mendapatkan keuntungan sama sekali. Dan hal ini tentunya tidak di sarankan.

6. Tepat Waktu dan Sasaran

Tidak jarang para sopir angkot melakukan banyak kesalahan, seperti terlalu sering mengoper penumpang kedalam angkot lain yang sudah amat penuh atau sesak dan tidak jadi mengantarkan penumpang ke tujan mereka. Ini memang bukan hal yang biasa lagi, namun perlu di ketahui bahwa hal seperti ini sebaiknya dihindari. Beberapa penumpang sering kali mengeluh karena mereka tidak mendapatkan ketepatan janji dimana sang sopir telah berjanji mengantarkan hingga ketujuan namun memberhentikan penumpang dengan berbagai alasan yang menjengkelkan.

Sponsors Link

7. Tetapkan Ongkos

Jangan mengambil ongkos terlalu banyak hanya demi meraup keuntungan secara instan. Ada banyak cara untuk meraih keuntungan tanpa harus merugikan para penumpang. Dan ketika anda memulai sebuah bisnis angkot, maka harus ada kesepakatan kerja antara anda dan sopir dimana harga atau tarif angkot tidak dimainkan oleh sang sopir nantinya.Inilah mengapa sangat disarankan menggunkan jasa sopir yang jujur dan profesional. Tanpa danya kerjasama maka akan ada kejadian yang tidak terduga nantinya di lapangan yang akan menurunkan kepercayaan penumpang.

8. Utamakan Keselamatan

Angkot memang terkenal dengan sifat sopirnya yang sering dan kerap ugal-ugalan. Tentu saja ini akan menjadi momok yang menakutkan bagi para calon penumpang. Walaupun cepat sampai ke daerah tujuan merupakan salah satu poin penting dalam mendapatkan kepercayaan dan banyak penumpang, namun anda tetap harus mengedukasi sang supir akan pentingnya keselamatan dia dan para penumpang. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak di inginkan yang nantinya akan merugikan semua pihak.

Ada banyak faktor yang bisa mengembangkan sebuah usaha termasuk di dalam cara memulai usaha angkot ini, namun jika semua usaha tidak dibarengi dengan keuletan, kejujuran dan tanggung jawab maka akan menjadi usaha yang sia-sia. Apalagi jasa angkot menyangkut kepentingan umum dan juga keselamatan penumpang, jadi anda harus lebih bersiaga dalam menawarkan jasa seperti ketelitian sopir dan kualitas mobil angkot yang akan dipakai untuk beroperasi. Karena kedua faktor tersebut adalah 2 kunci utama bisnis ini.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis