Sponsors Link

20 Usaha Kecil Kecilan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Menguntungkan

Untuk anda para ibu rumah tangga dan hanya mengurus anak di rumah, sebenarnya masih banyak hal yang bisa dilakukan tanpa perlu pergi keluar rumah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Menjadi ibu rumah tangga bukanlah menjadi halangan dalam mencari uang tambahan sebab masih manyak usaha kecil kecilan ibu rumah tangga yang bisa dijadikan ide bisnis menguntungkan seperti beberapa inspirasi yang akan kami berikan berikut ini.

ads
  1. Online Shop

Online shop menjadi bisnis yang sedang populer saat ini termasuk dijalankan para ibu rumah tangga. Untuk menjual produk secara online, para ibu juga bisa memanfaatkan beberapa jasa online shop besar yang ada saat ini seperti bukalapak.com, olx.co.id, tokopedia.com dan lain sebagainya. Sedangkan untuk produk yang dijual juga sangat beragam, mulai dari barang bekas, kerajinan tangan, kue kering dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Les Pelajaran Sekolah

Keahlian akademis yang dimiliki para ibu rumah tangga juga bisa dimanfaatkan sebagai binis kecil kecilan yakni membuka les pelajaran sekolah di rumah. Usaha ini bisa dilakukan setiap hari Sabtu dan minggu dengan mengajarkan beberapa anak sekolah mulai dari SD, SMP dan juga SMA dengan waktu pertemuan sekitar 2 hingga 4 jam sehari. Penghasilan yang bisa diperoleh dari mengajar privat ini juga bervariasi mulai dari 1 juta hingga 2 juta Rupiah bahkan lebih tergantung dari seberapa banyak anak yang mengikuti les privat tersebut. Bisnis ini termasuk bisnis rumahan modal kecil menguntungkan sebab hal yang harus dipersiapkan adalah ilmu pelajaran yang anda miliki.

  1. Catering

Untuk anda yang hobi memasak, ini dijadikan lahan untuk mencari uang tambahan bagi para ibu rumah tangga. Bisnis catering kecil kecilan bisa dijalankan sendiri atau dengan merekrut pekerja seperti saudara ataupun tetangga dengan prospek bagus dan menguntungkan. Bahkan, jika makanan yang anda tawarkan memang nikmat dan harganya terjangkau, akan banyak orang yang memesan jasa catering anda untuk sebuah acara yang sedang digelar.

  1. Pembuatan Kue Ulang Tahun

Hobi membuat kue dan berbagai hiasan yang cantik juga bisa dijadikan bisnis kecil kecilan yang bisa memberikan keuntungan tambahan. Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini juga terbilang kecil seperti menyiapkan berbagai bahan pembuatan kue serta pernak pernik hiasan kue tersebut. Selain hanya membutuhkan modal kecil, cara memasarkan bisnis ini juga terbilang mudah yakni dengan cara online.

  1. Jahit Pakaian

Menjahit pakaian yang merupakan jenis usaha mikro kecil dan menengah ini juga menjadi salah satu usaha kecil kecilan yang cocok dijalankan ibu rumah tangga sebab tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Selain itu, pakaian juga selalu dibutuhkan banyak orang tidak peduli dengan pergantian era atau jaman. Jasa jahit merupakan usaha yang tidak pernah sepi peminat tidak hanya untuk membuat sebuah pakaian baru, namun juga dibutuhkan untuk memperbaiki pakaian yang robek, kancing yang copot dan lain sebagainya.

Sponsors Link

  1. Pesta Ulang Tahun Anak

Sebagai seorang ibu rumah tangga, tentunya anda juga memiliki banyak teman yang juga memiliki anak dari mulai TK hingga SD. Hal ini bisa anda manfaatkan sebagai sumber penghasilan tambahan yakni dengan menyiapkan jasa pesta ulang tahun kecil kecilan. Para orang tua juga sering kewalahan untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan pesta ulang tahun anaknya seperti makanan dan peralatan lainnya. Jasa pesta ulang tahun ini juga sangat dibutuhkan para ibu dan bisa dibilang masih cukup sedikit orang yang menggeluti usaha ini.

  1. Kerajinan Tangan

Membuat kreasi kerajinan tangan yang juga menjadi ide bisnis untuk pensiunan juga menjadi peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang tidak membutuhkan biaya terlalu besar. Ada banyak kerajinan tangan yang bisa dilakukan seperti membuat aksesoris anak, sarung bantal, tas, merangkai bunga dan lain sebagainya. Sedangkan untuk pemasaran bisa dilakukan dari mulut ke mulut ataupun dengan online seperti lewat beberapa sosial media seperti Facebook, Instagram dan sebagainya.

  1. Mengajar Membuat Kue

Hal lain yang bisa dikerjakan untuk menyalurkan hobi memasak namun menghasilkan adalah mengajar membuat kue. Saat ini, banyak wanita yang sangat ingin belajar untuk membuat kue namun belum tersedia jasa les privat membuat kue yang memadai sehingga menjadi lahan subur bagi para ibu rumah tangga untuk memulai bisnis kecil kecilan.

  1. Pelatihan Kecantikan

Semua wanita tentunya selalu ingin terlihat cantik setiap saat. Bagi anda para ibu rumah tangga yang kebetulan memiliki keahlian dalam bidang make up, maka ini juga bisa dijadikan usaha kecil kecilan. Anda bisa membuka les privat pelatihan kecantikan di rumah yang tentunya sangat dicari para ibu rumah tangga dan juga remaja wanita.

  1. Pulsa Elektrik

Semua orang saat ini rasanya tidak bisa lepas dengan yang namanya handphone. Untuk anda para ibu rumah tangga, manfaatkan hal tersebut sebagai bisnis kecil kecilan yang bisa memberikan keuntungan lumayan. Selain itu, kelebihan dari menjual pulsa adalah anda tidak akan mengalami kerugian seperti saat menjual makanan yang kemungkinan bisa basi. Sementara untuk modal awal yang dibutuhkan berkisar 500 ribu saja dan anda sudah mulai bisa menjalankan bisnis ini tanpa perlu pergi dari rumah.

ads
  1. Toko Sembako Rumahan

Jika masih ada ruang kosong tidak terpakai di rumah anda khususnya dibagian depan seperti teras, anda bisa gunakan lahan tersebut untuk membuka toko sembako rumahan. Anda bisa menjual berbagai keperluan sehari hari seperti sabun, mie instan, gula, beras, obat obatan dan sebagainya. Modal yang dibutuhkan untuk membuka toko sembako rumahan juga tidak terlalu besar dan bisa anda kerjakan tanpa perlu keluar dari rumah.

  1. Menjual Sarapan

Apabila membuka toko sembako masih terbilang sulit dan merepotkan, anda juga bisa memulai bisnis kecil kecilan dengan menjual sarapan. Banyak para pekerja atau anak kuliah yang selalu terburu buru di pagi hari sehingga tidak sempat untuk membuat sarapan. Anda bisa menjual berbagai hidangan sarapan seperti bubur ayam, berbagai gorengan, lontong sayur, nasi uduk, nasi kuning dan lain sebagainya. Sementara bisnis kuliner modal kecil ini hanya memerlukan modal yang berkisar 300 ribu saja dan anda sudah bisa menjalankan bisnis kecil kecilan ini.

  1. Menjual Jus dan Minuman Dingin

Usaha ibu rumah tangga kecil kecilan berikutnya adalah menjual jus dan juga minuman dingin. Indonesia yang beriklim tropis menjadi peluang subur untuk memulai bisnis ini. Untuk modal yang dibutuhkan berkisar 5 juta untuk membeli perlengkapan seperti freezer, blender dan berbagai bahan untuk membuat jus dan juga berbagai minuman dingin. Sementara untuk omset per bulan yang bisa didapatkan bisa mencapai lebih dari 5 juta.

  1. Air Isi Ulang

Kebutuhan air minum juga membuat bisnis kecil kecilan yakni peluang usaha air isi ulang selalu dicari khususnya masyarakat perkotaan. Anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk membuka usaha air isi ulang. Apabila modal untuk membeli peralatan menjual air isi ulang belum mencukupi, anda bisa menjadi agen isi ulang dan ini sudah bisa memberikan penghasilan tambahan yang lumayan.

  1. Laundry Kiloan

Peluang usaha kecil kecilan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga berikutnya adalah laundry kiloan. Ini akan memberikan keuntungan yang tidak sedikit khususnya bagi anda yang tinggal di lingkungan pekerja kantoran dan juga mahasiswa. Membuka usaha laundry kiloan ini juga bisa dilakukan di rumah dengan modal yang kecil namun memberi keuntungan tambahan yang lumayan.

  1. Jual Baju Murah

Berbagai baju di toko dengan harga mahal membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk membeli pakaian. Anda sebagai ibu rumah tangga bisa memulai bisnis kecil kecilan dengan menjual baju murah yakni merupakan salah satu usaha yang cocok di perumahan dimana bisa anda cari di internet dan dijual kembali. Ada banyak toko online yang menjual berbagai baju murah saat ini yang bisa dijadikan supplier bisnis baju murah anda.

Sponsors Link

  1. Blogger

Untuk anda yang hobi menulis artikel, manfaatkan hobi anda tersebut untuk mencari penghasilan tambahan tanpa modal yang besar dan tidak perlu keluar dari rumah. Hobi menulis yang anda miliki bisa sangat menghasilkan dengan membuat blog sesuai dengan keahlian anda. Dari blog tersebut, anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan dan juga pengunjung yang mengunjungi blog anda tersebut.

  1. Penulis Lepas

Jika mengelola blog masih terasa menyulitkan, anda sebagai ibu rumah tangga bisa memulai bisnis dengan menjadi penulis lepas yang merupakan usaha jangka pendek yang menguntungkan. Hal yang perlu lakukan adalah menjual artikel dan sudah bisa menghasilkan uang tambahan hanya dengan bermodalkan laptop dan koneksi internet saja. Selain itu, penulis lepas juga sangat fleksibel dan tidak terlalu menghabiskan banyak waktu yang anda miliki.

  1. Dropship

Dropship bisa dikatakan menjadi usaha ibu rumah tangga yang nyaris tidak membutuhkan modal. Tugas anda sebagai dropship adalah memasarkan sebuah produk dari supplier tentang produk yang akan dijual dan saat ada yang berminay, anda tidak perlu membeli barang tersebut, namun supplier yang akan langsung mengirimkan perasan tersebut sampai ke tangan konsumen.

  1. Penerjemah

Menjadi seorang penerjemah yakni peluang bisnis yang belum banyak pesaing ini juga bisa anda pilih sebagai bisni kecil kecilan untuk ibu rumah tangga. Bisnis ini juga bisa dibilang tidak membutuhkan modal sebab hanya mengandalkan kemampuan berbahasa asing yang anda miliki saja. Sedangkan untuk mencari konsumen, bisa dilakukan dengan online atau dari mulut ke mulut.

Menjadi seorang ibu rumah tangga bukanlah halangan untuk mencari uang tambahan. Ada begitu banyak usaha kecil kecilan ibu rumah tangga yang bisa anda lakukan tanpa perlu meninggalkan kewajiban sebagai ibu rumah tangga seperti yang sudah kami berikan diatas.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis